• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Selasa, 19 Oktober 2010

Home » » 10 Pasar yang Patut Dikunjungi di Dunia

10 Pasar yang Patut Dikunjungi di Dunia

Saya suka sekali pasar, terutama pasar tradisional.

Setiap jalan-jalan ke tempat baru, salah satu tujuan utama saya adalah mengunjungi pasar lokalnya. Saya suka mengamati keramaian dan berbagai macam aktivitas yang terjadi di dalam pasar. Menurut saya, pasar adalah salah satu tempat di mana segala keunikan lokal berkumpul. Dan tidak melupakan satu hal juga, bahwa di pasar kita dapat berbelanja oleh-oleh secara murah meriah, ya toh? :)

Pasar-pasar di bawah ini merupakan pasar lokal yang patut menjadi destinasi wisata Anda berikutnya:

(1) Grand Bazaar, Istanbul, Turki


Grand Bazaar |
photo by varunshiv

Grand Bazaar yang berada di Istanbul, Turki, ini diklaim sebagai pasar tertutup yang tertua dan terbesar di dunia dengan detil arsitektural yang indah dan unik. Pasar ini terdiri dari lebih 58 jalan yang tertutup atap dan lebih dari 1.200 toko-toko yang menarik dengan tingkat kunjungan antara 250.000 dan 400.000 pengunjung perharinya. Pertama kali dibuka pada tahun 1461, pasar ini terkenal dengan perhiasan, tembikar, rempah-rempah, dan karpetnya.

(2) Dili Haat, Delhi, India


Dilli Haat |
photo by siresim

Dili Haat adalah kombinasi tempat makan dan pasar kerajinan yang terletak di jantung kota Delhi. Dili Haat memiliki kios makanan yang mewakili setiap negara bagian di India, menawarkan berbagai selera kuliner India yang lengkap.

(3) Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City, Vietnam


Ben Thanh Market |
photo by Herajeng Gustiayu

Ben Thanh Market adalah sebuah pasar besar yang terletak di pusat kota Ho Chi Minh City (Saigon), Vietnam, di Dictrict 1. Pasar ini adalah salah satu struktur awal yang masih bertahan di Saigon dan dianggap sebagai salah satu simbol kota Ho Chi Minh City. Barang yang umum dicari di pasar ini adalah kerajinan lokal, tekstil, áo dài (baju tradisional Vietnam), dan souvenir, serta masakan lokal.

(4) Chatuchak Weekend Market, Bangkok, Thailand


Chatuchak Weekend Market | photo by antwerpenR


Chatuchak Weekend Market yang dikenal dengan sebutan J.J adalah pasar terbesar di Thailand. Berisi lebih dari 5.000 kios yang menjual berbagai macam barang, namun seperti namanya, kebanyakan kios di pasar ini hanya dibuka saat hari Sabtu dan Minggu.

(5) Izmailovsky Souvenir Market, Moscow, Russia


Izmailovsky Souvenir Market |
photo by DrBacchus

Izmailovsky Souvenir Market ini wajib dikunjungi apabila Anda sedang bertandang ke Moskow, Russia. Di sini Anda akan menemukan berbagai souvenir khas Russia yang unik. Dipagari oleh benteng kayu buatan, pasar yang begitu hidup dan ramai ini buka seharian penuh pada akhir pekan, tidak lupa disediakan banyak tempat untuk beristirahat apabila Anda sudah mulai merasa capai berkeliling.

(6) Temple Street Market, Hong Kong, China


Temple Street Market |
photo by S Baker

Temple Street Market adalah pasar yang berada di sepanjang jalan yang terletak di jalan Jordan dan Yau Ma Tei di Kowloon, Hong Kong. Terkenal juga sebagai Men's Street karena kebanyakan barang yang dijual adalah barang kebutuhan pria. Pasar ini dibuka pada pukul 2 siang, lalu lintas ditutup pada jam tersebut dan pengunjung akan mulai berdatangan. Pasar menjadi lebih ramai dan hidup saat hari menjelang malam ke subuh.

(7) Faneuil Hall Marketplace, Boston, Amerika Serikat


Faneuil Hall Marketplace |
photo by BostonPhotoSphere

Faneuil Hall Marketplace adalah sekumpulan bangunan bersejarah (Faneuil Hall, Quincy Market, North Market, dan South Market) yang berlokasi pada satu tempat dan kini berfungsi sebagai pasar festival. Pasar ini mengelilingi promenade di mana para street entertainer seperti juggler, pesulap, dan pemusik menghibur para pengunjung yang datang.

(8) Covent Garden Market, London, Inggris


Covent Garden Market |
photo by Thomas Euler

Covent Garden yang terletak di kota London, Inggris, merupakan area wisata yang terkenal oleh keberagaman aktivitas perdagangannya. Covent Garden sendiri adalah sebuah piazza bergaya Italia yang dikemas dengan berbagai restoran, bar, dan butik-butik ternama. Pada piazza terbuka ini, seringkali diadakan pertunjukan juggler, pantomim, berbagai variasi pertunjukan drama serta musik menghidupkan dan mengagumkan para penontonnya. Restoran, kafe, dan bar di sekeliling piazza ini menawarkan pemandangan menarik pada kesehariannya.

(9) Queen Victoria Market, Melbourne, Australia


Crowds in the Deli Hall - Queen Victoria Market |
photo by avlxyz

Queen Victoria Market di Melbourne, Australia, merupakan pasar terbuka yang digunakan bukan hanya digunakan sebagai tempat berbelanja, namun juga sebagai objek wisata yang menarik bagi penduduk lokal Australia dan turis-turis mancanegara. Denah pasar ini dibagi menjadi beberapa area sesuai dengan jenis produk yang dijual: "the Deli Hall", "Elizabeth Street Shops", "Fished Laneway", "Vic Market Place Food Court", "Fruit and Vegetables", "the Meat Hall", "Organics", "General Merchandise", "Victoria Street Shops", dan "the Wine Market".

(10)
Le Puces, Saint Ouen (Paris), Perancis


Les Puces |
photo by Trends Magazine Paris

Les Puces atau dalam arti harfiahnya, "the fleas" (Flea Market atau Pasar Loak) yang berlokasi di Saint Ouen, Paris, adalah salah satu pasar loak terbesar di Eropa yang memiliki lebih dari 2.000 toko yang menjual barang apa pun yang dapat Anda pikirkan. If you can imagine it, it's probably on sale here—somewhere!

+ + + + +

Tambahan Referensi (Pasar Sebagai Destinasi Wisata)
- Woman's Day: Flea Markets from Around the World
- National Geographic Traveler: Top 10 Shopping Streets
Share the Travel Spirit!

7 komentar:

ReBorn mengatakan...

haduh, pengen deh keliling-keliling gitu...

Dwi Putri Ratnasari mengatakan...

ya ampuuun... sama, mbaaak...
aku juga pecinta pasar hehee...
aku pernah nulis obsesi ke marrakesh cuman pengen ke pasarnya aja hahahaa...
http://bacasayasaja.blogspot.com/2010/06/place-i-wanna-go-part-one.html

Herajeng Gustiayu mengatakan...

*Toss* Wah pasarnya keren Put! Baru tau ada pasar itu di Marrakesh, berhubung aku ngga pernah ngikutin Sex & the City, hehehe...

Lily Riani mengatakan...

i have been to 6 of them... the paris one looks familiar. but i cant remember the name to the one i have been.

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@ReBorn: :)
@Lily Riani: Wow, awesome! Then I hope you can share your photos/stories with us! Feel free to contribute some stories here. :)

belajar forex mengatakan...

Pasar Tradisional disana ko bersih ya?

agritacahyani mengatakan...

pengen ke chatuchak deh. murah2 banget yah harganya?

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan