• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Jumat, 30 April 2010

Home » » Google Trike, Kendaraan Pemetaan Digital 3 Dimensi

Google Trike, Kendaraan Pemetaan Digital 3 Dimensi

Artikel ini terkait dengan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Merencanakan Itinerary dengan Google Earth.

Beberapa minggu yang lalu saya terkagum-kagum melihat kecanggihan Google Street View. Bayangkan, saya bisa melihat bangunan hostel tempat saya dulu menginap di Singapura secara 3 dimensi! Yah, memang cuma bagian luarnya sih, alias cuma keliatan pintunya aja. Tapi tetep aja kan canggih, hehehe...

Dan saat itu saya penasaran banget:
Apa sih alat yang mereka gunakan untuk memetakan lokasi-lokasi tersebut secara 3 dimensi?

Pertanyaan saya terjawab saat saya membaca majalah Reader's Digest, edisi Mei 2010, yang membahas mengenai kendaraan yang digunakan untuk pemetaan 3 dimensi tersebut. Ada beberapa jenis kendaraan yang digunakan, satu berbentuk sepeda dan satu lagi menggunakan mobil.

Yang unik adalah pemetaan yang menggunakan sepeda roda tiga, nama kendaraannya adalah Google Street View Trike, atau singkatnya: Google Trike.

Apa itu "Google Street View Trike"?
"Google Street View Trike adalah mesin mekanik yang dibuat dari sepeda roda tiga, sebuah kamera penangkap citra jalan yang ditempatkan lebih tinggi dari ketinggian pandang mata manusia, dan sebuah kotak yang terlihat seperti pendingin es yang biasa dibawa penjual es keliling. [...] Kamera yang ditempatkan di mesin ini memiliki beberapa lensa yang diarahkan ke berbagai sudut berbeda untuk menangkap gambar-gambar jalan secara bersamaan."
- ditulis oleh Maida Pineda, Reader's Digest (Mei 2010)
Ide Google Trike pertama kali diciptakan oleh Dan Ratner, seorang insinyur senior Google. Impiannya adalah memetakan jalan-jalan setapak yang sempit secara 3 dimensi, karena justru di jalan-jalan setapak yang tidak bisa dilewati kendaraan inilah yang biasanya memiliki lingkungan unik dan menarik, seperti pengalaman Ratner saat berada di Barcelona, Spanyol. Yup, dari sanalah ide Google Trike pertama kali muncul.

Bentuk Google Trike ini lucu, seperti yang dijelaskan Pineda, mirip kendaraan penjual es krim keliling! Walaupun demikian, berat Google Trike ini mencapai 130 kg. Tugas yang tidak mudah bagi para pengayuhnya, namun Zerus Lin (27), salah seorang Google Triker di Singapura, menyatakan bahwa ia lebih senang bekerja di luar ruangan dibandingkan terkungkung bekerja kantoran seharian penuh.



Penggunaan Google Street View untuk Traveling
Beralih ke Google Street View...

Kini traveling terasa menjadi lebih mudah dengan adanya Google Street View sebagai fitur pendukung Google Earth. Salah satu pengguna yang sudah merasakan manfaatnya adalah saya sendiri. Contohnya, dari fitur tersebut saya bisa melihat dan mempertimbangkan lokasi penginapan yang akan saya inapi di kemudian hari. Apabila lingkungan sekitar penginapan terlihat kurang "sreg" di hati, maka saya akan beralih ke penginapan lain yang lokasinya terlihat lebih baik. Itu baru salah satu manfaatnya, saya yakin masih banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan adanya pemetaan secara 3 dimensi ini.


Tampilan Google Street View
di sebuah persimpangan jalan di Manchester, England.

Sumber: wikipedia


Sayangnya untuk saat ini Google Street View belum bisa dinikmati secara lengkap dan mendunia karena masih dalam masa pengembangan. Namun beberapa kota di dunia sudah bisa Anda "kunjungi" dan lihat-lihat, seperti Cina, Jepang, Australia, Cape Town, Perancis, Spanyol, Amerika Utara, dan banyak lagi negara lainnya.

Hingga detik ini, pemetaan secara 3 dimensi ini masih terus menerus bertambah dan diperlengkap. Canggih!

Sudah siap untuk traveling ke belahan dunia yang lain? Tinggalkan backpack Anda, siapkan minuman serta cemilan secukupnya, duduklah dengan santai di depan meja komputer, kemudian nikmatilah traveling dengan Google Street View. :)

Temukan peta resmi area yang telah terdokumentasikan oleh Google Street View, selengkapnya, di sini: Streetview Landing Page Prototype.

+ + + + +

REFERENSI
- "Keliling Dunia Sampai ke Jalan Sempit: Topografi Peta Digital", oleh Maida Pineda. Artikel di Reader's Digest, edisi Mei 2010.
- "Street View: We can trike wherever you like", Official Google Blog.
Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan