• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Sabtu, 05 Juni 2010

Home » » Free Seats! Tips Booking Tiket Promo 0 Rupiah AirAsia

Free Seats! Tips Booking Tiket Promo 0 Rupiah AirAsia

Posting tamu oleh : Dibya Kusyala



FREE SEATS adalah promo yang ditunggu-tunggu oleh pelanggan AirAsia, untuk bisa berjalan-jalan dengan biaya yang sangat terjangkau. You know lah... Harga tiket pesawat adalah salah satu elemen pembiayaan yang signifikan, ketika kita merencanakan sebuah perjalanan. Apalagi ke mancanegara.

Dalam setahun kalo tidak salah ada 2 periode untuk promo kursi gratis ini. Sekitar tengah tahun untuk penerbangan semester awal tahun berikutnya, dan akhir tahun untuk pertengahan sisanya. Promo ini menandai tanggal-tanggal penerbangan baru yang siap ditawarkan. Waktu promo berlangsung (biasanya dalam 5 hari) terdapat 1 juta tiket dengan management fee, biaya bahan bakar, dan harga tiket gratis alias 0 (zero).

Supaya sukses memburu tiket gratis, sebelumnya perlu dipahami tentang elemen penyusun tiket penerbangan. Sehingga kita tahu dan tidak kaget bahwa tiket yang kita book kadang tidak benar-benar ‘free’. Apabila kita tidak awas, elemen tersebut akan tetap aktif dan buntutnya akan kita bayar juga. Padahal mungkin tidak perlu dan sebenernya masih bisa di-’cancel’.

Jadi kesimpulannya, tujuan utama kita dalam hunting tiket murah adalah membayar hanya untuk jasa/layanan yang kita perlukan saja. Sehingga total biaya tiket menjadi maksimal (murahnya).

Biaya-Biaya Wajib
Elemen wajib ada 2, yaitu: (1) Pajak bandara dan (2) Biaya pengurusan pembayaran melalui internet yang kemudian disebut 'Convenience Fee'. Convenience fee ini baru berlaku bila kita menggunakan kartu kredit, tapi kalau kita menggunakan kartu debet, convenience fee ini selalu gratis).

Biasanya untuk bandara di luar Indonesia, pembayaran tiket sudah mencakup pajak bandara yang biayanya telah dicantumkan ketika booking tiket yang dibayar online dengan kartu kredit. Sedangkan untuk bandara-bandara di Indonesia, pajak bandara harus kita bayarkan on the spot di terminal keberangkatan setelah check in untuk terbang.

Jadi jangan lupa kalau mau terbang, siapkan uang tunai. Pajak penerbangan domestik sekitar Rp30.000,-. Bandung kalo tidak salah paling murah dengan harga pajak Rp75.000,-, Medan Rp100.000,-, dan yang termahal bandara-bandara int’l seperti Cengkareng, Juanda dan Ngurah Rai sebesar Rp150.000,-. Sedangkan pajak bandara untuk penerbangan internasional beragam.

Untuk Warga Negara Indonesia, jangan lupa juga membawa NPWP atau Surat Keterangan Tertanggung Pajak dengan pelengkap Kartu Keluarga, karena bila anda tak mendapat stempel bebas fiskal, uang 2,5 juta Anda akan melayang. Duit segitu mending buat sumbangan bagi yang perlu. :D

Biaya-Biaya Opsional
Elemen lainnya gw istilahkan sebagai biaya-biaya opsional. Yang bisa kita pilih terkait dengan jasa yang ditawarkan dan yang kita perlukan. Termasuk dalam biaya ini antara lain bagasi, asuransi keselamatan, pemilihan kursi, dan penjemputan dari bandara ke hotel/lokasi tertentu di wilayah tujuan.

Free offering (kiri) dari jadwal yang tersedia, dan pembayaran final (kanan), yang tidak free juga, tapi sudah merupakan penawaran termurah.

Biaya opsional seperti disebutkan sebelumnya, antara lain :
  1. Bagasi. untuk 15 kg pertama biayanya 20RM/setara Rp60.000,-
    Pilihannya beragam, ini bisa dilihat dan dipilih pada tahapan booking. Terdapat opsi yang benar-benar free alias tidak bayar dengan memilih ‘no bag checked’. Maksudnya, tidak ada barang yang masuk bagasi, tapi kita masih dibolehkan memasukkan 1 handbag berukuran sedang dengan berat tidak melebihi 7 kg ke dalam kabin/badan pesawat. Pengetatan bagasi dah mulai awal 2010 untuk penerbangan AirAsia. Bila kelebihan, setiap kilonya didenda Rp45.000,- di Indonesia, atau 20RM di Malaysia. Tinggal dikalikan saja, dijamin manyun. ):

  2. Asuransi keselamatan. Besarnya 18RM atau sekitar Rp60.000,-
    Tidak wajib, kita boleh melakukan penggagalan dengan menekan tombol cancel di kolom uraian tarif di sebelah kanan halaman booking.

  3. Pemilihan kursi, ada 2 jenis pemilihan kursi, hot-seats & ordinary-seats.
    Hot-seats adalah kursi di depan dan tengah yang dekat dengan pintu keluar darurat, dihargai senilai 25RM atau Rp75.000,-. Sedangkan ordinary-seats (kursi selain hotseats), dihargai senilai 5RM atau Rp15.000,-. Cancel pada pilihan ini akan ditempatkan dimana saja pada saat check in. Dan kita tak dikenakan biaya apa pun.

  4. Penjemputan (shuttle bus/van, sky-bus dll). Fasilitas ini akan mengantarkan kita pada saat datang di tempat tujuan. Jasa ini boleh untuk tidak kita pilih. Kalau pengalaman gw, cukup browsing atau membaca wikitravel dan blog-blog jalan-jalan lainnya, pilihannya lebih beragam dan seringkali jatuhnya lebih hemat.
Pilihan-pilihan tersebut di atas dapat kita pertimbangkan guna mendapatkan tawaran terhemat dan sesuai dengan keinginan kita. Sebelum period promo Freeseats sebaiknya pengisian ini kita latih sehingga familiar dan cepat. Mengingat saat promo lalulintas informasi di web AirAsia.com cukup padat merayap, kecepatan mengisi ini menjadi skill yang berguna. Practices make perfect! :D

Freeseats kali ini gw mencetak hattrick dengan mendapatkan 6 ticket return secara gratis. Paling hanya membayar pajak bandara dan convenience fee saja.

Tipsnya :
  1. Lakukan perburuan malam hari sekitar midnight di Malaysia dan Singapore, karena basis web AirAsia disana, ini bila koneksi internetnya lambat. Tapi untuk koneksi yang cepet kapan aja juga seringnya sukses.

  2. Hindari pemesanan weekend atau liburan karena jumlah freeseat-nya sedikit. Biasanya yang sukses dapat kursi ini yang berburu di awal-awal masa promo. Penerbangan midweek peluang dapatnya lebih besar yaitu Selasa-Rabu. Fokus pada akhir-akhir periode terbang yang ditawarkan, freeseats ditawarkan lebih banyak.

  3. Cari tujuan-tujuan yang kurang lazim, karena tujuan yang favorit sudah diincar oleh pemburu profesional, sekalian berpetualang. Rute Kuala Lumpur-Surabaya lebih banyak ditawarkan untuk promo dibanding Kuala Lumpur-Bandung atau Kuala Lumpur- Jakarta misalnya, meski jumlah penerbangan ke 2 rute ini jauh lebih banyak.

  4. Gunakan koneksi internet yang kuat, misalnya wi-fi kantor dicurigai lebih mantap dibanding modem-broadband. Dan kalau sudah masuk ke halaman booking jangan ditutup/close. Tapi maintain dan ubah-ubah isiannya saja. Misalnya dengan mengganti isian tanggal atau destinasinya saja. Dan perbarui penawaran AirAsia klik ‘update’, kalau ditutup dia akan kembali dari awal lagi dan mengantri lama dengan pemburu lainnya.

  5. Jangan melakukan multitasking entry for hunting, 1 hunt 1 moment, dan perlu bersabar. Eksekusi 1 proses agak lebih lambat jadi sambil melatih kesabaran.

  6. Buzz, buzz, buzz... Traffic may be a little busy in the moment...
    Perhatikan koneksi internet anda, lemot/tidak juga waktu perburuan peak-hour/tidak.

  7. Jangan cepat menyerah meski ada tulisan buzz.. buzz.. Refresh ketiga/keempat kadang baru mulai sukses.

  8. FYI, favourite destinations seperti HK, Bali biasanya ditawarkan bukan 0 tapi masih ada harga. Tapi dibanding harga normal masih dijamin lebih miring, itu sudah lumayan banget. Harganya setara dengan 'harga setara bus malam', contohnya KL-Bali Rp150.000,- atau KL-HK Rp300.000,-.

  9. Agar tidak ketinggalan, sebaiknya sign up untuk buletin Reda!ert eNewsletter yang disediakan pihak AirAsia, siapkan nomor kartu kredit yang siap pakai punya sendiri atau saudara, dan paspor bagi yang belum memilikinya.
g o o d l u c k !

PS. Artikel ini ditulis secara objektif tanpa adanya keterlibatan dan kerjasama terkait dengan pihak maskapai penerbangan AirAsia.


Profil Kontributor
Dibya, teman saya, adalah pecinta jalan-jalan yang kini bekerja sebagai lecturer di Kuantan, Malaysia. Profesi ini secara tidak langsung memberikannya banyak waktu untuk berjalan-jalan. Untuk tahun depan, ia sudah menjadwalkan hari-harinya untuk agenda jalan-jalan sepanjang tahun (dengan berburu tiket pesawat promo murmer). Tulisan-tulisan Dibya lainnya dapat diikuti di Dibya Kusyala's Notes.

Share the Travel Spirit!

4 komentar:

merry go round mengatakan...

Pas free seats kemaren dapet PP bangkok jakarta 400rb doang. Kata temen2 sih wajar, Bangkok kan lagi kacau gitu. Akhirnya ngga jadi beli krn tmn2 masih takut sama situasi bangkok.

Total biaya yg keluar untuk free seatnya kena brp?

dibja k mengatakan...

kalo dari jkt 225rb untuk pajak bandara swarnabumi, kalo plus dengan bagasi sekali bagasi 60rb kalo 2 kali 120rb, dengan convenience fee 30b paling murah saat freeseat 255rb kalo tanpa bagasi, dengan bagasi 375rb,
seperti contoh pada gambar kedua kena 130ringgit atau sekitar 390 karena berangkat dari lcct kuala lumpur,
note 255rb atau 375rb di atas jangan lupa masih akan ditarik lagi pajak bandara sukarno hatta, 150rb, :D

Call me Batz mengatakan...

salam kenal..
tahun lalu aq dapat tiket pp medan-jakarta cuma 198 rb.. he he..thx air asia..liburan jadi semakin ekonomis..

Anonim mengatakan...

saya pria tanggal 11 maret 2011 dari jakarta mau ke bangkok sendirian dan gak ada temen,barangkali ada yang mau bareng atau kebetulan bareng bisa kenalan dengan saya di edoedwar@yahoo.com

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan