• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Kamis, 15 Desember 2011

Home » , , , » Tentang Tilang dan Perpustakaan

Tentang Tilang dan Perpustakaan

Repost from Traveler in Residence.
Edited by Dwi Putri Ratnasari, Kepala Program Traveler in Residence.

C2O library, 8 Desember 2011

Wah, sejuta terimakasih saya ucapkan untuk Ayos, salah satu pencetus program Traveler in Residence (TiR) yang sedang saya ikuti saat ini. Ini adalah tilang pertama saya saat berada di Surabaya. Ngga tanggung-tanggung, dua sekaligus! Salah satunya karena Ayos dianggap melanggar lampu merah, yang sampai saat ini tidak diterima oleh Ayos karena dia yakin lampu jalan masih kuning saat motornya melintas. Yang kedua? Begini ceritanya...

“Masih kuning, Pak!” teriak Ayos di depan wajah Pak Polisi.

“Sudah merah!” sanggah Pak Polisi ngga kalah sadis.

“Kuning!”

“Merah!!!”

“Kuning!! Saya tahu di jalan ini banyak polisi, ngga mungkin saya nerobos lampu merah! Kalau saya ditilang gara-gara ngga punya spion kanan, saya bisa terima, Pak!”

“Oh, kamu ngga punya spion juga??” Pak Polisi lantas melirik motor Ayos dengan tatapan lapar. “Oke, kalau begitu kamu saya tilang dua kali!”

Hm. Argumen Ayos tampaknya agak bersifat bunuh diri ya. Kebo, motor Ayos yang berwarna hitam ini memang cacat fisik tapi kesetiaannya tak dapat diragukan, ia kerap menemani Ayos di kala susah dan senang. Termasuk menjelang sidang tilang tanggal 16 besok. Well, good luck for you both…

Setelah mengurus surat tilang sambil agak menggerutu, kami pun segera bergegas ke c2o library di Jalan Dr. Cipto 20, yang juga turut bekerjasama dengan Hifatlobrain Travel Institute dalam menggarap program TiR. c2o library ini sendiri adalah sebuah perpustakaan komunitas yang sangat menarik bagi saya, terutama karena saya suka buku, hobi yang sempat agak terabaikan karena akhir-akhir ini saya lebih akrab dengan internet. Kalau di Surabaya ada c2o, Bandung punya Reading Lights, Jakarta kira-kira punya perpustakaan sejenis ini tidak ya?

Di pojok belakang perpustakaan c2o ini saya menemukan buku The Graveyard Book karangan Neil Gaiman yang saya cari-cari. Koleksi buku Roald Dahl juga cukup lengkap. Ya, saya memang penggemar buku anak-anak, terutama yang alur ceritanya kreatif dan tidak lazim.

Nyaman sekali berada di sini. Suasananya tenang, berada di dalam perumahan yang jarang dilewati kendaraan, banyak pepohonan, enak untuk menghabiskan waktu sambil berkonsentrasi membaca. Tempat favorit saya untuk membaca adalah duduk di teras luar, asal cuaca sedang cerah. Mbak Yuli yang setia menjaga perpustakaan ini juga siap untuk ditanya-tanya tentang buku dan film yang tersedia di dalam c2o library. Kalau tiba-tiba haus, c2o menyediakan beragam minuman dingin atau seduhan teh dengan berbagai rasa.

Yang bikin saya penasaran sih, kata Mbak Yuli, di depan c2o ini sering lewat penjual Semanggi. Semanggi? Yap, makanan khas Surabaya yang berbahan dasar daun semanggi, jelas Ayos kepada saya. Bentuknya seperti apa juga saya belum tahu. Baiklah, Semanggi resmi saya catat sebagai salah satu kuliner yang harus saya coba saat berada di Surabaya.

*Eh? Foto? Iya, lupa moto..
Coba cek http://www.facebook.com/c2o.library kalo penasaran gimana bentuk salah satu perpustakaan favorit saya ini.. :)

* * * * *
Share the Travel Spirit!

2 komentar:

automation mengatakan...

waduh parah juga ya, kena tilang dua kali kasihan banget

Home Appliances and Home Improvement mengatakan...

haha ... pulisi dhi lawan ... :-D

nice setori gan ...

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan