• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Jumat, 12 Maret 2010

Home » , » Merencanakan Itinerary dengan Google Earth

Merencanakan Itinerary dengan Google Earth

Itinerary adalah rute atau jadwal acara perjalanan yang telah disusun sedemikian rupa sebagai pedoman traveler selama berada di suatu destinasi.

Terkadang saat merencanakan itinerary, kita asal saja menyusun acara mengunjungi objek-objek wisata yang terkenal di kota tujuan kita, dan tidak sadar bahwa objek-objek wisata yang kita tuju berjauhan. Hal ini tentu menyebabkan waktu jalan-jalan kita terbuang sia-sia di perjalanan.

Salah satu cara merencanakan itinerary agar lebih efektif dan efisien adalah dengan menggunakan Google Earth.

Google Earth.
Sumber foto: wikipedia

Sejarah dan Perkembangan Google Earth
Google Earth adalah piranti lunak keluaran Keyhole, Inc. --sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004-- yang menggunakan pencitraan satelit untuk menunjuk lokasi dan tempat manapun di dunia secara tepat.

Perkembangan Google Earth dapat dibilang mengalami kemajuan pesat dan semakin mendetail. Contohnya adalah penambahan teknologi Google Street View yang dapat menangkap citra jalanan kota dari sudut pandang manusia & Google Flight Simulator yang dapat memberikan latihan simulasi menerbangkan pesawat. Namun perkembangan ini justru seringkali mendapat kritik serius dari beberapa negara karena berkaitan dengan keamanan nasional dan masalah privasi.

Untungnya sampai saat ini, penggunaan Google Earth masih dapat kita nikmati secara bebas, mungkin karena manfaat positif Google Earth lebih banyak daripada negatifnya (salah satu contohnya adalah memetakan lokasi bencana alam, dsb).

Penggunaan Google Earth untuk Traveling
Ketik destinasi Anda di kolom "Fly to:" dan --voila!-- peta kota destinasi terpampang jelas di depan mata Anda, kemudian lakukan tips-tips di bawah ini untuk memanfaatkan Google Earth secara maksimal sebagai piranti perencana perjalanan:

(1) Periksa kedekatan antara objek wisata yang satu dengan lainnya - Perhatikan lokasi objek-objek wisata yang saling berdekatan, lalu susunlah jadwal kunjungan ke sebuah objek wisata satu ke yang lainnya, disesuaikan dengan jarak tempuh.

(2) Periksa lokasi penginapan Anda - Penggunaan piranti lunak ini juga dapat untuk memeriksa lokasi penginapan yang akan kita booking, lihatlah apakah penginapan ini strategis terhadap objek-objek wisata yang akan kita datangi. Jangan sampai lokasi penginapan jauh di luar kota, sedangkan tujuan Anda adalah jalan-jalan keliling kota. Dengan begitu, maka perencanaan itinerary akan lebih efektif dan efisien.

(3) Ikuti tour wisata hanya dengan duduk di dalam rumah - Adanya fitur Google Street View dan Virtual Tour memungkinkan para traveler melihat kota destinasi dalam bentuk bangunan tiga dimensi, sehingga pengguna fitur ini akan seperti melakukan tour di sebuah kota di negara belahan dunia lain tanpa harus mendatangi kota tersebut secara fisik.

(4) Pelajari sejarah dan perkembangan kota destinasi Anda - Adanya Google Earth Community juga turut membantu para traveler untuk mempelajari dan mengenal lebih jauh destinasi yang akan dikunjungi. Komunitas Google Earth ini telah menandai titik-titik lokasi sejarah maupun wisata di dunia, contohnya seperti lokasi-lokasi dalam buku The Da Vinci Code.

Sudah selesai merencanakan perjalanan Anda? Bagus. Namun jangan lupa, perlu dicatat bahwa sebagian besar pencitraan satelit untuk Google Earth hanya diperbaharui setiap dua tahun sekali, sehingga terkadang masih terdapat peta yang kurang aktual. Dan untuk Google Street View, untuk sementara hanya mencakup beberapa lokasi saja di UK, Hong Kong, Macau, Belanda, dan Jepang. Oleh karena itu, gunakanlah Google Earth sebagai piranti pendukung, jangan sebagai piranti utama dalam merencanakan itinerary.

Untuk mengunduh, peranti lunak ini dapat diunduh gratis di http://earth.google.com

+ + + + +

Referensi
- National Geographic Traveler Indonesia, edisi Maret 2010. "Google Earth: Piranti Perencana Perjalanan".
- http://en.wikipedia.org/wiki/Google_Earth
- http://earth.google.com
- http://www.gearthblog.com/blog/archives/2009/03/using_street_view_in_google_earth_1.html
- http://edweb.tusd.k12.az.us/dherring/ge/googleearth.htm
Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan