• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Sabtu, 10 April 2010

Home » » 36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan

36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan



Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda:

36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan



PERSIAPAN DARI RUMAH
(1) Riset, riset, riset sebelum bepergian - Jangan sepelekan riset sebelum Anda bergerak untuk membeli tiket pesawat. Contohnya: Seorang teman telah berencana untuk berlibur ke Bali pada suatu akhir pekan, sesampainya di sana ternyata semua objek wisata tutup dan hanya bandara yang beroperasi. Tahukah Anda mengapa? Karena teman saya datang pada waktu Hari Raya Nyepi. Saat di mana selama 24 jam semua warga Bali dilarang untuk beraktivitas, bahkan untuk menyalakan lampu. Akhirnya liburan teman saya pun hanya dihabiskan di bandara saja. Meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang destinasi wisata akan menghemat banyak waktu dan uang Anda.

(2) Tentukan budget jalan-jalan Anda - Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget jalan-jalan Anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

(3) Pantau harga dollar - Biasanya saya menggunakan www.xe.com untuk melihat kurs terbaru. Apabila kebetulan dollar sedang jatuh, ada baiknya Anda segera membeli dollar. Untuk penukaran dalam jumlah besar, satu sen pun amat berarti.

(4) Pantau promosi tiket pesawat murah - Sekarang ada banyak sekali penerbangan yang memberikan promo besar-besaran, bahkan hingga 0 rupiah. Tentunya 0 rupiah ini adalah taktik marketing, sehingga Anda perlu mencermati syarat-syaratnya agar tidak kecewa di kemudian hari. Apabila Anda telah sepakat dengan segala konsekuensinya, promo ini mungkin cocok untuk Anda. FYI, teman saya pernah mendapatkan tiket pesawat senilai total Rp30.000,- (termasuk pajak) untuk sekali jalan ke Singapura.


TRANSPORTASI

(5) Jadilah fleksibel terhadap waktu keberangkatan dan destinasi wisata - Untuk tiket transportasi biasanya lebih murah apabila kita berangkat/pulang di hari kerja daripada saat akhir pekan. Contoh: Berangkat pada hari Selasa biasanya lebih murah daripada berangkat di hari Sabtu.

(6) Pesan tiket di jauh-jauh hari DAN bandingkan harga tiket antara satu maskapai penerbangan dengan yang lainnya - Seringkali maskapai penerbangan memberikan diskon apabila kita booking tiket di jauh-jauh hari, lakukanlah ini dan kemudian cek harga antara penerbangan yang satu dengan lainnya.

(7) Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata - Hindari taksi sebisa mungkin, gunakan moda transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.

(8) Gunakan kaki sebagai alat transportasi jika masih memungkinkan - Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan Anda dengan berjalan kaki, oleh karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin Anda datangi.

(9) Gunakan kereta atau bus untuk perjalanan jauh - Apabila Anda memiliki banyak waktu Anda dapat memilih opsi ini. Daripada menggunakan pesawat, lebih baik Anda menggunakan kereta atau bus yang biasanya lebih murah dari tiket pesawat. Dengan menggunakan kereta/bus, Anda sekaligus dapat menikmati pemandangan di luar sana.

(10) Gunakan transportasi malam - Anda dapat tidur di dalam kereta/bus malam, untuk menghemat biaya menginap. Efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam.

(11) Bertanyalah kepada staf hostel/guesthouse - Tanyalah kepada mereka mengenai biaya standar transportasi dalam kota, dengan begitu Anda akan menghindari penipuan yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaraan umum terhadap turis.

(12) Hindari bagasi dan biaya porter dengan travel light - Hindari membayar lebih untuk ekstra bagasi dengan membawa barang seperlunya saja, sehingga muat untuk dibawa ke dalam kabin. Anda pun terbebas dari antrian untuk check-in bagasi dan tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan porter.

(13) Gunakan kartu berlangganan - Kartu berlangganan (contoh: EZlink untuk MRT di Singapore) amat berguna apabila Anda akan sering menggunakan transportasi publik. Hal ini pun akan mengatasi kerepotan karena perlunya menukarkan uang kecil untuk transportasi.


AKOMODASI

(14) Cari penginapan murah yang layak, kemudian bandingkan harga booking online DAN booking langsung dari website aslinya - Gunakan hostelworld.com dan website sejenis untuk mencari penginapan murah. Sebelumnya jangan lupa untuk memeriksa website penginapan yang telah kita pilih, karena terkadang lebih murah apabila kita booking langsung dari website aslinya. Ada pula beberapa situs yang menawarkan potongan harga sampai setengahnya jika Anda memesan lewat situs tersebut, termasuk untuk hotel di Bali. Kemudian lebih bagus lagi jika Anda mendapatkan penginapan yang menyediakan sarapan gratis untuk menghemat biaya makan. Anda dapat melihat beberapa review akomodasi di website ini.

(15) Cari penginapan yang strategis - Penginapan yang dekat dengan berbagai objek wisata akan tentunya menghemat biaya transportasi.

(16) Coba Couchsurfing - Apabila Anda tertarik untuk melebur dengan warga lokal dan mencoba mengikuti gaya hidup mereka, Anda dapat mencoba Couchsurfing.

(17) Bermalam di bandara - Opsi ini dapat dilakukan apabila Anda memiliki waktu transit yang lama ke penerbangan lanjutan. Lihat website Sleeping in Airports untuk tips-tips bermalam di bandara beserta informasi detailnya.


MAKANAN
(18) Belanja makanan dan minuman di toko kelontong lokal - Belilah cemilan, bahan masakan, maupun buah-buahan dari warung maupun toko kecil, daripada membelinya di toko yang lebih besar ataupun 7-11. Belilah air mineral dalam botol besar daripada membeli banyak dalam botol kecil.

(19) Bawalah makanan & botol air minum Anda sendiri - Saya dan teman-teman biasanya membawa snack, makanan (abon, selai, sambal sachet, dan sebagainya) dari rumah, ternyata hal ini amat menghemat biaya jalan-jalan kami.

(20) Makanlah di restoran lokal atau kaki lima - Terkadang tempat makan unik dan favorit hanya diketahui oleh penduduk lokal. Tanyalah kepada warga lokal yang Anda temui di jalan.

(21) Hindari minibar - Apabila Anda menginap di hotel yang memiliki minibar, pastikan Anda tidak mengambil apapun dari dalam kulkas, pajak hotel biasanya amat besar. Lebih baik Anda beli langsung dari supermarket lokal.


TUJUAN WISATA
(22) Rencanakan rute secara efektif dan efisien - Menggunakan Google Earth untuk merencanakan rute perjalanan akan menghemat waktu dan uang Anda.

(23) Jadilah tour-guide Anda sendiri - Buat buku panduan wisata Anda sendiri dengan mengandalkan internet.

(24) Ambil peta gratis di tourist information center - Banyak disediakan peta gratis di bandara internasional maupun hotel, informasinya pun tidak kalah lengkap dengan peta yang dijual di toko. Sebagai gantinya, biasanya peta gratis ini berisi banyak iklan.

(25) Cari info objek wisata gratis - Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Googling dan mencari info mengenai hal ini akan menghemat uang Anda cukup besar.

(26) Prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi - Seringkali objek wisata terkenal menetapkan tarif masuk yang tinggi. Tidak ada salahnya apabila Anda amat ingin mendatangi objek wisata tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah mengimbanginya sesuai dengan budget jalan-jalan Anda.

(27) Hindari tourist spot sebisa mungkin - Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan membawa sendiri bekal dari rumah dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain.

(28) Hindari paket wisata jika memungkinkan - Paket tur terkadang hanya melelahkan dibanding menyenangkan, karena jatah waktu untuk menjelajahi sebuah objek wisata seringkali dibatasi, sehingga terkadang kita merasa kurang puas. Untuk itu, sewalah kendaraan lokal untuk menjelajahi lingkungan tempat Anda berada, contohnya seperti sepeda, sepeda motor, tuk-tuk, atau angkot.


BELANJA
(29) Definisikan ulang konsep Anda tentang "oleh-oleh" - Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah kartu pos, bros, gantungan kunci, T-Shirt, scarf, coklat, cemilan tradisional. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan lokalitas daerah setempat. Jadilah kreatif.

(30) Belilah oleh-oleh di pasar tradisional DAN tawar harga semurah mungkin - Menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian menawar terbaik Anda dan Anda tidak akan menyesal. Tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai Anda menawar keterlaluan karena akan menyinggung si penjual.


KOMUNIKASI
(31) Cari lokasi yang menyediakan internet gratis atau WiFi - Pilihlah penginapan yang menyediakan layanan internet gratis, atau apabila tidak ada, biasanya fasilitas internet gratis tersedia pula di kafe atau kedai kopi (seharga satu cangkir kopi). Carilah penawaran terbaik sebelum Anda login internet.

(32) Gunakan Skype - Untuk telepon keluar kota maupun negeri, gunakanlah Skype untuk menghemat biaya komunikasi.

(33) Belilah SIM Card dengan nomer lokal - Apabila Anda akan sering menggunakan telepon selular, membeli SIM Card dengan nomer lokal merupakan keputusan bijak. Dengan demikian Anda akan menghemat biaya untuk penggunaan telepon domestik.


CARA HEMAT LAINNYA
(34) Hindari menukar uang di bandara dan spot wisata terkenal - Biasanya money changer di dalam bandara akan memberikan kurs terendah, maka lebih baik Anda mencari bank atau money changer di dalam kota untuk menukar mata uang.

(35) Cucilah baju Anda sendiri - Bawalah deterjen dari rumah dan cuci baju Anda sendiri, daripada menggunakan laundry service selama di perjalanan.

(36) Gunakan kartu identitas mahasiswa/i dan tanyakan potongan harga untuk manula - Apabila Anda masih pelajar, Anda beruntung, banyak tempat yang menawarkan potongan harga untuk pelajar. Apabila Anda traveling dengan manula, Anda pun mungkin akan mendapatkan senior discount juga. Pastikan Anda menanyakan mengenai hal ini.


+1 TIPS TAMBAHAN...
Ada satu tips tambahan yang saya kutip dari NPR: "Nine Tips To Travel Cheap (But Not Stupid)":

(37) Don't Be Too Cheap - Jangan kelewat murahan ataupun keterlaluan dalam berhemat, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal. Jangan lupakan bahwa konsep backpacking adalah "membeli pengalaman".
"You can go through a lifetime of regret for being too cheap," Weissmann says.

He knows from experience. He says he was backpacking in Egypt when he found himself in Luxor, near the Valley of the Kings. The admission price was $20, which was his entire budget for the day.

"There were budget travelers saying, '$20? What a ripoff,'" he remembers.

But Weissmann says he paid the fee. "I was cheap, but I wasn't stupid," he says.

Prepare Budget Carefully.
sumber: inmagine


Last but not least:
Nikmatilah perjalanan Anda.
:)

Ada yang mau menambahkan?


Catatan penulis: Artikel di atas memiliki beberapa tautan dengan tujuan advertorial sebagai bentuk support terhadap situs TBN.


Kredit: Gambar dipinjam dari dreamstime, bigstock, dan inmagine.
Share the Travel Spirit!

40 komentar:

erich mengatakan...

mbak (eh, bener mbak, kan? takut salah panggil hehee), itu kalo cuci baju sendiri trus jemurnya dimana atuh?? kan klo di negara tropis susah kalo gak jemur di bawah matahari..

satu lagi, gimana mensiasati kalau mau booking hostel tapi gak punya kartu kredit??

makasih..

Ajeng mengatakan...

@erich: Cuci baju? Jemurnya di kamar mandi dong, hehehe trus lampunya dinyalain... Kalo ngga ada kamar mandi dalem, jemur di dalem kamar tidur trus AC-nya nyalain. Cucinya klo bisa malem-malem, jadi pas besoknya setelah jalan-jalan seharian, balik-balik sore bajunya dah kering. Beneran kering lho, udah pernah dicoba. Klo mo booking hostel tanpa CC, bisa pinjem CC temen dulu kok. Saya juga ga punya CC. :) Hope helps.

erich mengatakan...

oh gitu ya..
maklum katrok, belum pernah ke LN. tapi udah nyusun rencana :D
thanks banget mbak buat reply-nya.
keep posting, and keep traveling!
:)

Ajeng mengatakan...

@erich: Hahaha sama aja kok, saya jg masih amatiran. Prinsipnya sih: beli tiket aja dulu, baru ntar dipikirin gimana ke sananya, hehehe parah... U'r most welcome! :)

nini mengatakan...

keren mbak
sangat lengkappp
sangat membantuuuu...
makasihhhh :))

Clara Dita mengatakan...

Mba...
OOT nih, gmana ya cara download free e-books diatas?
Aku aga gaptek gini...

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@Clara Dita: Mau download eBook yang mana? Ada alamat email? Nanti saya coba kirim lewat email. :)

rina mengatakan...

klo bhs inggrisnya kacau bs ga ya jln?inggrisku pas2an ni mb

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@rina: Sama, bahasa Inggris saya juga masih ngaco, hehehe... Tapi gapapa, saya juga sering ketemu backpacker yang bahasa Inggrisnya pas-pasan tapi tetep jalan kok. Yang penting tau bahasa percakapan dasar atau bawa buku pedoman percakapan dasar, lainnya pake bahasa tubuh aja, hehehe...

marley mengatakan...

kerennn... ijin share yaaa...
terima kasih banyak telah membantu...

Mang Ocam mengatakan...

Ngiri dech sama para Backpacker yang masih muda2 tapi udah kaya pengalaman jalan2 ke LN , kalau saya yang Pensiunan BUMN (Pensiun 2008)... kira2 masih belum terlalu tua kah ya ... untuk coba2 ikutan sebagai backpacker ... dan jalan2 ke LN ?

oghello mengatakan...

q mw prg keliling indonesia dengan jalan kaki tp blum da kesempatan

Asia Hotels Review mengatakan...

Lengkap sekali tips perjalannnya
salam kenal

agussupri mengatakan...

tipsnya sungguh luar biasa,memang kalau ingin nyaman harus direncanakan da disiapka

PUDI TOUR & TRAVEL mengatakan...

siip banget, luar biasa lengkap deh mbak, mohon ijin untuk link ke website saya mbak

Catatan Playboy mengatakan...

hmmm.. udah pernah backpacking ke daerah-daerah dalam negeri. tantangannya beda.
maksudnya ke tempat-tempat selain kota besar.
Saya pernah di kalimantan, dan seputaran jawa timur.
dan sekarang lagi planning untuk ke maluku dan pulau-pulau kecil yang ada disana.

Tari mengatakan...

hei jeng .. great tips.:) atau alternatif lain jeng dalam rangka menghemat, jangan beli oleh oleh. kwkwkwkw *serius*

Tour Holyland Jakarta mengatakan...

bener-bener banyak banget info yang di share yang saya gak tau...

misalnya beli sim card lokal...tapi, kalau cuci baju sendiri kayaknya gk sempat deh ...hehe

salam kenal dari saya rapro mulya sinaga
tour holyland

Reno mengatakan...

klo ala biker.. tips menghematnya.. tidur di SPBU :D

klo udah ngantuk tinggal cari SPBU ato Mesjid.. trus langsung tidur dah :D


http://rnoers.blogspot.com/

Olivia Isabelle mengatakan...

wow. thank you for the tips! blog yg sangat berguna kalo mau travelling :)

Doni Punya Blog mengatakan...

Bawa bekel ajah kayak anak TK kan mengurangi biaya,hahahha
Kunjugin Web falsh saya juga yah, Tiger Flash

etar mengatakan...

kuereeennnn............

Anonim mengatakan...

Bagus banget tips nya, tapi kalu rame2 lebih asyik kan bisa titip barang gantian,dan kalu memakai taxi bisa urunan jatuh nya lebih murah,juga kalau pake bis dari kl ke singapur harganya ampir sama pake pesawat kok yang mending pake pesawat aja ya mbak,terima kasih

Anonim mengatakan...

Ramahlah dengan staff hotel atau local people, anda akan banyak memperoleh masukan yang sangat bermanfaat.....

Diah Haryanti mengatakan...

hallo mba ajeng,aku diah (19) mau coba pertama kali traveling ke malaysia,aku tadi liat2 situs buat hotel di sana http://www.hostelworld.com . kok murah2 semua sih mba,di bawah 200ribu semua,itu serius mba. hihihi thanks

Niantiaulia mengatakan...

Hai, mau nambahin berdasarkan pengalaman saya lebih hemat jika kita mengambil uang lewat ATM untuk negara yang lumayan maju (eropa misalnya), ada charge fee tapi gak seberapa sekitar Rp 20-30 ribu per transaksi. Lebih aman karena gak perlu bawa cash banyak-banyak dan lebih murah dari pada tuker di money changer yang kadang-kadang mengenakan charge sangat tinggi, di Vienna saya pernah kena 12%. Huhuhu. Untuk kartu ATM yang berlambang cirrus biasanya bisa dipakai secara luas di Eropa.

Apalagi ya, oh boleh dipertimbangkan menginap di bandara, tapi dipikirkan baik-baik dahulu apakah memang itu jalan terbaik (contoh: di negara eropa harus mengejar penerbangan paling pagi dimana satu-satunya cara ke airport naik taksi yang mahal banget karena transport umum belum beroperasi) Browsing2 juga apakah bandara tersebut layak untuk diinapi, saya sendiri sudah pernah menginap di Barajas, Madrid dan Orly, Paris.

Sekian aja deh dulu :)

yadi mengatakan...

thanks buat info nya. mantep salam kenal

http://onlyx-45.blogspot.com/ mengatakan...

Wah keren nih info sob..

ochaadress mengatakan...

seru ya jd backpacker :D

Pengen banget nyoba tp nyali msh kurang lolss..ap lg kl ke LN tapi buta bahasa n arah :D

Jonathan mengatakan...

Informasinya berguna banget, jadi teringat ketika saya pertama kali ke luar negeri, memang sih tujuan nya cuman Singapura, paling tidak dari perjalanan tersebut saya bisa belajar apa yang harus di persiapan.

Btw, ada group backpacker kagak yah? Biar jalan-jalan bareng,

ordinary girl who lives in ordinary world mengatakan...

"Apalagi ya, oh boleh dipertimbangkan menginap di bandara, tapi dipikirkan baik-baik dahulu apakah memang itu jalan terbaik...."

betul banget nih, berguna kalo pas transit 21 jam gara2 ngejer tiket pesawat yg murah, dan ga bisa keluar airport krn ga punya visa :)

buat ajeng, bagus jeng inpo nya..

pokonya hidup jalan2 walopun kere, kan bisa nabung, kalo duit abis ya dicari lagi hehe

pokonya enjoy every moment in your life, so you wont regret in the future :p

Holiday tours mengatakan...

makasih tipsnya mas ...keren deh

sscorporation11 mengatakan...

mantabs tipsnya mbak ajeng, akan sll saya ingat bhwa inti dr backpacker itu adalah membeli pengalaman, jd pengen nyobain, kebetulan saya lg pengen bgt ke bali nih..:)

winny mengatakan...

keren gan tips sebagian udah saya aplikasikan.

:)

btw. kunjungi blog ane juga gan ada dokumnetasi pribadi ane keliling indonesia dengan budget-budget minim...

pimzzone mengatakan...

Ehm kren sarannya... tapi blum aman... paling aman tdur di kantor polsek. haha

jadi inget wktu k rinjani...

Rumah Dijual mengatakan...

mantaps tips nya. aku biasanya lebih suka naik kereta di bandingin naik bus sih. hehehe

Popular mengatakan...

Keren infonya :)

E-PrintStock mengatakan...

Pas banget untuk ane yang sering bepergian buat jalan-jalan, jadi nambah info,,,

lampit rotan mengatakan...

Infonya sip banget bagi saya pemula di dunia Backpacker ini sangat membantu dan menginspirasi saya untuk menghemat biaya selama nge-trip ke luar.... wow thanks gan yeeeee

aisyah mengatakan...

tipsnya top banget.. thanks ya... hampir semuanya sudah saya lakukan kecuali tidur di bandara :-) benar sekali, backpacking tidak harus menderita & berhemat terus menerus. saya menggabungkan antara berhemat & mendapat pengalaman. suatu saat saya pingin juga merasakan tidur di hotel yg mendapat penghargaan. ya sudah, biarpun mahal saya lakukan juga...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan