• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 28 Juni 2010

Home » , , » Review Akomodasi : Kuala Lumpur, Malaysia

Review Akomodasi : Kuala Lumpur, Malaysia

Posting tamu oleh : Dibya Kusyala

Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat setelah Singapore dari Jakarta. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp.100rb-an semalam per orang. Jumlahnya bahkan mencapai puluhan.

Jangan dibayangkan penginapan-penginapan tersebut jauh di tepi kota dengan ruangan yang remang-remang. Penginapan murah tersebut termasuk cukup layak dan berlokasi di tengah kota dengan interior pernak-pernik khas Ikea. Desain menarik dengan luasan cukup, sesuai untuk tidur dengan nyaman selepas jalan-jalan di KL. Ini pun juga dilengkapi dengan hot shower, Air-Conditioning, luggage-deposit dan locker sebagai fasilitas standard penginapan, beberapa mendapat free breakfast kopi-teh-toast, dan beberapa menyediakan peralatan mandi-handuk-selimut gratis. Hemat bukan?

Ada dua kelas akomodasi murah, Hotel atau Hostel. Salah satu hotel yang terbilang murah dan pernah saya coba adalah Tune Hotels, sedangkan untuk hostel saya merekomendasikan 3 buah tempat. Simak review sepenuhnya pada tulisan ini.

HOTEL: Tune Hotels
Ini hotel satu jaringan dengan AirAsia. Apabila ada yang terlihat berkedip di halaman "home", biasanya itu adalah promo atau info terbaru. Biasanya promo ditawarkan jauh-jauh hari, sekitar setengah tahun atau setahun sebelumnya. Mirip early bird flight untuk tiket pesawat. Untuk booking diperlukan kartu kredit dengan sistem pembayaran penuh. Untuk dapatkan info terbaru, bisa coba untuk berlangganan newsletter di website itu melalui email.

Tapi apabila sedang tidak ada promo, harga Tune Hotels mirip hotel biasa. Apalagi kalau kita check-in mendadak, harganya pada kitaran 90-an Ringgit atau sekitar Rp.250rb. Jadi sangat dianjurkan untuk tetap waspada dengan newsletter, hehe...

Jenis Kamar dan Biaya Permalam
Jenis kamar yang ditawarkan ada tiga: Single (1-single), Double (1-queen size, untuk berdua) dan Twin (2-single). Harga yang ditawarkan tergantung waktu saat kita booking. Saat promo early book (biasanya ditawarkan semingguan untuk 1 tahun berikutnya), bisa gratis atau harga murmer sekitar 1-2 ringgit (Rp 3-6 ribu) saja. Mirip promo freeseat di AirAsia.com.

Sumber: http://www.tunehotels.com/our-hotels/downtown-kl

Biaya ini belum termasuk management fee yang selalunya sekitar 10 ringgit atau Rp. 30rb. Harga Tune Hotels ini terhitung untuk 1 bilik dan dapat diisi lebih dari 1 orang. Bahkan salah 1 flyer promo Tune Hotels sendiri menyebutkan 1 bilik Double bisa dihuni oleh keluarga kecil dengan 2 orang dewasa dengan 2 anak kecil. Jumlah pembayaran via online tergantung pada layanan apa saja yang ingin kita gunakan.

Berbeda dengan hotel konvensional yang menawarkan fasilitas-fasilitas dalam satu paket, Tune Hotels menguraikan layanan per item (istilah yang digunakan adalah "bayar tambah"/add-on facilities, kalau kita perlukan kita bayar, kalo ngga, ya ngga perlu bayar), contohnya: Air Conditioning, handuk dan alat mandi, hairdryer, TV, wi-fi. Setiap item ini memiliki jumlah tertentu yang nanti akan ditotal di akhir sesaat sebelum bayar. Layanan standard yang masuk dalam sewa kamar tanpa kita order antara lain listrik, hot shower, dan fan (kipas angin). Sedang internet gratis per 30 menit tersedia di Lobby-Ground Floor.

Lokasi
Tune Hotels di KL ada dua tempat, di Downtown KL dan Kota Damansara:
(1) Tune Hotels Downtown KL berjarak 100m ke monorail Medan Tuanku, yang sekali jalan ke arah KL Tower, Bukit Bintang atau KL Sentral. Tapi untuk tujuan lainnya seperti KLCC (Petronas Twin Tower), Pasar Seni, dll perlu naik LRT yang terkoneksi dengan stasiun-stasiun monorail.
(2) Tune Hotels Kota Damansara berdekatan dengan Sunway Lagoon dan Shopping Kompleks Bandar Utama Damansara (The Curve, IKEA, Ikano Centre). Menuju tujuan-tujuan tersebut maksimum 15 menit dengan biaya taksi berkisar 5 Ringgit atau Rp.15rb. Keduanya memiliki minimarket Seven-Eleven di Ground Floor-nya. Yang di downtown KL terdapat warung Kopitiam dan warung ‘Subway’ yang menjual paket breakfast-lunch-dinner. Untuk early book sangat direkomendasikan. Excellent value of money.

HOSTEL
Hostel mungkin belum terlalu familiar untuk kita. Tapi tipologi ini sudah umum bagi traveler dari negara-negara lain, terutama anak-anak muda untuk berkeliling dunia yang bepergian berkelompok dengan biaya seminim mungkin. Pilihannya ada dua: Private dan Dorm (asrama). Variasi dorm beragam berdasarkan pengisi: laki-laki (male) / perempuan (female) / bercampur (mixed) dan penawaran kapasitas perbiliknya beragam antara hostel yang satu dengan lainnya, tergantung lahan dan bangunan yang mereka miliki.

Cukup banyak website untuk pemesanan hostel kalau kita klik "book hostel" di Google. Namun biasanya saya book di hostelworld.com, yang masih menggunakan kartu kredit juga. Pembayaran sebesar 10% harga bed plus jasa 1US$ sekali pesan. Sedang pelunasan sisanya (90%) dilakukan saat check-in di hostel yang bersangkutan.

Dari puluhan hostel yang ada, bed pada harga kisaran Rp.100rb per orang, saya merekomendasikan 3 tempat :

(1) BackHome Kuala Lumpur, Masjid Jamek
30, Jalan Tun H.S. Lee, 50000, Kuala Lumpur

Hostel ini adalah hostel favorit karena desainnya sangat menarik, walaupun kita tinggal bersama orang lain dalam 1 kamar tapi susunan tempat tidurnya membuat kita seperti memiliki teritori sendiri.

BackHome ini pernah dinobatkan sebagai Best Hostel in Asia 2009 versi hostelworld.com. Lokasinya dekat dengan Stasiun Kereta Masjid Jamek yang bisa menghubungkan ke LRT KelanaJaya-Putera, dan LRT aliran Sri Petaling dan Ampang. Ketiga aliran LRT ini merupakan tulang punggung transportasi kereta api di Kuala Lumpur.

Desain bangunan dan interior minimalis modern dengan ruang bersama yang nyaman. Disediakan breakfast berupa buah-toast serta kopi-teh yang bebas untuk diisi ulang. Di samping hostel ini pula terdapat restoran Taste of Asia yang kadang suka membagikan makan gratis ke penghuni hostel. Terdapat internet corner dengan harga 1 ringgit per 15 menit. Untuk handuk dan selimut ada sewa terpisah seharga 5 Ringgit atau Rp.15ribu per item. Kamar mandi sharing dengan jumlah cukup banyak.

Sumber: backhome.com.my

156 & 206, 1st Floor Jalan Tun H.S. Lee, 50000, Kuala Lumpur

Lokasi dua guesthouse ini di Chinatown yang sebenarnya masih berjarak jalan kaki dari Masjid Jamek. Sangat dekat dengan stasiun LRT Pasar Seni, yang di sampingnya ada Stasiun Bus Klang dan Medan Pasar. Dari dua stasiun bus inilah hampir semua bus berpangkal dan menyebar ke seluruh bagian Kuala Lumpur, bisa ke Batu Caves, Damansara, University Islam Antarabangsa, dll.

Reggae House ini memiliki dua lokasi pada dua sisi ujung Jalan Tun HS Lee. Reggae 1 berbatasan dengan Reggae Bar, sedangkan Reggae 2 berbatasan dengan Seven Eleven ujung satu lagi. Internet gratis di area lobby. Suasananya mirip di rumah sendiri.

Kelebihan hostel ini sangat bersih juga dekat dengan dua titik simpul transportasi (train-bus), tiap malam di jalan yang paralel dengan Tun Lee, terdapat jalan Petaling, tempat berkumpulnya Pedagang Kaki Lima KL.

Sumber: reggaehostelsmalaysia.com

(3) Travel Hub Guesthouse, Balai Polis
First Floor, 15 Jalan Balai Polis, Off Jalan Petaling, 50000 Kuala Lumpur
*Review oleh The Backpacker's Notes

Travel Hub Guesthouse berlokasi di area yang strategis, hanya sekitar 5-10 menit jalan kaki dengan China Town, Central Market, dan Sri Mahamariamman Temple.

Dilengkapi dengan fasilitas Common Room yang luas dan nyaman dengan free Wi-Fi. Pemiliknya baik banget! Karena saya tiba di guesthouse ini tengah malam (mereka menyediakan fasilitas 24hrs reception), ia dengan senang hati mengijinkan saya dan 3 orang teman untuk numpang tidur-tiduran di common room sambil menunggu waktu check-in.

Rate menginap di guesthouse ini cukup murah untuk backpacker, berkisar dari Rp60ribuan hingga 200ribuan permalam. Saat saya ke sini, kami berempat sebenarnya menyewa yang tipe dorm dengan 8 tempat tidur, tapi ternyata hanya kami berempat yang menyewa untuk hari itu. Lumayan, jadi serasa punya kamar privat berukuran besar, hehe..

Update terbaru, ternyata Travel Hub Guesthouse sempat mendapat penghargaan Winner Of The Best Value Award For October 2012 dari HostelBookers.com. Keren juga.

Sumber: travelhubmy.com

Cari penginapan di Kuala Lumpur
Belum menemukan penginapan yang sesuai? Coba cari, simak review para traveler, dan kemudian booking akomodasi Kuala Lumpur lainnya di hotelscombined.com.


Profil Kontributor
Dibya, teman saya, adalah pecinta jalan-jalan yang kini bekerja sebagai lecturer di Kuantan, Malaysia. Profesi ini secara tidak langsung memberikannya banyak waktu untuk berjalan-jalan. Untuk tahun depan, ia sudah menjadwalkan hari-harinya untuk agenda jalan-jalan sepanjang tahun (dengan berburu tiket pesawat promo murmer). Tulisan-tulisan Dibya lainnya dapat diikuti di Dibya Kusyala's Notes.


---

Catatan: Beberapa tautan dalam artikel di atas merupakan tautan afiliasi. Ini berarti apabila Anda mengklik pada tautan dan melakukan proses booking, TBN akan menerima komisi afiliasi. Terlepas dari itu, penulis hanya merekomendasikan produk atau layanan yang penulis gunakan secara pribadi dan penulis percaya berguna bagi para pembaca.
Share the Travel Spirit!

5 komentar:

Call me Batz mengatakan...

wah nice info..kebetulan bulan depan aq akan ke KL liburan.. he he he

The Backpacker's Notes mengatakan...

@Call Me Batz: Bageuuuss! Have a safe & fun journey then! :D

Yudie Blog's mengatakan...

wahaha, asik, bisa belajar jadi backpacker sejati nih,
nice info, keep post..

mampir, salam

nanda mengatakan...

kalau hostel Red-Palm bagus ngga ya, dibanding dengan Raggae??
thanks

Chandra mengatakan...

Pak Sy mau tanya,sy akan ke KL.Dari Jkt Pk *.30 mlm,Sampai di Kl pk 11.30 waktu setempat.Besoknya sy mau berangkat lagi pd pk 8.30.pagi.mana lebih baik,sy tidur di bandara ( bw anak usia 12 tahun ) atau di hostel dkt KL central? karena sy tiba sdh tengah malam sih? mohon sarannya.Tks.Chandra

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan