• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 08 Maret 2010

Home » , , » Review Akomodasi : Singapore

Review Akomodasi : Singapore

Tiga pengeluaran terbesar dalam jalan-jalan ala backpacker pada umumnya mencakup biaya transportasi (tiket pesawat), makanan, dan akomodasi.

Kalau soal akomodasi, biasanya bisa ditekan apabila nebeng kenalan/relasi di negara yang kita datangi (atau bisa coba couchsurfing.org). Namun apabila kita tidak ada kenalan di tempat yang kita tuju, satu-satunya cara untuk menekan biaya akomodasi adalah mencari penginapan murah, salah satu opsi adalah hostel.

Cara booking hostel dapat secara online melalui hostelworld.com, hostelbookers.com, hostelz.com, dan sebagainya. Pembayaran melalui online ini biasanya menggunakan Credit Card, dengan booking fee sebesar 5-10%, dan dilunasi saat kita sampai di hostel tersebut. Namun ada pula layanan hotelscombined.com yang tidak mengenakan booking fee.

+ + + + +

Di bawah ini adalah dua hostel yang pernah The Backpacker's Notes tempati di Singapura:

Empire Hostel
202A Syed Alwi Road 2nd Floor, corner of Jalan Besar Opposite Mac Donalds, Singapore

Kami memesan hostel ini dari hostelworld. Sejujurnya, first impression kami terhadap hostel ini memang kurang meyakinkan.

Karena hostel ini terletak di lantai dua sebuah ruko, maka yang terlihat pertama kali adalah pintu hostel --yang rada creepy-- dan pintu tersebut ditempeli kertas yang di-laminating dengan tulisan "Empire Hostel".

Setelah kita konfirmasi kamar kita, untuk masuk ke dalam kita akan dibekali sebuah kartu elektronik, kartu ini nantinya digunakan untuk membuka pintu hotel tersebut (canggih juga!). Namun apabila kita baru datang pertamakali maka kita harus memencet bel yang ada di samping pintu agar penjaganya keluar.

Hostel ini termasuk bersih dan tenang, karena ada peraturan bahwa di atas jam 12 malam tidak boleh ribut. Kamarnya sendiri benar-benar "memanfaatkan ruang", hehehe... Isi kamar kami sendiri: dua tempat tidur tingkat disusun mepet-mepet, dan langsung dibatasi dengan triplek (atau gypsum..?), sehingga aktivitas kamar sebelah tampaknya bisa terdengar. Untungnya hostel ini tenang banget! Tapi itu mungkin juga karena kita pulangnya malem-malem, jadi memang sudah sepi.

Tipe Kamar:
3 bed, private, shared bathroom.

Rate:
Rp 890.000,- for 3 people/2 day

Fasilitas:
- Air Conditioner,
- Kamar mandi luar (shared bathroom) dengan air panas,
- Disediakan sebuah komputer dengan koneksi internet 24 jam,
- dan disediakan sarapan/breakfast (roti, selai, dan isian roti lainnya).

Sayangnya, kamar kami tidak memiliki stop kontak, setelah seharian foto-foto keliling kota akhirnya baterai kamera kami habis total & tidak sempat di-charge di mana-mana, karena tidak menemukan stop kontak. (Makanya posting yang ini ngga ada fotonya, lagi berhemat baterai, hehehe...) Tapi overall hostel ini bolehlah untuk numpang tidur sebentar.

Poin utama dari hostel ini adalah: AC-nya dingiiiinnn, suasananya tenang banget, kamar tidur & kamar mandinya bersih, tersedia internet, dan staff-nya juga amat membantu.

Untuk standar Singapur, hostel ini termasuk yang paling murah (teuteup), hehehe. Memang harga sesuai dengan kualitas...

GAS 81
81 Frankel Ave (samping pom bensin), Singapore
Review oleh : Listya Reina Karyadi

Sampai saat ini, saya merasa GAS 81 adalah tempat menginap termurah di Singapura selain menebeng. Bagaimana tidak, terakhir saya kesana waktu libur lebaran 2009 lalu, rate kamar untuk private 3 bed adalah 36 SGD per hari. Sehingga per orangnya 12 SGD saja dan untuk 3 hari, 3 orang 108 SGD. Coba bayangkan, Singapur 3 hari 3 orang 108 SGD. Kayanya sih GAS aja ya. Hehehe.

Yaa memang sih tempatnya jauh, kalok naik MRT yang jalur ijo turunnya di kembangan yang mana udah ampir mentok dan kalau malam hari MRT-nya sepi sekali. Bahkan baru jam 8 malam sudah sepi. Dari MRT ke Frankel Ave juga hanya ada 1 loop bis yang muter-muter dulu ke belasan stop sebelum tiba di GAS 81 ini. Akhirnya pada hari-hari selanjutnya, saya pilih turun MRT di Eunos, terus naik taksi deh dari sana. Mengingat emang tinggal lurus lewat Sims Ave trus belok kanan ke Frankel Ave, ga sampe 10 menit, ga sampe 6 dolar. Murah, dekat, cepat.

Saya sendiri membooking hostel ini lewat hostelworld.com. Praktis, bisa lihat-lihat dulu dan baca review-review dari orang yang pernah menginap. Booking fee-nya pun hanya 10% dari total biaya yang dipotong dari kartu kredit. Sisa 90% dibayarkan waktu check in. Rata-rata hostel yang saya booking lewat hostelworld sih bayarnya harus cash (baru 2 hostel kok), jadi harus disiapkan uang sejumlah sisa pembayaran. Tapi, GAS 81 ini bahkan menerima rupiah untuk pembayarannya. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan dolar dan ga bisa gesek kartu.

Penampakan hostelnya sendiri kalau dari luar tidak terlihat merupakan penginapan. Tampilannya seperti ruko, dan kamar-kamar ada di lantai atas. Lumayan sih kalo angkat koper. Sepertinya system check in-nya seperti hostel-hostel lain di Singapur (self check-in). Ada telepon di atas dan kita tinggal telepon ke nomer sana, nanti dia kasih tau kode angka untuk buka lemari besi tempat nyimpen konci kita. Uang pembayaran juga disimpen disana.

Kamarnya ga besar (tentu saja), ada AC yang dingin, TV, jendela. Hehehe, mengingat banyak hostel ga berjendela kan. Kamar mandinya shared. Ada 2 kamar mandi untuk digunakan bersama (tapi ga perna rebutan mandi sih). Ada air dingin dan air panas juga. Ada mesin cuci, ada dapur, dan beberapa peralatan makan.

Ya fasilitasnya memang tidak semewah hotel 100 dolar (harganya aja sepertiganya). Tapi cocok juga untuk orang yang memang butuh kamar untuk tidur dan beristirahat pada malam hari, serta merencanakan perjalanan atau membalas email-email penting (ada 1 komputer dengan internet super 24 jam untuk dipakai bersama). Sarapan tidak disediakan, tapi persis di samping GAS ada Seven Eleven, jadi makan, minum, pulsa semua tinggal jalan ke sebelah.

Cari penginapan di Singapura
Belum menemukan penginapan yang sesuai? Coba cari, simak review para traveler, dan kemudian booking akomodasi Singapura lainnya di hotelscombined.com.

*foto hostel dipinjam dari www.dreamstime.com

---

Catatan: Beberapa tautan dalam artikel di atas merupakan tautan afiliasi. Ini berarti apabila Anda mengklik pada tautan dan melakukan proses booking, TBN akan menerima komisi afiliasi. Terlepas dari itu, penulis hanya merekomendasikan produk atau layanan yang penulis gunakan secara pribadi dan penulis percaya berguna bagi para pembaca.

Share the Travel Spirit!

5 komentar:

siska mengatakan...

nice info! saya akan backpacking ke Singapore April ini, thanx infonya. Tapi saya akan coba hubungi teman CouchSurfing dulu :)

The Backpacker's Notes mengatakan...

@siska: Sama-sama... Ikut senang bisa membantu. :)

anis mengatakan...

waahh...nice info!!
mau nanya untuk empire hostel...
890.000 for 3 people itu untuk 1 malam??
thanks before!

The Backpacker's Notes mengatakan...

@anis: Yup, jadi jatuhnya sekitaran Rp 150.000,-/org per malam (tergantung kurs USD saat itu). Lumayan kan. :) Klo mau lebih murah, bisa coba yang tipe dormitory, bukan yang private.

Anonim mengatakan...

permisi numpang tanya :)
kalau mau ke empire hostel itu turunnya di mrt station mana ya? thx

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan