• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 03 Mei 2010

Home » , » 8 Area Backpacker Terpopuler di Indonesia

8 Area Backpacker Terpopuler di Indonesia

Bangkok punya Khaosan Road, Ho Chi Minh City punya Pham Ngu Lao, Hong Kong punya Kowloon, nah... kalau kota-kota di Indonesia punya apa ya?

Kota-kota di seluruh dunia biasanya memiliki satu area backpacker yang cukup terkenal dan menjadi pusat berkumpulnya para backpacker yang berasal dari berbagai negara. Dari sana saya jadi kepikiran, kira-kira area backpacker di Indonesia ada di mana saja ya? Kan Indonesia juga termasuk destinasi wisata yang termasuk favorit bagi backpacker asing karena "eksotis" dan berlimpah matahari.

Kebetulan waktu saya browsing, saya menemukan liputan MetroTV, Virgie's Travel Story di internet (sayang videonya terputus & tidak lengkap) dan lalu menemukan artikel yang membahas mengenai liputan tersebut yang berjudul Lima Kampung Backpacker Terbaik di Indonesia. PS. Artikelnya menarik!

Lima kampung backpacker yang dibahas di liputan tersebut mencakup Jalan Sosrowijayan & Prawirotaman di Yogyakarta, Jalan Jaksa di Jakarta Pusat, Poppies Lane di Kuta Bali, dan Monkey Forest di Ubud Bali.


Sosrowijayan, Kampung Turis di Pusat Kota Yogyakarta.
Sumber: yogyes.com


Selain lima tempat tersebut, setelah saya googling lebih lanjut, ternyata ada banyak juga area backpacker yang tersebar di Indonesia, dan biasanya malah turis asing yang lebih tahu. Simak beberapa area backpacker di bawah ini yang mungkin patut Anda coba datangi:

(1) Yogyakarta - Jalan Sosrowijayan,
(2)
Yogyakarta - Jalan Prawirotaman,
(3)
Jakarta Pusat - Jalan Jaksa,
(4)
Kuta (Bali) - Poppies Lane,
(5)
Ubud (Bali) - Monkey Forest (Jalan Wanara Wara),
(6)
Semarang - Jalan Kauman,
(7)
Bromo - Cemoro Lawang, Sukapura/Tosari,
(8)
Danau Toba (Sumatera) - Tuk-Tuk.

Ada yang mau menambahkan?

Catatan Penulis:

Ngomong-ngomong, saya juga baru tahu tentang keberadaan sebagian tempat-tempat tersebut setelah melihat liputan MetroTV dan ber-googling ria tentang area backpacker mana saja di Indonesia yang paling sering muncul di mesin pencari. Nahhh... karena saya belum pernah menjelajah ke dalam semua beberapa lokasi di atas, jadi untuk informasi rincinya Anda bisa coba lihat bagian REFERENSI di bagian paling bawah artikel ini ya... Hehehe maap maap, lain kali kalau saya ke sana akan saya coba buat tulisannya deh. Oia, kalo mau bagi-bagi info tentang tempat-tempat di artikel ini, boleh lho...

+ + + + +

REFERENSI
- 5 Kampung Backpacker Terbaik di Indonesia
- Sosrowijayan, Kampung Turis di Pusat Kota Yogyakarta
- Prawirotaman, Kampung Batik dan Penginapan Yang Mendunia
- The history of world-famous Central Jakarta's Jl. Jaksa
- Accommodation on Poppies Lane I Kuta Bali
- Turis Asing Kembali ke Danau Toba
- The Rough Guide to Indonesia: Cemoro Lawang
- Wikitravel : Semarang Accomodation
- Bali, The Online Travel Guide: Ubud
Share the Travel Spirit!

2 komentar:

Puti mengatakan...

Aku pernah tuh nginep di salah satu tempat di atas, 45ribu berdua. Cuma yah namanya murmer. Tiap malam ada yang teriak-teriak mabok gethu. "You F***king A****e,F***k, F***k!" gethu tiap hari teriaknya. Agak horor sih.

Itu pas gue lagi di sana yah.

Haha gak bisa sunyi senyap. Tapi gakpapalah.. Itu pun pengalaman juga.. Hehe

Ajeng mengatakan...

Hahahaha pengalaman ya Put. :)) Emang ga bisa ngarep banyak klo bayarnya segitu yak. Biasalah, memang ada harga ada mutu, hehehe yang penting dibawa seru aja... :D

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan