• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Rabu, 14 Desember 2011

Home » , , , » "Traveler in Residence": When Traveling Meets Drawing!

"Traveler in Residence": When Traveling Meets Drawing!

KA Sembrani, 4 Desember 2011

Entah sudah surat keberapa yang dibaca oleh seorang pria berusia 30 tahunan di sebelah tempat duduk saya. Tangannya sibuk membolak-balik Qur’an kecil yang dipegangnya. Di depan saya terdengar bunyi dengkuran keras seorang bapak yang sedang tidur nyenyak, dengkurannya sempat begitu kerasnya hingga beberapa penumpang di dalam kereta menoleh sebal. Sementara di seberang tempat duduk saya, ada sepasang kekasih yang terlihat sedang bermesraan sambil mengobrol dengan berbisik di telinga masing-masing.

Saya kembali membenarkan posisi earphone di telinga saya. Sebenarnya handphone berfitur walkman yang setia menemani saya lebih dari tiga tahun tersebut saat itu sedang error dan fungsi colokan earphone-nya sedang tidak berfungsi. Tapi saya sedang malas berinteraksi dengan orang lain, saat itu saya hanya ingin menghabiskan waktu dengan membaca dan tidur saja sampai Surabaya. Ya-ya-ya, terkadang sebagai traveler, ada saat-saat di mana saya ingin agak anti-sosial sedikit. Traveler juga manusia toh. Hehe..

Suro dan Boyo (dan Singo?), I'm coming!
Foto (c) Hifatlobrain.net, 2011

Hari itu saya berangkat dari Jakarta ke Surabaya untuk turut berkolaborasi dengan sebuah program kreatif kerjasama Hifatlobrain Travel Institute dan c2o library. Proyek inovatif yang digagas oleh beberapa anak-anak muda kreatif Surabaya ini dinamakan dengan “Traveler in Residence” (TiR). TiR akan mengundang seorang traveler dari luar kota untuk bekerjasama dalam membuat sebuah travel guide, yang akan mengupas sejarah, objek wisata, kuliner, tradisi, budaya populer yang menceritakan uniknya Kota Surabaya. Traveler ini akan diberikan akomodasi gratis beserta makan yang terjamin, dan akan diajak berkeliling Surabaya selama sebulan penuh. Tiap hari dalam sebulan diajakin jalan-jalan dan makan-makan gratis? Bikin ngiler banget kan? Sebagai gantinya, di akhir program, traveler ini musti mengeluarkan sebuah karya. Dan traveler yang beruntung itu adalah … saya!

Kok bisa saya? Katanya sih, karena saya kebetulan memiliki sedikit kemampuan menggambar dan menggunakan medium cat air. Woah! Senangnyoo.. Ngga sia-sia deh tujuh tahun yang telah saya habiskan di kampus, huahaha.. Makasih yaa Hifatlobrain & c2o library. x)

Bedanya dengan travel guide biasa, versi yang satu ini akan dibuat lebih hip dan bersifat collectible. Collectible? Ya, karena akan diisi dengan sketsa dan ilustrasi-ilustrasi cat air (tagline program ini saja: “When Traveling Meets Drawing”!), beserta artikel-artikel mendalam tentang berbagai tempat serta gigs populer di kota yang memiliki ikon Buaya dan Hiu ini, tidak lupa pula akan dimasukkan berbagai fitur menarik semacam kamus kecil bahasa Suroboyo-an. Kamus kecil? Ya, salah satunya kamu akan diajarkan cara mengumpat khas a la anak muda Surabaya, hahaha.. 

Kalau kalian ada rencana berkeliling Surabaya, memiliki travel guide ini akan menjamin kamu terlihat paling hits di mata teman-temanmu! Kenapa? Karena kamu akan terlihat begitu smart, gaul, dan keren karena mengetahui seluk-beluk dan pengetahuan mendalam tentang Kota Surabaya! Gilee.. Canggih banget kan?? 

Intinya, kami akan membuat sebuah travel guide keren yang dipersembahkan untuk traveler dari traveler. Nanti kalo udah jadi, beli yaa.. :)) Oh ya, setelah program ini berakhir, akan dibuat pamerannya di CCCL Surabaya pada bulan Maret 2012. Kalau lagi iseng, boleh lho mampir.. Mohon do’a-nya agar program ini lancar berjalan ya kawans!

Mau mengikuti petualangan kami di Surabaya?
Intip di http://travelerinresidence.wordpress.com :)

* * * * *
Share the Travel Spirit!

3 komentar:

lembaranpung mengatakan...

Salam buat ayos kiyut ya. dan hati-hati dengan simbah, player dia!
Ahahaha.
*dibalangwatuadminHFLB*

anto mengatakan...

mantappph jeng,wekekekekek. suksesss yaaa. ditunggu hasilnya :D

Home Appliances and Home Improvement mengatakan...

udah jadi lum gan ?

ada trial gak ?

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan