• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Selasa, 04 Juli 2006

Home » , , » Yogyakarta Pasca Gempa

Yogyakarta Pasca Gempa

Gempa 27 Mei 2006, 5.9 Skala Richter.

Kemaren gw baru pulang dari Yogya, nengok rumah Eyang. Ternyata lumayan parah juga keadaannya.

Sebelum gw ke Yogya, gw smpt ngeliat foto-foto keadaan rumah yang diambil Om gw sehari setelah gempa 27 Mei, keadaannya emg udah parah banget. Bagian belakang rumah rusak berat, trus atapnya miring (beneran miring!), trus dinding yang masih nyisa juga rada retak-retak. Foto2 di bawah ini foto bagian belakang rumah, bagian kamar mandi.

Yang kiri : foto sehari sesudah gempa;
foto kanan : foto sebulan setelah gempa (sedang diperbaiki).

Sebelum_perbaikanSesudah_perbaikan

Kemaren pas kesana udah ada beberapa perbaikan (sebulan setelah tragedi gempa), Om gw sendiri yang mem-supervisi 3 pekerja yang benerin rumah, berhubung Om gw anggota SAR makanya kerjaannya efektif banget, rada takjub juga gw. Dinding-dinding lama udah dirobohin, jadi sekarang di bagian tengah rumah Eyang udah kaya atrium gitu, bermandikan cahaya matahari, haha...

Atap udah tegak lagi, sekarang lagi ngeganti tiang lama jadi tiang baru. Nah tiang baru ini pake kayu kelapa, idenya bokap+Om gw, dari artikel tentang rumah berkonstruksi kayu kelapa di Kompas (edisi kapan ya lupa).

Gw sendiri, aduh jadi malu, ngga begitu ngerti soal konstruksi, jadi ya oke-oke aja. Teori sih mungkin oke, tapi praktek ngga juga ya, hahaha... Bener-bener kurang pengalaman lapangan nih gw, terakhir bangun rumah udah berapa tahun yang lalu ya? Tahun 2002 kayanya. Jadi gw bantuin buat denah susunan ruangan yg baru aja, sekaligus beres2in ruangan yang masih ada, nyapu-nyapu & nge-pel lantai, hehe.... Udah gitu gw sempet salah otot segala, eh apa sih istilahnya, pokoknya pas bangun tidur, otot gw kaya kaku gitu. Itu sih mungkin karena salah posisi tidur ya?? Haha...

Menariknya, gw baru tau, ternyata rumah-rumah jaman dulu itu kolom-kolomnya ngga pake tulangan! Cuma batu bata ditempel pake campuran kapur+batu bata+plesteran+dan bahan-bahan lainnya (gw lupa). Pantes aja roboh...

Ada lagi yang menarik, Om gw pas ngegali tanah buat bikin pondasi, nemu 'umpak' (pondasi jaman dulu) dan di bawah umpak itu ada tapal kuda tua. Katanya sih, buat penolak bala, dan biasanya yang ditaro di sana harus tapal kuda bekas. Wah menarik ya... Gw baru tau lho. Tapi lupa gw foto, jadi ngga bisa gw tunjukin.

Di Yogya, Eyang Uti cerita-cerita, dia denger cerita dari tetangga2nya waktu terjadi gempa, tanah udah kaya ombak aja. Katanya mo lari aja susah. Waduh.

Gw bersyukur banget, untungnya waktu terjadi gempa, Eyang gw lagi di Jakarta buat acara nikahan kakak gw! Waktu itu gw lagi di Bdg, kaget bgt pas dpt SMS dari nyokap yang isinya ngabarin tentang keadaan rumah di Yogya. Mana pas liat berita, korbannya lebih banyak kakek-nenek lagi! Gile, ketar-ketir aja gw kalo waktu itu Eyang gw lagi di Yogya! Alhamdulillah bgt, acara pernikahannya harinya nge-pas gitu (tgl 25 Mei kawinan & tgl 27 Mei gempa)... Fyuh.

Kalo selama ini gw cuma liat keadaan Yogya di berita-berita kemarin baru bener-bener ngeliat sendiri kalo gempa Yogya emg parah bgt, bangunan-bangunan baru juga banyak yg rusak berat.

Sekarang Yogya sedang masa pemulihan.

Brangkalan (sisa-sisa bangunan) numpuk di depan rumah-rumah & bangunan gede. Bangunan-bangunan rusak lagi diperbaiki.

Tapi yang gw tangkep waktu di Yogya, suasananya tuh jadi kekeluargaan bgt.

Waktu gw sedang duduk2 di teras rumah Eyang bareng Eyang+nyokap+Om, ada tetangga Eyang yg lewat depan rumah (namanya Pak Budi), trus sempet ada percakapan kaya gini (udah diterjemahin pake bahasa Indonesia, tadinya pake bahasa Jawa, hehe) :

Eyang Uti : "Pak, gimana keadaan rumah? Baik-baik aja?"
Pak Budi : "Alhamdulillah Bu..."
Eyang Uti : "Wah syukur deh, rumahnya baik-baik aja ya?"
Pak Budi : "Bukan Bu. Alhamdulillah, keadaan rumah sama aja seperti yang lain. Hehehe..."
(maksudnya : sama-sama rusak berat)
Eyang Uti : (senyum2 heran) "Lho?? Tapi keluarga ngga apa-apa kan?"
Pak Budi : "Iya, alhamdulillah sehat semua Bu..."

:)

Eyang gw juga kayanya lebih tenang pas udah balik ke Yogya lagi. Pas di Jkt, kadang2 suka diem lamaaa gitu, kaya banyak pikiran. Tapi masih bisa diajak becanda, hahaha kalo cucu2nya udah muncul jailnya, bisa abis deh Eyang gw dijailin. Eyang gw lucu banget orangnya. :D Tapi Eyang orangnya tough sih, jadi kaya ngga mau ngerepotin keluarganya, padahal kita ngga pernah ngerasa direpotin.

Kalo di Yogya, mungkin karena banyak yang senasib sepenanggungan & bisa bagi2 cerita, makanya Eyang jadi rada tenang juga ya... Yah, asal Eyang seneng aja sih. Skrg Eyang Uti masih di Yogya, masih pengen di sana katanya. Aduh, gw udah kangen lagi nih ama perut 'ndutnya. Hohoho... :)
Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan