• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Rabu, 05 Mei 2010

Home » , , , , , » Menyeberangi Canopy Bridge di Bukit Bangkirai, Kaltim

Menyeberangi Canopy Bridge di Bukit Bangkirai, Kaltim


Manusia boleh berencana, dan manusia juga yang mewujudkannya… ^^

Rencana beberapa bulan yang lalu akhirnya dapat terkabulkan tepat pada weekend kemarin (11/04/2010). Bersama 5 orang teman, dimulailah perjalanan kami menuju ke suatu lokasi yang tak jauh dari kota Balikpapan.

Bukit Bangkirai
, namanya.

Lokasi ini tergolong cukup dekat dengan kota Balikpapan. Kami berangkat dengan menyewa mobil menuju ke arah Samarinda. Pada KM 38, terlihat ada plang gede bertuliskan “Taman Hutan Raya Bukit Soeharto”, nah itu artinya sudah harus belok ke kiri.



Dari persimpangan jalan raya, masih diperlukan jarak tempuh sekitar 20 km untuk mencapai lokasi tujuan. Sebagian besar dari sisa perjalanan ini adalah jalanan yang hanya terbuat dari semen dan tanah. Diperlukan mobil berukuran tinggi (bukan sedan) yang bisa menaklukkan jalanan ini. Lama perjalanan dari pusat kota Balikpapan menuju lokasi ini adalah sekitar 2 jam.

Sebagai informasi, Bukit Bangkirai ini kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami.

Di kawasan ini terdapat Canopy Bridge (Jembatan Tajuk) sepanjang 64 meter yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 meter, dan telah menjadi salah satu pilihan pengunjung wisata Bangkirai, Kutai Kartanegara. Jembatan tajuk ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bukit_Bangkirai)



Lokasi yang merupakan hutan lindung ini masih bisa dinikmati, terutama oleh orang yang telah penat dengan polusi di kota-kota besar. Salah satu andalan dari lokasi ini adalah pemandangan pepohonan di sekeliling, kedamaian suasana, dan --tentunya-- Jembatan Tajuk.

Untuk mencapai jembatan ini, kami harus berjalan sekitar 300 meter dari pintu masuk utama. Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan ini sudah dilengkapi anak tangga yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Perjalanan 300 meter ini tidak akan terasa, sebab sepanjang perjalanan banyak sekali objek-objek yang bisa diambil fotonya. Untuk menaiki Jembatan Tajuk, turis lokal diharuskan membayar Rp 15.000/pax atau Rp 30.000/pax untuk turis asing.

Jembatan tajuk ini terletak +/- 30 meter di atas permukaan tanah. Butuh perhatian khusus bagi yang phobia ketinggian, namun sangat disayangkan jika sudah berada disini dan tidak menikmati indahnya hutan Kalimantan dari ketinggian. Di mana lagi bisa menikmati pemandangan seperti ini kalau bukan di Bukit Bangkirai, Kaltim? “he..he.. iklan DinBudPar”

Jembatan ini menghubungkan pohon-pohon Bangkirai dengan tali baja. Sepertinya cukup kuat untuk menahan berat badan orang dewasa normal. Di atas jembatan ini, kita bisa melihat pemandangan hutan lindung yang sangat asri, suara serangga yang saling bersahutan, desiran dedaunan yang tertiup angin, wangi khas hutan yang menunjukkan betapa hijaunya hutan ini.

Sungguh pemandangan yang mengasyikkan.

Persiapan yang Diperlukan:
Jas hujan (seandainya hujan), sepatu atau sandal gunung, air minum 600-1500ml, sun block, topi, snack.

Rincian Biaya:
- Sewa mobil Rp350.000 (tanpa BBM).
- Tiket masuk untuk orang dewasa Rp 2.000, anak-anak Rp 1.000.
- Tiket masuk sepeda motor tarifnya Rp 2.000, mobil sedan atau sejenis Rp 5.000, bus atau minibus Rp 10.000.
- Tiket Jembatan Tajuk harganya Rp 15.000 untuk turis domestik dan Rp 30.000 untuk turis mancanegara.
- Fasilitas penginapan (jika ada yang tertarik untuk menginap) berupa cottage dua kamar berkapasitas delapan orang harga Rp 450.000/malam dan satu kamar berkapasitas enam orang seharga Rp 350.000/ malam.
"Jangan ambil sesuatu kecuali gambar,
Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu,

Jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak…
"
- Quote : Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur
All photos (c) Effendy Siawira, 2010.


Profil Kontributor
Effendy Siawira, geoscientist di sebuah perusahaan. Memiliki hobby travelling, petualang mengunjungi tempat baru, dan mencoba hal-hal yang baru. Tipe manusia yang tidak suka terikat dan melakukan sesuatu semaunya (dengan catatan tidak merugikan org lain, syukur-syukur kalau orang itu bisa ikut senang ^^). Paling senang berburu tiket promo dan merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, walaupun pada akhirnya belum tentu tiketnya dipakai. Motto hidup: "tidak ada yang lebih penting selain membangun networking". Tulisan Effendy lainnya dapat dikunjungi di blog pribadinya: UNEQ – ONUQ by effendy siawira.

Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan