• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 19 Maret 2012

Home » , , , » Behind the Surabaya Illustrated Travel

Behind the Surabaya Illustrated Travel

Melanjutkan program Traveler in Residence yang diadakan oleh Hifatlobrain Travel Institute dan c2o library bulan Desember 2011 lalu, tanggal 14-20 Maret 2012 diadakan pameran Surabaya Illustrated Travel di IFI Surabaya, Jalan Darmokali 10.

Publikasi "Surabaya Illustrated Travel" di c2o Newsletter, 2012.
Alhamdulillah, Pembukaan Pameran Surabaya Illustrated Travel yang diadakan pada tanggal 14 Maret lalu berlangsung sukses berkat kerja keras IFI Surabaya, team Hifatlobrain, dan c2o library. Pembukaan Pameran "Surabaya Illustrated Travel" kemarin turut mengundang Silampukau, pemusik asal Surabaya (yang kini menjadi salah satu favorit saya!), Samuel Respati (komposer), dan Deri Elfiyan sebagai videographer "Behind the Scene: Traveler in Residence". Terimakasih ya semuanya! :)

Silampukau.
Foto (c) Giri Prasetyo, 2012.
Suasana Pembukaan Pameran "Surabaya Illustrated Travel".
Foto (c) Giri Prasetyo, 2012. 
The creative people behind "Surabaya Illustrated Travel".
Foto (c) Giri Prasetyo, 2012.  
Program Traveler in Residence sebagai program yang multirespon, turut mengundang Redi Murti, perupa muda berbakat Surabaya, juga turut berkolaborasi dalam meneropong Surabaya dalam perspektif berbeda. Apabila karya saya sendiri lebih banyak melihat Surabaya dalam perspektif arsitektural, karya Redi memandang Surabaya dari segi interaksi sosial seperti aktivitas bonek, calo tiket di Terminal Purabaya, dan banyak lainnya.

Pameran ilustrasi ini sendiri sebenarnya merupakan teaser bagi proyek kami selanjutnya, yakni membuat sebuah buku Surabaya Illustrated Travel Guide yang berisikan.. yah.. tentunya panduan wisata mengenai Kota Surabaya yang mengulik beragam wisata alternatif di kota bersimbol Suro dan Boyo ini. Bedanya dengan travel guide pada umumnya, travel guide ini tidak menggunakan foto melainkan menggunakan ilustrasi cat air. Intinya, menggabungkan"traveling" dengan "drawing". Cukup menarik karena setahu saya di Indonesia masih jarang adanya travel guide semacam ini (kalau boleh dibilang, belum ada).

"Bonek" by Redi Murti.
Foto (c) dokumentasi c2o library, 2012.
"Klenteng Boen Bio, Pecinan" by Herajeng Gustiayu.
Foto (c) dokumentasi c2o library, 2012. 
Kartu Pos "Surabaya Illustrated Travel", IDR 5.000/each.
Foto (c) dokumentasi c2o library, 2012. 
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, baik dari individual maupun media, saya mencoba menggabungkan beberapa fakta tentang Surabaya Illustrated Travel (trivia!):

1) Program ini berawal dari percakapan Yahoo Messenger di tengah malam buta. Gagasan awal program ini berasal dari Ayos Purwoaji dari Hifatlobrain Travel Institute (HFLBTI). Awalnya saya dan Ayos memang ada rencana untuk berkolaborasi menggabungkan travel story with illustrations. Jadi, Ayos yang menulis artikel perjalanan, sedangkan saya yang mengilustrasikan. Intinya, mengganti foto dengan ilustrasi. Tapi setelah digali lebih dalam, pada akhirnya Ayos dkk memutuskan untuk membuat program "Traveler in Residence" (http://travelerinresidence.wordpress.com) ini, yang output-nya berupa illustrated travel guidebook untuk Kota Surabaya. Proyek ini merupakan kolaborasi antara saya sebagai traveler-illustrator beserta HFLBTI dan c2o Library, dengan Dwi Putri Ratnasari sebagai Kepala Program.
PS. Putri inilah yang paling berjasa mengurus saya selama di Surabaya, dari nyariin akomodasi, ngasi makan, dan antar-jemput saya. Hiikkss, akyu terharu. Terimakasih Putri!

2) Program ini dapat dibilang baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Kenapa saya mau menjadi volunteer? Selain menurut saya, konsep yang satu ini lebih bagus karena travel guidebook akan lebih berguna bagi orang banyak. Juga karena saya amat menyukai ide penggabungan "traveling" dan "drawing" ini. Jujur pada awalnya saya nggak kepikiran juga nanti saya bakal ditempatkan di mana, dikasih jatah makan atau tidak, transportasi bagaimana. Saya ini memang kebiasaan ngomong "Iya," walau belum ada kepastian yang jelas. Hahaha pokoknya selama ide itu menarik bagi saya, saya pasti langsung mengiyakan. Agak bahaya sih memang, tapi toh akhirnya seru-seru aja. Hehe..

3) Objek wisata Surabaya yang paling menarik? Hmm. Agak sulit karena menurut saya semuanya menarik. Nggak biasa main favorit-favoritan sih, hehe. Tapi apabila kamu baru datang ke Surabaya dan ingin menikmati Surabaya dalam waktu singkat, saya mengusulkan untuk datang ke House of Sampoerna untuk ikut dalam city tour yang rutin diadakan oleh mereka. Setiap bulan jadwalnya bermacam-macam. Dari sana kamu akan melihat Surabaya in a glance, yang bahkan kadang orang Surabaya sendiri tidak tahu kalau ada spot wisata semacam itu. Pemandunya juga memiliki pengetahuan sejarah yang cukup oke, menurut saya.

4) Pengalaman menarik saya sebagai pelaku dalam program ini? Banyak sekali. Tapi yang paling mengesankan mungkin waktu nonton sepakbola bareng bonek. Kenapa? Karena saat itu hujan lebat, jadilah saya dan Lukman Simbah menonton bola di tengah guyuran hujan angin selama 45 menit. Mana saya nggak ngerti bola.. Hadeuh.. Oh, sama satu lagi! Waktu diajakin Anitha Silvia a.k.a Tinta (yang ternyata teman SMA saya!) jalan kaki selama 6 jam keliling Surabaya, huaaa.. Selain pengalaman tersebut, manfaat lainnya dari program ini adalah, saya jadi berkenalan dengan berbagai individu dan komunitas-komunitas Surabaya yang menarik. Oh ya, rencananya sih tahun ini bakal ada program semacam ini lagi, dengan lokasi yang berbeda. Siapa tahu ada yang tertarik. Nanti kalau sudah fixed, kita kabar-kabari yaa.. :D

5) Tips untuk traveling di Surabaya? Hmm. Tergantung. Jalan kaki apa naik motor nih? Yang penting sih, banyak berdo'a, minta restu kepada orangtua, siapkan topi atau penutup kepala, air minum yang banyak, alas kaki yang nyaman, daaaan.. perut yang kosong. Banyak makanan enak soalnya! Terutama bebek goreng, nyam! Hehe..

* * * * *
Share the Travel Spirit!

7 komentar:

lembaranpung mengatakan...

Kolaborasi yang luar biasa!
proficiat buat kawan-kawan HFLB dan Mba tBN
Salam J*ntjuk buat Ayos dkk. :))

Ayu Welirang mengatakan...

Kartu posnya pengen. :D
Hmmm, kok nggak sekalian ke Surabaya Heritage Track Mbak? :D

ami_cumi mengatakan...

wah boleh nih ikutan acaranya...kalu jadi ilustrator sih, gak mungkin...hehe...tapi bisa ketemu Mbaknya, kayanya seru deh... =)

Salam kenal ya Mba
http://www.peziarahan.co.cc/

obat alami hepatitis mengatakan...

ikut menyimak gan artikelnya bagus sekali semoga bermanfaat

manfaat mengatakan...

em saya ijin nyimak nih ,, kayaknya saya suka dengan artikelnya ,,menarik untuk dibaca

blogger gresik mengatakan...

mantap nih dulur nice artikel..... :)

Fahmi mengatakan...

woo, keren nih, mengangkat destinasi sebuah kota dalam bentuk gambar :D

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan