• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Selasa, 09 Desember 2008

Home » , , » Bristol Brunel Academy

Bristol Brunel Academy

Posting tamu oleh : Dhitta Puti Sarasvati


Foto (c) Dhitta Puti Sarasvati, 2009

Minggu lalu saya berkunjung ke sebuah sekolah menengah bernama Brunel Academy. Sekolah ini dulunya cukup bermasalah (anaknya bandel2x). Belakangan ini sekolah tersebut di desain ulang (ada investor).

Dan kurikulumnya pun di ubah. Ada beberapa seminar (kayak kelas pada umumnya), ada sistem proyekan.. Setahun ada sekitar 12 proyek yang harus dikerjakan. Proyek2x ini multidisiplin, dan ada juga sistem tutoring, di mana ada guru2x yang berkeliling dan memberikan bimbingan secara lebih individual.

Ada beberapa hal yang unik tentang sekolah ini.. Yakni ketika saya memasuki pintu depan sekolah ini, saya terpaku oleh tempelan harapan2x murid2x sini. Katanya, ini adalah usul seorang murid.. Harapan2x ini beberapa seperti,
"Saya ingin mempunyai monyet"
"Saya ingin memiliki pacar yang ngak galak"
"Saya ingin berjalan di bulan"

Sampai beberapa harapan yang menyentuh hati seperti
"Saya ingin semua orang bahagia"
"Saya ingin tidak pernah capai"
"Saya berharap ibu saya bisa melihatku tumbuh dan bangga pada diriku"

dan banyaaaaaak lagi..

Hal unik lainnya tentang sekolah ini adalah desain arsitekturnya. Namanya sekolah menengah lah yah.. Pastinya ada anak2x yang selalu ingin mencoba2x merokok, jual beli narkoba. Nah.. Kamar mandi merupakan salah satu sarana untuk melakukan segala transaksi ilegal ini. Makannya desain kamar mandinya cukup mengagumkan. Dari luar bisa dilihat siapa yang masuk kamar mandi. Persis di ujing ada sebuah kaca besar, jadi seandainya ada asap rokok keluar dari salah satu kamar mandi.. Bisa langsung dideteksi..

Ini ada contoh gambarnya:
Nah desain kantor kepala sekolah, guru, dan wakil kepala sekolah pun terbuka.. Jadi hanya disekat oleh semacam papan (kayak dikantor-kantor gethu). Gunanya biar lebih gampang mengawasi anak2x.. Kalau ada suara teriakan, atau apapun bisa lebih gampang di handle. JAdi walaupun di sekolah ini anak2x diberi cukup banyak kebebasan untuk berkesperimen dalam proyek2x yang ada dalam kurikulum, desain arsitektur sekolahnya memungkinkan adanya pengawasan yang lebih.

Nah di belakang papan yang warna oranye (dibawah ini), itu kantor wakil kepala sekolahnya.


Foto (c) Dhitta Puti Sarasvati, 2009

Hehe.. begitulah kunjunganku ke sekolah menengah ini.




Profil Kontributor
Puti, teman saya, seorang praktisi bidang pendidikan, menyelesaikan masternya di Bristol, England. Ini adalah salah satu postingnya tentang Bristol, kota yang ia tempati selama menjalani kuliahnya di sana. Anda dapat membaca tulisan-tulisan Puti lainnya di Warna Pastel & Mahkota Lima.

Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan