• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Sabtu, 03 April 2010

Home » , , , » Berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Posting tamu oleh : Effendy Siawira

The First Day in This Wonderful Year

Abang taksi datang menjemput pukul 05.30 WIB. “Bang, ke pelabuhan Muara Angke yah! Cepetan dan jangan tersesat, sebab kapal akan berangkat pukul 07.00 WIB,” demikian kata salah seorang teman.


Suasana di Muara Angke.
Foto (c) Effendy Siawira, 2010


Yups, perjalanan dimulai dari pelabuhan Muara Angke. Apik dan kacau keadaan pelabuhan ini. Tapi gak terlalu masalah, yang terpenting adalah motivasi untuk menuju tempat tujuan yang menarik. Satu jam perjalanan akhirnya kami tiba di pelabuhan tersebut.

X : “Mas, ke Pulau Pramuka dong untuk 10 orang.”
Y (mas yg di pelabuhan): "Pulau Pramuka? Ow, kapalnya yang itu nah… Tunggu saja di sini, ntar kapalnya merapat."

Jam 7 tepat, si kapal berangkat. Kapal ini terbuat dari kayu, dan merupakan salah satu alat transportasi yang menuju ke Pulau Pramuka dengan jadwal 2x sehari (jam 07.00 dan 13.00 WIB, demikian sebaliknya). Semua penumpang bakalan lesehan di dalam kapal yang berlantai 2 tersebut. Agak riskan, sebab life jacket yang tersedia di kapal dipastikan tidak cukup untuk seluruh penumpang yang berada di kapal pada pagi itu. Perjalanan selama 2,5 jam ini kami isi dengan tidur-tiduran, dan bermain kartu.

Singkat cerita, kami sampai di Pulau Pramuka dan kemudian dijemput oleh Mbak Novi (pemilik pondokan yang kami sewa). Kami dibawa ke rumahnya. Sangat ekonomis, dengan harga Rp 400.000/rumah yang terdiri dari 2 kamar + 1 kamar mandi, dapat kami isi dengan 10 makhluk. Kemudian kami dibawa Mbak Novi menuju tempat makan.

Makanan di sini lumayan murah. Harga ikan bandeng per kilo-nya hanya Rp 30.000, dan Rp 50.000 jika telah dipanggang dan siap makan. Hanya dengan Rp 20.000 kami sudah bisa makan dengan cukup kenyang dan enak.

Setelah makan, kami berangkat untuk menuntaskan tujuan kami kesini, yaitu: Snorkling. Sewa peralatan snorkling bisa dilakukan disini. Kemudian, kami dijemput dengan kapal nelayan untuk menuju lokasi karang-karang yang indah.

Ada 4 spot yang dikunjungi selama acara snorkling ini. Dimulai dari Semak Daun hingga ke lokasi tempat beternak karang (haha.. lucu namanya, tapi emang bener, lokasi ini digunakan untuk mengembangbiakan coral) dan kemudian diakhiri di Nusa Krambangan. Di tempat ini merupakan tempat peternakan ikan. Banyak banget loh jenis ikan-ikan di sini. Ada bandeng, bawal, kerapu, kuwe , hingga ikan hiu. Konsep penangkaran ini adalah dengan membangun jaring-jaring di dalam laut. Tempat yang sangat indah dan inspiring!

Menjelang maghrib, kami balik ke Pulau Pramuka yang hanya berjarak 10 menit dari Nusa Krambangan. Sampai di Pulau Pramuka, langsung saja mencari tempat makan. Sebab setengah harian di laut dan berendam membuat cacing di perut minta jatah. Seafood again... dengan harga Rp 30.000 bisa dinner dengan nasi goreng + ikan bandeng + telur + minum. Kenyang dan puas!

Acara selanjutnya mulai muncul masalah, yaitu MANDI. 10 orang mandi dengan 1 kamar mandi? Bisa dibayangkan. Siapa yang duluan yah? Akhirnya dengan permainan undian, gw mendapat giliran yang cukup akhir. Akhirnya bersama si Markus --nama sebenarnya, bukan makelar kasus-- kami berkeliling dulu ke pulau, sekalian mengenal pulau lebih dalam.

Akhirnya kami sampai ke satu resort yang cukup bagus. Ada si bapak penjaga yang sangat ramah tempat kami bertanya. Ternyata resort itu harganya cukup terjangkau, Rp 350.000 / hari untuk kapasitas 2 orang (+ extra bed charge jika lebih dari 2 orang). Fasilitas: Kamar ukuran 5×4 m , kamar mandi air hangat/dingin, AC, TV. Ngobrol-ngobrol sesaat dapat informasi bahwa pulau ini semakin hari semakin bertambah pengunjungnya terutama yang berasal dari Jakarta. Mungkin ini karena jaraknya yang cukup dekat dari Jakarta.

Untuk suasana malam, alangkah lebih asik jika diadakan acara seperti BBQ. Berhubung kami cukup lelah setelah bangun subuh dan snorkling selama setengah hari, akhirnya kami tidur. Keesokan harinya, pukul 7 WIB, kami kembali ke Jakarta.

Synopsis
05.30 : Berangkat dari Jaksel menuju pelabuhan Muara Angke
07.00 – 09.45 : Tiba di Pulau Pramuka (salah satu di antara seribu pulau)
09.45 – 11.00 : Check-in pondokan, istirahat sesaat, foto-foto
11.00 – 12.15 : Makan siang dan nge-pas alat snorkling
12.15 – 17.00: Snorkling Time
18.00 – 20.00: Makan malam
20.00 – 22.30 : Mandi, main, nonton
22.30 – 23.30 : Supper (tongseng indomie, dll)
24.00 : Tidur
07.00 (keesokan harinya) : Kembali ke Jakarta

Rincian Biaya
Ongkos kapal : Rp 30.000 – one way
Sewa Pondokan: Rp 350.000 – Rp 400.000
Sewa alat snorkling: Rp 40.000
Sewa kapal buat snorkling :Rp 300.000
Tips utk perahu-man : Rp 75.000

Overall untuk perjalanan kali ini , kira-kira dikenakan Rp 300.000,- /orang.


Profil Kontributor
Effendy Siawira, geoscientist di sebuah perusahaan. Memiliki hobby travelling, petualang mengunjungi tempat baru, dan mencoba hal-hal yang baru. Tipe manusia yang tidak suka terikat dan melakukan sesuatu semaunya (dengan catatan tidak merugikan org lain, syukur-syukur kalau orang itu bisa ikut senang ^^). Paling senang berburu tiket promo dan merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, walaupun pada akhirnya belum tentu tiketnya dipakai. Motto hidup: "tidak ada yang lebih penting selain membangun networking". Tulisan Effendy lainnya dapat dikunjungi di blog pribadinya: UNEQ – ONUQ by effendy siawira.

Share the Travel Spirit!

4 komentar:

Langit Biru Adventure mengatakan...

Halo Temans,

Ada yang berminat ke pulau 1000? Langit Biru Adventure menyediakan program perjalanan gaya backpacker ke sana. Biasanya perjalanan dimulai dengan ke Tidung, diakhiri di Pramuka. 2 hari 1 malam, =D Pastinya bersepeda dan berkunjung ke jembatan tidung, snorkling & berenang di pulau air, BBQ di pramuka. =D

Check www.langitbiruadventure.com
FB : Langit Biru Adventure
email: langitbiruadventure@gmail.com

Yuks! =D

LB Team

toni mengatakan...

Hehe.. Tempat yang mengasikkan, kebetulan juga Aku sudah pernah kesana, dan rencananya akan main kesana lagi awal Agustus bersama teman-teman kampus..

Blog Toni IPB

The Backpacker's Notes mengatakan...

@LB Team: Tuh... Siapa yg tertarik jalan-jalan ke Kepulauan Seribu, hubungi LB Team. :)
@toni: Hehe, travel safe! :) Kemarin ombaknya sempat rada gede, tp mudah2an Agustus udah tenang lagi yah.

Anonim mengatakan...

Ada CP Yang Bisa Dihubungi Kah ??????
Buat Penginapan/Resort Pulau Pramuka...
Thanx...

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan