• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 01 Maret 2010

Home » , » Backpacking in Singapore : How-To & Travel Budget

Backpacking in Singapore : How-To & Travel Budget

Posting tamu oleh : Wenny Rosliana

Singapore!
Photo credit : sxc.hu


Notes ini gw persembahkan untuk teman-temenku yang pengen coba-coba keluar negeri juga tapi blom punya pengalaman sama sekali (just like me before) hehehehehe...

Hal yang perlu dilakukan antara lain:

1. Bikin Passport
Bikin passport bisa melalui travel agent atau bisa juga ngurus sendiri. Normalnya passport jadi sekitar 2 minggu. Kalo ngurus sendiri biayanya sekitar 250ribuan, tapi harus bolak-balik ke kantor Imigrasi minimal 3 kali, dan antrinya lama. Kalo pake travel agent (gw pake Panorama Tours di Pacific Place) biayanya 470ribuan, cukup sekali doang ke kantor Imigrasi untuk foto+wawancara+ttd passport. Gw pilih agent karena agentnya buka sampe jam 7 malem jadi gw bisa ngurus passportnya pas pulang kerja.

Dokumen yg perlu disiapin untuk bikin passport: fotokopi ktp + fotokopi kartu keluarga + fotokopi akte kelahiran + fotokopi surat nikah (jika ada) + fotokopi ijazah terakhir + surat sponsor asli dari kantor (untuk karyawan) atau dari kampus (untuk mahasiswa). Contoh surat sponsornya gw punya kok, kalo ada yang butuh just contact me aja, ntar gw kirim via email yach :)

2. Bikin NPWP
Penting banget nih punya NPWP buat keluar negeri. Karena dengan menunjukan kartu NPWP bisa gratis fiskal. Kalo ga punya, mesti bayar 2,6juta. Tapi 1 rumah cuma butuh 1 NPWP kok, jadi kalo ngga punya NPWP tapi orang tua punya, bisa pake NPWP orang tua + kartu keluarga. Tapi kalo mau bikin caranya gampang kok. Buka aja www.pajak.go.id nanti diajarin cara bikin NPWP disitu.

3. Booking Tiket Pesawat
Untuk tiket pesawat murah jagoannya ya Airasia. Rajin-rajin aja pantau websitenya Airasia biar dapet tiket promonya hehehehe... Kalo mau pake maskapai luar negeri, bisa diintip websitenya Jetstar. Kadang-kadang ada promo Jkt-S'pore-Jkt cuma 500ribu PP. Jetstar ini anaknya Qantas Airways (Australia) Selama ini gw booking Airasia pake kartu kredit, gw ga ngerti pake kartu debit bisa apa ngga. Tp kalo yg ga punya kartu kredit bisa beli tiket Airasia di Carrefour yang ada counter Airasia-nya, cuma harganya lebih mahal dari yg di website dan kena fee 25ribu.

4. Booking hotel / hostel
Booking hotel kalo untuk diluar negeri bisa dilakukan via online. Lagi2 dibutuhkan kartu kredit dsini. Buat yg pengen cari penginapan murah bisa buka www.hostelworld.com atau kalo yg gw pake itu website go holiday airasia.

Stepnya gini:
Buka airasia.com -> pilih negara (indonesia) dan bahasa (bahasa indonesia). Trus kita masuk ke halaman home-nya. Di sebelah kiri ada kotak yg bertuliskan penerbangan + hotel. Klik di situ -> maka kita masuk ke home-nya Go holiday Airasia.

Di bagian atas berderet ada tulisan (home - hotel - activities - car - medic - hostel - tools - help - info) untuk yg pengen booking hotel minimal bintang 3, silahkan klik "hotel", tapi buat yang pengen penginapan murah, kita klik "hostel" -> lalu kita masuk ke property search. Masukin data sesuai ama kebutuhan kita. Tujuan Country, City, Tanggal kedatangan (arrival date), jumlah malam nginepnya, mata uang yg digunakan, dan jumlah orang yg akan nginep dsana.

Untuk hostel perhitungan harganya adalah per orang bukan per kamar. Kalo lo mau jalannya rame-rame gpp langsung tulis total orangnya aja, ntar urusan bagi-bagi kamar bisa diatur di halaman website selanjutnya. Setelah data terisi lengkap klik search dan kita akan masuk ke halaman property search. Di sana akan ada banyak hostel dengan keterangan singkat dan harga termurahnya. Untuk ngeliat harga dan jenis kamarnya, klik "book now" aja.

Ada beberapa istilah yg perlu dipahami di sini:
- private = maksudnya kamar yg kita sewa akan dihuni sama kita aja
- dorm = kita akan tidur di kamar bareng2 sama tamu yg lainnya. Dan biasanya kasurnya bertingkat kyk di barak gt. Mostly isinya 6 - 8 kasur per kamar.
- mixed dorm = maksudnya kamar itu bisa dihuni cewe dan cowo bareng2.... ada lagi female dorm yang khusus buat cewe aja tp tetep tidur rame2 dengan tamu yg lain.
- ensuite = maksudnya kamar mandi tersedia di setiap kamar
- shared bathroom = dari namanya juga ketauan kalo ini 1 hotel kamar mandinya rame-rame.

Jadi waktu booking hostel, selain cari harga yg murah, perhatiin juga istilah-istilahnya. Kalo udah ktemu hostel yg cocok di hati tinggal masukin jumlah kamar dan jumlah orangnya trus klik "book now". Di sini kita cuma perlu bayar 10%nya aja kok. Nanti pelunasannya pas udah sampe di hostelnya. Trus bukti bookingnya akan dikirim via email.

5. Check-in di Bandara SoeTa
Passport udah punya, NPWP udah ada, tiket udah dibeli, kamar udah dibooking. Sekarang saatnya tiba untuk berangkat jalan-jalan. Hal yg pertama dilakukan saat masuk ke bandara adalah menuju check-in counter pesawat lo. Trus nanti di sana lo serahin tiket dan tunjukin passport, lalu mereka akan ngasih print out boarding pass. Untuk bandara SoeTa kita mesti bayar airport tax Rp 150.000,- dan dibelakang boarding pass nya akan ditempelin sticker airport tax nya. Kalo yg bawa koper gede dan pengen dimasukin ke bagasi pesawat di counter ini juga tempat nyerahin koper nya.

Selesai dari check-in, kita menuju ke konter pembebasan fiskal. Cukup tunjukin npwp + passport + boarding pass nanti ditempelin sticker bebas fiskal dibelakang boarding pass. Abis itu kita masuk ke imigrasi untuk di stempel passport kita dan kita ngisi form imigrasi gt. Trus menuju ke boarding gate. Di boarding gate nanti disensor isi tas kita. Ga boleh bawa cairan diatas 100ml ya? Kalo ketahuan disita sama mereka. Selesai deh urusan di bandara, tinggal nunggu pesawatnya dateng aja trus terbang.

6. Check Out di Bandara Tujuan
Pas nyampe di bandara tujuan, yang tasnya di titip di bagasi ya ngantri ngambil bagasi dulu. Ini bisa makan waktu 1 jam. Trus ke bagian imigrasi negara sana untuk dapet stempel juga. Di sini bakalan ditanyain kita nginep dmana, tujuan ke sana ngapain, bla-bla-bla... yaaa banyak2 senyum aja lah biar aman, hehehehe...

Nah cerita setelah itu tinggal baca notes gw "Lost In Singapore: Trilogy" aja. Semuanya udah gw ceritain di sana. Hehehehehe...

Owkay sekarang kita bicara masalah budget.
Biaya yang akan terjadi untuk pergi ke luar negeri antara lain:
1. Pembuatan passport: 470.000 rupiah
2. Tiket pesawat: tergantung dari tiket yg lo beli
3. Airport tax: 150.000 rupiah
4. Damri PP: 40.000 rupiah
5. Penginapan selama di Singapore: tergantung harga hostel yg lo pilih. Tp waktu gw ksana nginepnya di Frankel Hostel, harganya S$25/orang/malam. Gw pilih kamar twin private ensuite
6. Tourist Pass (untuk naik MRT & Bus unlimited): S$8/orang/hari. Hitungannya 1 hari itu dari jam 12 malam sampe jam 12 malam lagi, bukan 24 jam. Artinya kalo kita beli tourist pass nya jam 5 sore pada hari itu, jadinya cuma berlaku sampe jam 12 malem hari itu aja, bukannya jam 5 sore hari berikutnya. Tourist pass bisa dibeli di MRT Ticket Office di Terminal 2 Changi Airport.
7. Biaya makan: di sini makanan mahal. Mau makan di pinggir jalan atau di McD harganya ga beda jauh. Sekitar S$ 6 - 7 sekali makan (sekitar 50ribu rupiah). Dan air putih di sini mahal banget. AQUA ukuran 600ml harganya S$1,2 (Rp.8.400)
8. Biaya lain-lain: yaa tergantung khilafnya lo pake duit aja hehehehe... Kalo buat oleh-oleh ngirit, S$50 udah cukup kok. Atau kalo lo mau coba naek wahana-wahana dengan teknologi canggih di Sentosa Island, budgetnya bisa lebih gede lagi.

Gw nukerin duit rupiah ke Dollar Singapore Rp.1,5 juta jadinya dapet S$220. Pas gw balik masih ada sisa kok duitnya.

Hayooo coba dikeluarkan kalkulatornya masing-masing, sambil buka-buka website kira-kira mau ngapain aja di Singapore, hihihihihi...

Met jalan-jalan yach, guys ^o^




Profil Kontributor
Wenny, kini bekerja di sebuah lembaga pemerintahan di Jakarta. Hobi jalan-jalan dengan budget minim dan sudah berencana untuk jalan-jalan lagi dalam waktu dekat. :)

Share the Travel Spirit!

42 komentar:

vino mengatakan...

Postingan yang menarik. Sangat berguna bagi backpacker pemula seperti saya. Langkah-langkah yang anda jabarkan sangat jelas untuk dipahami. Setelah membaca blog anda, saya pun membuka www.visitsingapore.com, dan rasanya saya makin ingin mencoba mempraktekkan tips-tips dari anda dan pergi ke Singapura ! :)

Wenny mengatakan...

Hai Vino, makasih yach :)

yupp, website visitsingapore.com emang jadi sumber informasi utama untuk para touristnya. (Indönesia kapan yaa punya web sekeren itu? I hope soon....)

Singapore tempat yg tourist friendly untuk backpacker pemula. Transportasinya mudah, petanya jelas & banyak penduduknya yg bisa bahasa melayu kok. Tenang ajah hehehe....

Good luck, Vin. Smoga terwujud jalan2 ke S'pore nya... SEGERA! :)

Jingga mengatakan...

Artikelnya bagus banget, aku juga ada rencana mau nyoba pergi kesana sekitar akhir Mei 2010, juga yang pertamakali banget dalam hidupku. Boleh ga minta contoh surat sponsornya?(dari kampus & perusahaan) Ini emailku: dliestyowati@gmail.com Trusss... Itinerary juga sekalian.It will be appreciate. Thanks

Wenny mengatakan...

Hai Jingga,
berhubung file surat sponsornya ada di komputer kantor, gw kirim emailnya mungkin besok pas hari kerja yach. :)

tentang itinerary, boleh tau kesananya brapa lama? kalo waktu gw sih, brangkat sabtu balik senin, biasanya orang2 brangkat jumat pulang minggu. Tapiiii kalo weekend gt tiketnya mahaalll hehehehe

Oia, sekalian update info yach. websitenya airasia.com udah ga ada page goholiday nya. Diganti sama AirAsiaGo. Cuma jadinya lebih susah buat cari hostel murahnya. Coba ke hostelworld.com aja deh yg simple. Dan cukup bayar 10%nya aja sebagai DP. Pelunasannya nanti pas sampe di lokasi.

Wait up yach, Jingga ^o^

damas mengatakan...

wah saya jadi sangat bersemangat ke singapore....
tp bingung dgn contoh surat sponsornya (buat kantor), tolong dunk kirim via email : bayuwibowo90@yahoo.com

thanks bgt..

Wenny mengatakan...

Hai Damas, pasti seru banget yach liat2 tempat tempat tujuan travelling hehehehe..... Hope it will come true soon... :)

contoh surat sponsornya udah gw kirim yach. Dan untuk temen2 yang laennya.... admin akan upload contohnya di bagian "free download".

tolong di share link nya yach jeung admin kalo udah jadi hehehehehe....

Cheers,
Wenny

The Backpacker's Notes mengatakan...

Hehehehe, siap Bu. Buat yang lain, tunggu aja ya, nanti saya upload contoh surat sponsor yang dari Wenny. :)

Anonim mengatakan...

Thanx bgt atas infonya. Gw suka bgt ama blog loe!
Btw, msh punya catatan ttng biaya yg loe keluarin wktu asia-backpacking gak??? bisa gak gw mnt?
Mksh

By: Ella

Anonim mengatakan...

wah..jelas banget..cuma masih ada 1 yg blm sy ngerti..
surat sponsor buat apa sih?
saya baru pertama kali nih mau ke "luar"..
thanks ya..
by : kiki

The Backpacker's Notes mengatakan...

@Ella: Hai Ella, thanks bgt ya buat apresiasinya. :) Catatan tentang budget masih ada kok, hehehe tapi saya susun dulu ya, agak berantakan karena masih pake coret2an tangan (yang dibuat sama teman saya). Nanti saya share secepatnya... :)

@kiki: Halo Kiki, surat sponsor adalah salah satu syarat kelengkapan dokumen untuk pembuatan paspor. Jadi apabila kita ingin membuat paspor, salah satu syaratnya adalah menyediakan Surat Ijin Instansi/Perusahaan (Bagi Pegawai Negeri dan Swasta, Anggota TNI dan Polri), alias Surat Keterangan Bekerja. Lengkapnya bisa baca di sini ya: http://backpacker-notes.blogspot.com/2009/07/mengurus-paspor-secara-online.html
Semoga membantu! :)

Anonim mengatakan...

mbak...boleh minta contoh surat sponsornya dari perusahaan soalnya biar ga bolak balik urusnya ke imigrasi...email ke : rieska.artyastuti@yahoo.com

makasih ya mbak..

The Backpacker's Notes mengatakan...

@rieska: Surat sponsornya sudah saya upload di sini ya: http://backpacker-notes.blogspot.com/2010/05/free-download-contoh-surat-sponsor.html Goodluck! :)

popi mengatakan...

hei.. thanks y info nya..
aku jd semangat buat k singapura..
surat sponsor t buat apa? hehe..
maklum..

The Backpacker's Notes mengatakan...

@popi: Surat sponsor itu adalah salah satu kelengkapan dokumen dalam syarat pembuatan paspor, namanya "Surat Ijin Instansi/Perusahaan" (Bagi Pegawai Negeri dan Swasta, Anggota TNI dan Polri), atau "Surat Keterangan Bekerja". Lengkapnya bisa baca di sini ya: http://backpacker-notes.blogspot.com/2009/07/mengurus-paspor-secara-online.html :)

Dwi Rani Karina Sari mengatakan...

mbak..berjalan-jalanlah ke korea selatan..ntar kalo dah dpt info..sharing ma saya ya...
pengen banget ni pergi ksna..
pke budget minim juga pastinya ..
whehehe..

The Backpacker's Notes mengatakan...

@Dwi Rani Karina Sari: Siiippp. Doa-in aja ya saya bisa ke sana dalam waktu dekat, berkenan untuk memberikan sumbangan dana? Hehehehe...

Christopher Thomas mengatakan...

matur nuhun banget! informasinya top abis! sangat mudah dimengerti oleh orang yang begonya kayak saya hehehe btw, saya pernah denger nih kalo misalnya ga pake surat sponsor gpp asal punya tabungan yang gede (bisa punya sendiri maupun orang tua/keluarga)kommentnya gimana mbak? bisa jelasin gak?
thx sebelumnya buat balasannya
Salam!
;D

The Backpacker's Notes mengatakan...

@Christopher Thomas: Wah saya malah ngga tau tuh tentang ga perlu surat sponsor klo punya tabungan gede u/ pembuatan paspor. Yang saya tau sih, bukti tabungan itu diperlukan untuk pengurusan visa, biasanya buat jaminan aja. Ada pembaca lain yang mau share?

Anonim mengatakan...

nambahin boleh ya...aku mo share soal penginapan di singapore (kayaknya siy lebih murah)maklum backpecker pertama kali nihh
tahun lalu waktu kesana, aku nginep di apartemen milik orang indonesia yg sudah lama jadi wns (warga negara singapore). karena mau ngirit, kami share kamar (3 cewek & 1 cowok) dan share bathroom pastinya biar murah. harga per kamar u/ 2 orang $50 karena kami ber 4 jadi dikenakan biaya tambahan per orang $10.apartemennya di daerah chinatown "people's park" deket bgt ama stasiun MRT. kudu booking dulu nama pemiliknya Ango (65 65356949).beliau punya banyak apartemen per apartemen punya 3-4 kamar, nah kamar2 tersebut yg disewakan.
bahkan kalo ndak sempet belanja keperluan mandi di gedung tersebut ada supermarketnya jadi ga perlu bawa toiletris.

By : ivonne

Anonim mengatakan...

kalo pasport tidak perlu tabungan gede
tabungan gede hanya diperlukan jika wawancara pembuatan visa (takut ngerepotin di negara orang kali ya...makanya kudu punya duit banyak)
aku buat passport hanya bayar 270rb seminggu doang. kalo mau cepet berkas2 di scan trus di upload ke web sitenya imigrasi

The Backpacker's Notes mengatakan...

@ivonne & anonim: Thanks banget ya buat infonya! Keep sharing. :)

Anonim mengatakan...

aku suka banget blognya. thx buat informasinya.

The Backpacker's Notes mengatakan...

@Anonim: Sama-sama. Makasih ya! :)

Anonim mengatakan...

mbak kalo aku gak punya sponsor karena cuma wiraswasta surat sponsornya gimana ya??? trus tabungan harus terisi berapa ya mbak buat jln2 ke korea?? makasi..:)

Anonim mengatakan...

wah.. seru,,

tapi kalo ga ada kartu kredit ga bisa booking hotel nya ya?
kalo dtg lgsung aj kesana gimana?

ima mengatakan...

kapan neh jalan2 lagi....bisa ngikut ndak?

rani mengatakan...

hi, ada yang tau nda kalo beli tiket di jetstar pake kartu kredit orang lain itu boleh apa ngga..
thanks in advance

vivi mengatakan...

hai ...aku mau tanya nih pas sampe di bandara tujuan pas di imigrasinya kl ditanyain mau tinggal dmn di singaporenya kl kita jwb tinggal di hostel atau apartemen sewaan seperti yg disebut ivonne diatas apa gak ntar dikira imigran gelap ya?abisnya aku pernah baca jg kl kita mau ke singapore dari malaysia di bagian imigrasinya ntar dity jg mau nginep dmn ktnya jgn jwb tinggal di hostel atau apartemen bisa2 dikira imigran gelap apalg yg br pertama kl pergi...bener begitu ya...tolong dong penjelasannya,sebab rencananya aku mau ke singapore jg taon depan tapi dari malaysia.tq

Anonim mengatakan...

minta tolong di email surat sponsor ya mbak weny,ke emailku martienesp@yahoo.co.id,thanks sebelumnya .nice blog

Anonim mengatakan...

Informasinya bagus banget,, seru deh bisa jalan2 ke luar dgn budget minim.. minta tolong di email donk mbak wenny surat sponsornya ini emailku : littleangelswan@yahoo.com... thanks alot

Qomeng mengatakan...

bagus banget tulisan runutan perjalanan ke singapurnya...sekedar tips tambahan untuk transportasi disana lebih baik pake Ezlink card..harganya S$12 ($5 untuk harga kartu & $7 untuk deposit tiket) pake kartu ini jauh lebih efisien karena kalo sisa bisa kita refund dicounter tersebut. Ezlink card bisa digunakan untuk bus & MRT. semoga bermanfaat.

manaf.duke mengatakan...

Nice info, hope it will be useful for me someday. BTW minta contoh surat sponsor dong yang dari kampus sama kantor sekalian. kirim ke rusdian.manaf@gmail.com Thanks

berandaide mengatakan...

bang,
kalo mau ke singapor harus nunjukin NPWP ato kalo ga harus bayar fiskal ya?
harus ya? walopun masih di asean?
mohon infonya ya, maklum, masih pemula.

hotel in bandung mengatakan...

I like this blog, good luck ..! also visit hotel in bandung or nikon digital camera cases

Anonim mengatakan...

Halo mbak, menambahkan sedikit.
Desember kemaren, untuk makan cukup murah antara SGD 2-4 ( maksimal 28 ribu sekali makan ). Syarat makan hanya di hawker Center terdekat, little india, chinetown dan area sekitaran bugis. Air mineral juga berkisar antara SGD 1,5 - 2,5. Kalo belinya di mustafa center malah bisa lebih banyak pilihan harga dan merk. Thanx n salam ( Navyseal )

Anonim mengatakan...

halo mbak, thx berat ya tuk info nya.
bener2 membantu buat para pemula kayak w yg ga pernah ke luar negeri..and baru pertama kalinya. minta tolong kirim kan contoh surat sponsornya ya?? mau nanya juga, mank harus ada surat sponsor ya? kalo ga da gmna? trus t4 shopping yg murah kira2 dmna ya? thx. ini9 alamat email saya kris_even@yahoo.com

ARUMY'ZoNe mengatakan...

infonya menginspirasi sekali mba,boleh minta krm contoh surat sponsor untuk kampus d kirim ke email ai.umamy@gmail.com.thx sblmnya;)

Fier mengatakan...

Alhamdulillah dapat info bagus, rencana Juni ini mau backpack ke Singapura sama Malaysia..doain ya ^_^

Anonim mengatakan...

Mbk mau tanya ke singapura perlu buat visa gak, klo iya urusnya dimana n berapa biayanya, krn ku renc mau ke singapur dlm waktu dekat paspor sih dah punya

Anonim mengatakan...

Saya rencana ke sing jan 2012 mohon boleh di bantu bikin itinery budget terendah yg update , atau
Hotel Murah di singapore Kash

Anonim mengatakan...

Wah...tulisannya bagus.
kebetulan saya mau k s'pore februari ini.
Kak, blh tanya kalo EZ Card sama Tourist Pass beda atau sama?
mending pakai yg mana ya?
saya pergi kamis pulang minggu, kira2 habis berapa buat transportasi & makan disana?
bisa bantu budgetnya ga?
hostel saya sudah book lewat temen harganya Rp,175.000,-/malam/orang.
tolong ya kak bantu saya, boleh deh kirim by email ke : surat_gie@yahoo.co.uk
makasih banyak kak!^_^

Anonim mengatakan...

boleh minta contoh surat sponsor baik utk kantor maupun mahasiswa ? di emailkan ke hardyansyah_13@yahoo.co.id

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan