• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Kamis, 25 Maret 2010

Home » , , » Backpacking in Bali: The Budget

Backpacking in Bali: The Budget

Posting tamu oleh: Wenny Rosliana

Gw heran.

Pulang dari Bali yang ditanya bukannya kisah perjalanan gw selama di sana, ehh malah tanya budget-nya. Tapi gpp deh, emang gw ngirit-ngiritan sih di sana, hehehehe...

Tiket Pesawat
Dimulai dari hunting tiket pesawat murah. Untuk trip bulan Juni 2009, gw beli tiketnya Agustus 2008. Saat itu AirAsia.com lagi promo 1.000.000 free seat. Yang itu kursi cepet banget abisnya. Dia pake indikator bar gitu. Kalo bar-nya warna hijau berarti tiket gratisnya masih banyak, kalo kuning tinggal sedikit, kalo merah berarti tiket gratisnya udah sold out.

Destination yang paling cepet abis itu Bali, Medan sama Bangkok. Pada saat itu direct flight ke Singapore belum ada. Pengertian gratis di sini juga bukan gratis tis, tetep aja ada biaya fuel surcharge (sekarang udah ga ada) + vat + dan lain-lain lah.

Intinya gw dapet tiket Jakarta-Bali-Jakarta 537.000 after tax.

Sampe di Bandara Ngurah Rai, gw laper trus mampir ke Solaria bandara. Harganya +3.000 dari harga Jakarta per item nya. Di situ gw tanya sama mbak-nya kalo mau ke Pantai Kuta ada angkot ngga? Si mbak-nya bilang ga ada. Kalo mau murah, naek taksi Blue Bird tapi naeknya di luar bandara. Ga kayak di Jakarta yg dari bandara ke rumah penduduk jauh. Di Bali deket kok, bisa jalan kaki aja.

Setelah gw ikutin saran si mbak Solaria, naek taksi Blue Bird lah gw. Trus gw bilang ke abangnya "Pak ke pantai kuta. Ke penginapan yg murah yg pake kipas angin," trus si pak supir bilang "Oh, kalo yang kaya gitu banyaknya di jalan Benesari." Syipp lah... meluncur deh kita ke Jalan Benesari. Sampe di jalan Benesari hanya dengan argo 18ribu sekian. Cingcay lah jadi 20ribu. Kabarnya sih kalo naek taksinya dari dalem bandara, tarif taksinya borongan 50ribu.

Akomodasi
Sampe di Benesari kita mulai keluar masuk hostel tujuannya untuk cek harga. Cari yang paling sesuai. Range harganya untuk kamar dengan 2 kasur + kipas angin + kamar mandi di dalam itu 80ribu - 150ribu. Yang 80ribuan itu bentuknya kaya kos-kosan. Yang 150ribu itu ada kolam renangnya di taman. Gw akhirnya pilih yang harganya 100ribu. Kaya gini nih bentuknya:

Komala Indah Cottage.
Foto (c) Wenny Rosliana, 2009


Penginapan gw itu namanya Komala Indah Cottage. Letaknya di belakang Kamasutra Pub. Ini cottage walaupun letaknya di dalem gang tapi deket banget dari pantai Kuta. Cuma jalan kaki ga sampe 3 menit. Kaya dari halte busway Polda Metro ke Pacific Place deh.

Transportasi
Untuk transportasi selama di Bali: Gw sewa motor. Harganya tuh 50ribu/24 jam. Terserah mau lo bawa ke mana aja. Cuma perlu ngasih jaminan 200ribu sama titip KTP asli. Tapi ntar pas balikin motor, uang ama KTP-nya kembali lagi. Gw sewa buat 2 hari dan dapet motor Mio. Selama 2 hari itu gw abis buat beli bensin 25ribu. Padahal itu motor udah gw pake muter-muter.

Enaknya jalanan di Bali itu ga macet dan banyak petunjuk jalannya (plang ijo). Jadi ga usah takut nyasar. Penduduk asli Bali juga friendly kok, cuma mereka bermasalah ama jarak dan arah. Mereka kalo nunjukin jalan itu utara-selatan-timur-barat gt. Trus kalo bilang 100 meter, itu bisa berarti 1 km. Dan kalo mereka bilang 30 km, itu bisa brarti 300 meter. Wakakakakakaak.

Water Adventure
Setelah sunset pertama dinikmati di pantai Kuta, besok paginya kita ke Tanjung Benoa. Triknya biar dapet murah: selalu beli paket water adventure di travel agent yang tersebar di sepanjang jalan Legian-Kuta sampe ke dalem gang kecil.

Jangan bayarnya on-the-spot. Karena harganya jauuuhhh lebih mahal.

Perbandingannya nih:
Parasailing: di agent 80ribu, di lokasi: 120ribu
Jet Sky: di agent 120ribu, di lokasi: 200ribu
Diving: di agent 350ribu, di lokasi: 500ribu.

Nah gw beli paket yg dapet parasailing+jetsky+diving hanya dengan harga 375ribu rupiah saja. Wakakakakakakkak! Puass banget rasanya! :)

Kuncinya, lo tawar sebisa-bisanya lo nawar. Sampe murahhh banget. Dari ngerayu sampe memelas. :P

GWK = Patung Tertinggi di Dunia yang Ngalahin Liberty

Dari maen aer di Tanjung Benoa, gw meluncur ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). GWK ini letaknya di atas bukit. Objek wisatanya itu patung Wisnu yang lagi nunggangin Garuda sebagai kencana-nya. Sayangnya patung ini blom selesai dibuat.

Gosip-gosipnya sih selain terkendala masalah dana, kalo udah jadi, patung ini akan menjadi patung tertinggi di dunia yang ngalahin Liberty. Ada unsur politis kali yee.... Dan another gossip ada yang bilang kalo patung GWK yg sekarang aja udah bisa keliatan dari Australia. But I doubt that. Soalnya pas gw parasailing yang bentuk pulau Bali aja keliatan pada saat terbang, GWK-nya ga keliatan tuh. Apa gw kebetulan ga ngeliat aja kali yee...

Untuk masuk ke GWK bayar 20ribu. Menurut gw itu mahal, secara cuma buat liat patung doang. Borobudur aja kaga segitunya.

Sunset di Tanah Lot

Dari GWK, gw menuju ke Tanah Lot buat ngedapetin sunset di sana. Tapi ternyataaaaa... Dari GWK ke Tanah Lot itu jauuuhhh banget! Perjalanan naek motor sekitar 2 - 2,5 jam deh. Fiuhhh... Yang ada pas sampe Tanah Lot cuma duduk dengan tenaga yang tersisa ngeliatin orang foto-foto.

Tapi sunset di Tanah Lot itu lebih keren daripada di Kuta. It worth to see. Bayar masuk ke Tanah Lot 7.500/orang. Motor 2.500. Setelah magrib di Tanah Lot, kita kembali ke hostel di Kuta. Dan ini adalah friday night. Sayang banget tidur cepet. Jalan-jalan ke Legian ahh...

Heaven in Hell
Gw menyebut Jalan Legian itu "SEPANJANG JALAN MAKSIAT".
Giilllaaaa itu tuh beneran heaven in hell. Musik-musik dugem dari pub di kiri kanan bikin pengeng. Itu gw yang di jalanan, gimana yang di dalemnya ya?? Hmmm... itu baru dari indra pendengaran, kalo dari indra mata lebih kacau lagi... Wakakakakakak. You know what I mean. :P

Oleh-Oleh!
Besoknya gw jalan ke Denpasar, Sanur trus ke Pasar Sukowati buat beli oleh-oleh. Di Sukowati kalo nawar mesti tega-tegaan.

Sarung Bali yg warna-warni itu mereka buka dengan harga 60ribu, dan gw dapet dengan harga 14ribu! Wakakakakakk... Walaupun itu blom puas banget sebenernya, soalnya nyokap bisa beli dengan harga 10ribu beberapa tahun yang lalu.

Budget buat belanja di sini ya tergantung kebutuhan aja. Bisa mahal bisa murah. Gw abis sekitar 200ribu itu udah dapet 17 items berbentuk sarung bali, baju, tas, ama kalung kerang.

Seafood at Jimbaran

Sebenernya ada 1 spot lagi yg worth to come yaitu Jimbaran. Jimbaran itu tempat makan seafood di pinggir pantai (masih terusannya pantai Kuta). Katanya sih keren tapi sesuai ama harganya. Temen gw makan seafood di Jimbaran abis 500ribu sekali makan.

Kalau mau macem-macem seafood-nya = 100ribu; 1 ekor lobster = 400ribu. Wakakakakkaak makin deg-deg-an aja gw ngeluarin duit di sana. Hmmm, ga jadi deh... Toh kalo mau makan seafood di pinggir pantai, di Jakarta ada Bandar Jakarta kok. Dengan harga yang normal. Hehehehhe... Akhirnya sunset terakhir gw nikmatin di Kuta aja.

Besok paginya gw langsung check out dan kembali ke Jakarta pake pesawat jam 10 pagi.

+ + + + +

Jadi total dana yg dikeluarin:
Tiket Pesawat PP: 537.000
Airport Tax PP: 70.000 (40ribu di soekarno hatta, 30ribu di ngurah rai)
Damri PP: 40.000
Hotel 3 malam: 300.000
Motor 2 x 24jam: 100.000
Parasailing+jet sky+diving: 375.000
Karcis GWK & Tanah Lot: 30.000 (GWK 20ribu, Tanah Lot 7500, motor 2500)
Bensin motor selama 2 hari: 25.000
Oleh-oleh: 200.000

Total: 1.677.000 Blom termasuk makan. Buat orang muslim, menurut gw susah makan di Bali. Takut ga halal. Jadi pilihannya kalo ga indomie telor, ya fastfood. Itungannya 50ribu lah buat seharian (3 kali makan).

Thatz all.



Profil Kontributor
Wenny, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintahan di Jakarta. Hobi jalan-jalan dengan budget minim dan sudah berencana untuk jalan-jalan lagi dalam waktu dekat. :)

Share the Travel Spirit!

13 komentar:

gaplek mengatakan...

mahal...duit segitu (Rp. 1.677.000) harusnya uda bisa nyampe china x.....ckckckkcck...boros

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@gaplek: Hmm, menurut saya budget 1,7juta buat 3 hari 3 malam di Bali, lumayan hemat juga lho... Apalagi sempet nyobain tiga jenis water sports. Tips-tips dari Wenny juga oke. :) Btw cuma 1,7juta bisa ke China toh? Wah asik juga tuh, itu udah termasuk transportasi , akomodasi, dsb?

Puti mengatakan...

Wah ada satu tempat di Bali yang berkesan buatku. Mirip sama Taman Budaya di Bandung. Cuma Rp 3000,- masuknya pas tahun 2006. Hm.. Aku lupa tempatnya..

Anonim mengatakan...

nice info

Hera mengatakan...

aku ke Bali saat studytour SMA, dan aku kurang puas disana,hehe

pengin kesana lagi, pengin lebih lama disana..
tapi sayang, biaya kesana memang mahal...

Anonim mengatakan...

mahal di transportnya..
pdhl bisa dialihkan ke transport lain, dan uangnya bwt menikmati kegiatan lain..
gw ke bali dr jakarta cuma abis 800rebu dah pake diving di tanjung benoa dan 4 malem dibali..
krn transportnya gw alihkan ke biaya jalan2..

zul mengatakan...

makanya naek kereta ekonomi biar murah dan berasa travellingnya . .. :)

Anonim mengatakan...

gaplek" sampe cina tapi ga pulang lagi
hehehee

chocochicka mengatakan...

nice info! pengen banget jalan2 ke bali on budget...tips2nya oke nih...contek yaaa...:)

Anonim mengatakan...

Aq mei kemarin ke bali 6 hari 7 malam habisin 2,2jt, transport pp makassar - bali n akomodasi seluruhnya. Makan gak sulit koq, murah dan enak, asal pasang mata aja. Skali makan paling 8ribuan.

kilometer46 mengatakan...

akomodasi saya selama di bali 2 hari 2 malam kemarin kena 272.000- pada waktu lebaran, bisa ke kintamani, trunyan, besakih, gwk, jimbaran, dreamland, padang2, uluwatu (termasuk makan, motor, bensin dll) belum termasuk tranposrt ke denpasarnya..

Anonim mengatakan...

Wow...abisnya lumaya jg ampe 1,6 jt..klo aku si prnah brangkat dr bandung ke bali pake kreta & bis abis skitar 750 rb...tu jg dah ma mkn...
Bner tu susah cr mknan halal d bali...
nape bisa murah, ya ngegembel lah d sana nya...maklum backpacer sejati...hehehe...
kabar2i ya klo pnya tmpat bagus yng murah...hehehe..
Thank's...

Anonim mengatakan...

mahal itu sih cuyy.... -_- 5 hari gw bisa abis 1,5jt aja udah termasuk embel2 yg lain. hihihi

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan