• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Selasa, 19 April 2011

Home » , , , , , » 12 Tips Bagi yang Ingin Bepergian ke China

12 Tips Bagi yang Ingin Bepergian ke China

Posting tamu oleh: Winarni

Akhirnya alhamdulillah kesampaian juga ke China. 8,5 hari di Tianjin, Beijing, Guangzhou, dan Guilin. Total 10 hari plus Kuala Lumpur.

Kalo keadaan keuangan pas-pasan, ngga perlu ke Korea, ngga perlu ke Jepang, udaaaah ke China aja. China adalah pusat peradaban di Asia Timur selama beribu-ribu tahun. Di Asia Timur, ngga bakal ada bangunan buatan manusia yang mengalahkan The Great Wall & Forbidden City, baik dari segi ukuran, histori maupun arsitekturnya.


Beberapa foto penulis saat di China.
Foto (c) Winarni, 2011.

Untuk yang ingin bepergian ke China, ini ada beberapa pengalaman penting dan berharga yang mungkin bisa dijadikan pegangan:

1. Bikin visa China: Gampang banget, 4 hari beres. Single entry harganya Rp. 540.000. Bikin di Chinese Visa Application Center di Kuningan. Cuman butuh isi formulir, bawa foto 4x6 berlatar putih berwarna 1 buah, dan pasport yang masih berlaku. Ngga perlu pake fotokopi rekening tabungan, fotokopi tiket pesawat, dan tektek bengek lainnya.

2. Mata uang yang harus disiapkan selama di China: sulit sekali mencari penukaran uang di China, bahkan di kota besar ketiga seperti Guangzhou. Tempat penukaran uang tidak menyebar dan menjamur seperti di Hong Kong ataupun Singapura. USD di China tidak laku! Yang bisa menukar uang hanya di Bank of China Head Office di kota tersebut. Bukan cabang, dan rate-nya jatuh. Tidak ada tempat atau orang yang mau menerima USD (mungkin dilarang oleh pemerintah).

3. Waktu terbaik mengunjungi China (dalam hal ini: BEIJING): adalah pada saat SPRING yaitu sekitar bulan April-Mei dan pada saat FALL yaitu bulan September-Oktober dimana udaranya terasa sejukkk. Kalau di China Selatan, udaranya sudah agak hangat sejak bulan Maret. Pergi di kala musim dingin (winter) harga tiketnya sangat murah, namun pertimbangkan iklim yang sangat dingin. Pergi di bulan Oktober adalah saat yang paling enak, namun harga tiketnya juga adalah yang paling mahal karena semua orang berlomba pergi ke China ;)

4. Rute yang sebaiknya diambil: Kota terbesar pertama di China adalah Shanghai (pusat bisnis & industri), sementara kota terbesar kedua adalah Beijing (ibu kota). Kalau ingin terbang murah dengan Air Asia ke Beijing, ambil rute KL-Tianjin, lalu dari Tianjin lanjut ke Beijing pakai bullet train (350 km/jam lho kecepatannya) dengan harga tiket sekitar Rp. 75.000 rupiah saja. Kalo ingin ke Shanghai dengan Air Asia, terbanglah dengan rute KL-Hangzhou, lalu dari Hangzhou melanjutkan dengan Maglev Train (semacam bullet train juga) yang harganya ngga terlalu mahal. Sementara untuk destinasi China Selatan, banyak direct flight dari KL ke kota-kota seperti Chengdu, Guangzhou, Guilin, dll.

5. Pelajari sistem Subway: ini jika kamu berminat pergi ke Shanghai, Beijing dan Guangzhou. Di tiga kota tersebut, cara termurah untuk mengelilingi kota adalah dengan subway (kereta bawah tanah). Siapkanlah peta subway di internet, supaya tidak kelabakan ketika sudah sampai di China. Harga tiket subway untuk one-way journey di Beijing murah banget! Cuma 2 Yuan, atau sekitar Rp. 2.600 dan bisa dipakai dari ujung kota ke ujung kota lainnya (pokoknya sekali jalan). Oia, jangan takut naik taksi di China karena harganya amat murah. Asal jangan naik taksi gelap yang tidak ber-argo. Pastikan saja argonya jalan, sehingga kamu tidak ditipu.

6. Belajarlah bahasa Mandarin sedikit: kalau tidak ada waktu, minimal siapkan kosakata-kosakata penting seperti: bandara, stasiun subway, stasiun kereta api, terminal bus, bus, nama & alamat hotel, nama-nama kota yang akan dituju, tempat-tempat wisata, dll. Siapkan dalam tulisan Mandarin yah, dalam bentuk kanji. Jadi kalau sampai perlu berbahasa tarzan ke sopir taksi/orang di pinggir jalan, tinggal tunjuk aja kosakata/kalimat tersebut. Berharap saja supir taksinya ngga buta huruf, hahaha.

7. Transportasi darat jarak jauh di China: Kalau kamu berniat berpindah dari satu kota ke kota lainnya di China dengan melalui perjalanan darat (seperti saya), ada 3 alternatif kendaraan yang bisa dipakai: kereta api cepat (high-speed train/bullet train), kereta api biasa (regular train), dan bis. Tahun 2014 China akan membangun integrated-high-speed railway station yang akan menghubungkan seluruh benua China sampai ke Lasha (Tibet) dan Vietnam. High-speed train (bullet train) bisa dipilih untuk menghemat waktu, namun harganya lebih mahal dibanding kereta api biasa. Bis di China sangat modern, nyaman, dan besaaarrr. Ngga ada deh bis komersial sekeren itu di Indonesia. Harga tiket bis hampir 2x harga tiket kereta api biasa, dan waktu yang ditempuh lebih singkat dari kereta api reguler. Bis dapat dijadikan pilihan, termasuk sleeper bus (bis dengan kasur untuk tidur) untuk perjalanan jarak jauh antar kota.

8. Hati-hati dengan penipu di China: orang China selain cerdas dan pintar dan jenius, ada juga oknum-oknumnya yang super licik dan sering memangsa para wisatawan. Jika bertransaksi terutama dengan sopir taksi yang tidak memakai argo, lebih baik bertanya dengan sangat teliti dan dengan pertanyaan yang berulang. Jika bepergian lebih dari 2-4 orang dengan memakai taksi tanpa argo, pastikan bahwa harga yang diajukan si sopir adalah harga TOTAL, bukan harga perorangan (EACH PERSON). Kejadian menyesakkan mengenai penipuan ini menimpa saya & teman-teman seperjalanan saja di China kemarin. "Ditipu oleh nenek moyang", kata teman saya yang keturunan Tionghoa.

9. Siapkan segala informasi tentang tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi secara mendetail: termasuk cara menuju ke sana, harga tiket masuk, jam beroperasi, dll. Hal ini mencegah penipuan, dan juga mencegah kejadian jauh-jauh dateng tapi ternyata tempatnya udah tutup.

10. Facebook & Youtube: di China DILARANG! Mau menggunakan ninjaproxy atau apapun itu tetap tidak bisa. Bahkan hingga saya dibantu oleh cowok Jerman pintar di samping saya pun, tetap gak bisa. Si cowok Jerman sampe mengeluarkan semua 'jurus-jurus' yang dia punya sampe akhirnya dia bilang 'it's sucks' booo... Siap-siap ngga bisa facebook-an dan youtube-an selama di China. PS. Twitter saya ngga ngecek, soalnya ngga punya account twitter :)

11. Buat yang senang foto-foto: Believe me, akan banyak objek yang bisa difoto, terutama di Beijing (the Great Wall, Forbiden City, Ming Tombs, Olympic arena, Summer Palace, Hutong Area, dll). So, siapkan baterai dan memory cadangan. Jangan lupa untuk men-charge kamera tiap malam sebelum tidur. Jangan sampai kejadian tidak bisa foto-foto ketika di objek wisata, karena lupa men-charge dan baterei-nya habis.

12. Buat yang senang belanja: Siapkan uang YUAN yang banyaaakkk, karena harga-harga di China benar-benar sangat murah. KALAP deh pokoknya! Dan tentunya, jangan lupa pesan bagasi pesawat yang banyak juga. Minimal 20 kilo lah per orang, supaya tidak kena bayar di LCCT Air Asia. 30 Ringgit per 1 kilo lho kalau kelebihan bagasi...

PS. Internet is sooo amazing. Bahkan orang yang belum pernah ke China dan tidak bisa bahasa Mandarin sama sekalipun bisa survive! Tapi tentunya yang tidak kalah penting: siapkan uang cadangan. Siapa tahu ada apa-apa... :) :)


Profil Kontributor
Winarni, yang akrab dipanggil Wiwien, kini bekerja pada sebuah perusahaan farmasi di ibukota. Tulisan Wiwien lainnya dapat ditengok di blog pribadi Wiwien: http://wiwienmatsumoto.multiply.com

Share the Travel Spirit!

25 komentar:

webpages mengatakan...

ane lebih suka kalau ke Lombok,Jogja,Solo dibanding ke Luar Negeri soal'a alam indonesia sangat luar biasa indah'a & penduduk'a sangat bersahabat

Multibrand mengatakan...

Salam kenal,
Blog anda sangat menarik, memuat berbagai tips untuk jalan-jalan dengan hemat biaya.

Saya telah follow blog and di Google Friend Connect (No:151). Tolong follow balik.

http://www.multibrand.biz

hajarabis mengatakan...

nice..
sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.hajarabis.com
sukses selalu!!

lembayungbali mengatakan...

Wah asik juga kayaknya jalan2 ke China.
Btw nyesek banget ditipu nenek moyang hahaha

seo,backlink mengatakan...

jadi pengen ke cina nih, doai ya gan agar kesampaian.

Gina Antika mengatakan...

bagaimana dengan makanan halal di China mbak? apakah makanan halal mudah dijangkau disana?
dan berapakah harga makanannya disana? selain itu, pusat-pusat perbelanjaan yang terkenal apa saja?

phiropurwa mengatakan...

Menarik sekali berwisata ke China dengan budget terbatas. China memang terkenal murah, namun perlu hati-hati juga jangan sampai tertipu.

Joyo Plencing mengatakan...

Hi..aku gak komen kok cm pgn mohon ijin ngucapin salam kenal ya..salam dari blogger jogja..buat temen2 yg mbaca ini,salam kenal jg ya..salingberkunjung yuk,klo berkunjung pasti aku buatkan kopi wes,gmn..?ditunggu ya..
http://jogjakunyaman.co.cc

amirul mengatakan...

hm.. boleh juga jalan2 ke china, tapi nungguin budget cukup dulu.. hehe masih nabung

.:diah:. mengatakan...

wooow, kereeen... thanks info dan tipsnya yaa mbak *sambil ngayal bisa ke China besok :D

raharja mengatakan...

Ternyata negara kita memiliki alam yang indah dan penuh pesona, jadi dapat dibanggakan.

Anonim mengatakan...

jadi pengen nyoba jalan-jalan kesana :).



www.tokotoki.com

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami mengatakan...

wahhhh,,,mau,,nih ke china,,hehehe,,mimpi kali ye,,,,xixixi,,,

Home Appliances and Home Improvement mengatakan...

keren dan mantafff

dilanjut gan ...

ncis mengatakan...

mau tanya..kl dr tianjin ke beujing pake kreta brp lama?

Arif Nugroho mengatakan...

Tianjin Beijing cuma sekitar 1 jam, anda bisa lihat jadwal keretanya di website ini http://www.chinatrainguide.com

Kalau anda ada rencana ke China lebih baik sekalian belanja grosir dan dijual di Indonesia, biar bisa nutup biaya jalan-jalan hehe.. Btw, kalau mau ikut rombongan grosir ke China bisa lihat jadwalnya di http://tinyurl.com/workshopyiwu

mhetz mengatakan...

wahhhh... ni kykny mnjadi tujuan q brikutny.... doa in y agar cpt trcapai.... amin....

Asuransi Kendaraan mengatakan...

Terimakasih informasinya

Sudah saya Bookmark nih

Sedang cari info perjalanan ke China :-)

Munawir mengatakan...

Kapan ya aku dapat liburan ke luar negeri seperti mbak nich.maklum gak pernah pegang banyak duit.

Firman K mengatakan...

makasih sis, nice info bangetttzz. hehe.
kebetulan taun depan jg pengen ke china.
kebantu bgt dgn tulisan ini apalagi utk mslah pngurusan visa yg trnyata ga sulit. salam backpacker..

Raditour mengatakan...

Maaf Sis, berapa biaya buat keliling2 China?

Buat bro2 dan Sis2 yang mau jalan2 ke Beijing selama 5 hari-4 malam dg biaya super murah, kontak ane aja. biayanya cuma Rp. 3.150.000 buat 3 orang (jadi per org cuma 1.050.000) + tax USD 110 per orang + tips USD 12 per orang.

Fasilitas: Hotel *4, makan mewah kelas resto/hotel, tiket masuk tempat wisata (termasuk acrobatic show), guide dan bus wisata.

Jadi bro2 dan sis2 gak perlu nyari losmen murah, makanan murah, gak perlu ketipu sopir taxi dsb. Lebih enak mana, nginap di hotel *4 atau nginap di losmen kelas melati ???? Lebih keren mana, makan di resto/hotel dengan makan di jalanan??? Bukan menghina, tapi kalau biayanya sama, mending pilih yg *4 kan ???
Bahkan kalau backpacking perhitungannya salah, jatuhnya bisa lebih mahal (ingat, tiap tempat wisata, masuknya mesti bayar) nah looo !

Serunya lagi,
Harga yg sama juga berlaku utk tour shanghai (5 hari-4 malam + Hazhou dan suzhou) dan tour Giulin 5 hari 4 malam

Serius nih, and gak bohong
Pin BB ane: 3168F210
website ane: www.raditour.com

Buat bro2 dan sis2 yang mau jualan paket wisata super murah ini, boleh juga. Add BB ane aje. OK...

Bpk. Apri / Ibu Wayan mengatakan...

Maaf Sis, berapa biaya buat keliling2 China.

Buat bro2 dan Sis2 yang mau jalan2 ke Beijing selama 5 hari-4 malam dg biaya super murah, kontak ane aja. biayanya cuma Rp. 3.150.000 buat 3 orang (jadi per org cuma 1.050.000) + tax USD 110 per orang + tips USD 12 per orang.

Fasilitas: Hotel *4, makan mewah kelas resto/hotel, tiket masuk tempat wisata (termasuk acrobatic show), guide dan bus wisata.

Jadi bro2 dan sis2 gak perlu nyari losmen murah, makanan murah, gak perlu ketipu sopir taxi dsb. Lebih enak mana, nginap di hotel *4 atau nginap di losmen kelas melati ???? Lebih keren mana, makan di resto/hotel dengan makan di jalanan??? Bukan menghina, tapi kalau biayanya sama, mending pilih yg *4 kan ???
Bahkan kalau backpacking perhitungannya salah, jatuhnya bisa lebih mahal (ingat, tiap tempat wisata, masuknya mesti bayar) nah looo !

Serunya lagi,
Harga yg sama juga berlaku utk tour shanghai (5 hari-4 malam + Hazhou dan suzhou) dan tour Giulin 5 hari 4 malam

Serius nih, and gak bohong
Pin BB ane: 3168F210
website ane: www.raditour.com

Buat bro2 dan sis2 yang mau jualan paket wisata super murah ini, boleh juga. Add BB ane aje. OK...

Rumah Dijual mengatakan...

yang penting, bersama orang yang udah pernah kesana sih :P

Aldi indonesia mengatakan...

makasihhhhhhh,, thankss youuuuu !!! maksih pengalamannya ,, jadinya ada cadanngan informasi,, thanksss!!

vian angelic mengatakan...

makasih infonya emang benar kata penulis fb dan youtub gk bisa twitterpun juga begitu
mau pakai proxy model apapun gk bakal bisa hehehe
kata teman saya sih itu dari tahun 2007 yg di sebabkan oleh xiao tian

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan