• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Jumat, 21 Oktober 2011

Home » , , » Bayon, Kuil Seratus Wajah Sang Raja

Bayon, Kuil Seratus Wajah Sang Raja

“It’s good to be King!”

Mungkin begitulah seruan sang Raja Jayavarman VII saat membangun Kuil Bayon.

Dari kejauhan, kuil ini hanya tampak seperti kuil biasa dengan menara-menara yang menjulang di puncaknya. Tapi begitu kita mengamati lebih dekat, maka tampaklah sejumlah 216 patung wajah sang raja berukuran raksasa menghiasi puncak-puncak kuil ini, seakan-akan sang raja ingin meneriakkan eksistensi dirinya kepada dunia. Ya, kapan lagi dapat membangun ratusan patung wajah kita dengan ukuran raksasa kalau bukan seorang raja.

Empat sisi bagian puncak kuil yang dihiasi pahatan wajah Raja Jayavarman VII.
Foto (c) Herajeng Gustiayu, 2011

Namun apakah ratusan pahatan wajah tersebut benar-benar merupakan representasi wajah sang raja?

Banyak yang berteori bahwa 216 patung wajah raksasa itu sebenarnya merupakan representasi dari wajah Avalokiteśvara, Bodhisattva yang mewujudkan belas kasih dari semua Buddha. Ada pula teori yang menyatakan bahwa Jayavarman VII sebagai Buddhist mengidentifikasi dirinya dengan Buddha dan Bodhisattva tersebut. Mana yang benar, hanya sang Raja lah yang tahu.

Kuil Bayon dari kejauhan.
Foto (c) Herajeng Gustiayu, 2011
Patung wajah Raja Jayavarman VII di puncak-puncak kuil.
Foto (c) Herajeng Gustiayu, 2011
Patung wajah Raja Jayavarman VII di puncak-puncak kuil.
Foto (c) Herajeng Gustiayu, 2011

Sejarah Singkat Kuil Bayon
Kuil Bayon
adalah salah satu kuil Buddha yang terdapat pada Angkor Archeological Park di Siem Reap, Kamboja. Kuil ini terletak di pusat ibukota Jayavarman, Angkor Thom, dan dibangun sekitar akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13. Sebagai bagian dari kekayaan arsitektur Kerajaan Khmer, Kuil Bayon merupakan kuil pemerintahan terakhir yang didedikasikan kepada Sang Buddha, yang dibangun pada masa kejayaan Angkor. Kuil ini telah mengalami perubahan serta penambahan pada beberapa bagiannya, yang disesuaikan dengan ajaran agama yang dianut masing-masing raja penerusnya.

Angkor Archeological Park
Selain Kuil Bayon, beberapa kuil lainnya yang populer dan patut dikunjungi selama mengeksplorasi Angkor Archeological Park adalah Angkor Wat (tentu saja!), Ta Phrom, Banteay Srei, Banteay Kdei, dan Teras Gajah. 

Angkor Archeological Park merupakan taman arkeologi yang cukup luas untuk dieksplorasi sehingga diberikan tiga pilihan tiket: 1-day pass seharga $20; 3-day pass seharga $40; dan 1-week pass seharga $60. Saya sendiri dan teman saya memilih yang 1-day pass. Setelah berpose sejenak untuk mengambil foto diri di depan loket, kami diberikan sebuah tiket yang lengkap dengan foto kami. Tiket ini nanti akan diperiksa oleh petugas jaga di tiap-tiap kuil yang kita kunjungi.

Disarankan untuk berkeliling Angkor Archeological Park dengan Tuk-Tuk, kendaraan umum khas Kamboja serupa bemo. Apabila ingin mengunjungi beberapa kuil terpopuler, Anda akan dikenakan biaya $12/tuk-tuk, namun apabila Anda juga ingin sekaligus mengunjungi Banteay Srey yang terletak sekitar 45 menit dari taman arkeologi ini, Anda akan dikenakan biaya $20/tuk-tuk. []

*Sejarah Kuil Bayon yang lebih lengkap dapat dibaca di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Bayon

Belum mendapat penginapan di Siem Reap?
Cari, simak review para traveler, dan kemudian booking akomodasi Siem Reap melalui hotelscombined.com.
--- 

Catatan: Beberapa tautan dalam artikel di atas merupakan tautan afiliasi. Ini berarti apabila Anda mengklik pada tautan dan melakukan proses booking, TBN akan menerima komisi afiliasi. Terlepas dari itu, penulis hanya merekomendasikan produk atau layanan yang penulis gunakan secara pribadi dan penulis percaya berguna bagi para pembaca.
Share the Travel Spirit!

20 komentar:

Rahmat mengatakan...

Kuil yang unik dan indah.

Pakaian Muslim mengatakan...

ummm,,, makasih yah info-infonya, keep to share GAN

izul mengatakan...

waaahh envy..pasti pas kesana berasa jadi indian jones >_<

Hajarabis mengatakan...

bagus yya .
makasih infonya gan .
bagi*pengetahuan
salam kenal
www.hajarabis.com

Philardi ogi mengatakan...

pengeen banget ke angkor watt dan Siam Reap...Bayon salah satu yang paling OK ya?ditunggu lagi foto-foto kerennya :)

Putra kembar mengatakan...

jadi tambah deh,pengetahuan sejarah saya.
Terimakasih dan salam kenal bos

jasa penerjemah tersumpah mengatakan...

situs candi n museum memang perlu dlestarikan...salam kenal n sukses selalu.thanks

ijobunglon mengatakan...

wih asik nih berpetualang disini

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional mengatakan...

wahh,,saya melihat sekilas memnag seperti patung biasa ,,ternyata puncaknya itu penuh dengan 216 patung wajah...hemmh,,jadi pengen lihat lebih dekat,,,,,

Cara Mengobati Darah Tinggi Secara Herbal mengatakan...

waw keren banget tuhh patungnya tambah wawasan nih

Nuno mengatakan...

Bagus banget kuilnya, mirip candi prambanan ya...
Jayavarman dengan Jaya Warman sama ga? namanya kok mirip nama Indonesia ya...

Wisata Bali mengatakan...

Suatu mahakarya seni yang tak ternilai harganya. Miri-mirip sama peninggalan candi yang ada di Indonesia

wisata indonesia mengatakan...

saya suka pada pahatan wajah patungnya. terlihat tentram dan berwibawa. btw candi ini ada hubungannya dengan candi borobudur di indonesia gak ya?

JHaZKiTaRo mengatakan...

salam kenal.. jemput singgah blog hamba (Aku Sebutir Pasir) kalau nak baca pengalaman hamba kembara ke 46 buah negara.. :)

kasgus mengatakan...

jd kpengen backpackeran, mlihat betapa indah na negara ku indonesia raya.
merdeka...

adi pradana | Info Kesehatan Kita mengatakan...

pengen banget backpackeran keliling dunia tapi kok waktunya ga ada ya. salam kenal dari info kesehatan kita

sukaingadget mengatakan...

Nice Artikel.

visit me :
http://sukaingadget.blogspot.com :thumb5: :thumb4: :thumb1:

indobeta mengatakan...

disetiap pahatan wajah raja, hampir sama semua ya.

tapi keren juga

Home Appliances and Home Improvement mengatakan...

good setori gan ... sangat berguna.

Bali Best One Tour Online Reservation mengatakan...

Beautiful Temple and Nice Tour...hmmm

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan