• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 19 Maret 2012

Home » , » Sharing: Travel Gadget Terbaru Favorit Saya

Sharing: Travel Gadget Terbaru Favorit Saya


Dalam traveling, dapat dibilang saya ini termasuk orang yang praktis. Males repot dan ngerepotin diri sendiri sih, intinya.

Salah satu bentuk kepraktisan saya adalah dalam hal packing. Sebisa mungkin saya membawa sesedikit mungkin barang apabila sedang melakukan perjalanan. Alasannya agar ransel saya ringan dan gampang dibawa kemana-mana, terutama karena jadwal traveling yang biasanya amat mobile.

Dulu waktu awal-awal traveling dalam jangka waktu agak lama (sekitar semingguan), ransel yang saya pakai berkapasitas 45 liter. Tapi makin ke sini saya lebih memilih untuk menggunakan ransel 24 liter saya, dengan tambahan carry-on bag (tas kecil) sebagai tempat untuk meletakkan dokumen-dokumen perjalanan. Dengan tas kecil ini, maka saya tak perlu buka-buka ransel lagi untuk mengeluarkan dokumen yang diperlukan saat diperlukan. Ditambah lagi, saya tidak perlu meluangkan waktu lebih untuk mengambil bagasi. Efektif, praktis, dan ringan.

Dalam hal travel gadget, biasanya saya hanya membawa ponsel dan kamera saku saja. Ponsel juga hanya untuk menerima SMS dan telepon apabila diperlukan.  Saya sendiri jarang melakukan live-on tweets atau update Facebook apabila saya sedang melakukan perjalanan. Saat traveling saya hanya ingin fokus melakukan dan menikmati perjalanan tanpa terdistraksi oleh berita-berita terkini di “dunia luar”. Kenapa? Soalnya saya ini termasuk gampang terdistraksi dan susah fokus, hehe.. Daripada saya malah jadi tidak menikmati perjalanan karena berkutat dengan media sosial, lebih baik saya mengumpulkan banyak-banyak informasi saat melakukan perjalanan dan berbagi informasi setelah saya tiba di rumah.

Namun akhir-akhir ini saya mulai merasakan perlunya membawa laptop, karena pekerjaan pun kadang terbawa saat melakukan perjalanan. Kenapa? Karena tiket murah tidak mengenal waktu, hahaha.. Yep, traveler memang kadang dituntut untuk mempunyai pekerjaan dengan waktu yang relatif fleksibel. :P Kalau kejadian deadline berbenturan dengan jadwal traveling, ya mau tidak mau harus bawa laptop. Laptop juga berguna saat memory card kamera saya kepenuhan dengan foto-foto perjalanan, yang seringkali terjadi karena saya lupa mengosongkan isi memory card dari perjalanan sebelumnya. Dengan membawa laptop, maka tak perlu lagi membawa memory card cadangan.

Nah, berhubungan dengan kebutuhan saya akan kepraktisan, maka saya membutuhkan sebuah laptop yang cukup canggih, ringan, dan kecil agar mudah dibawa-bawa. Dan relatif ekonomis, pastinya.

Daaan..

Saya menemukan ini: Netbook Asus Eee PC 1025 Flare! Ihiiy.. Pas banget dengan yang saya mau! Saking sukanya, jadi pengen sharing tentang travel gadget terbaru favorit saya ini deh, hehe.. Siapa tahu ada yang butuh dan tertarik juga. :D

Proses ilustrasi Suro dan Boyo untuk "Surabaya Illustrated Travel".
Foto (c) Herajeng Gustiayu, 2012.
Sebenarnya sih saya termasuk gaptek dalam melihat spesifikasi komputer. Pertama kali yang bikin saya tertarik dari netbook ini adalah ukurannya yang kecil (dimensi: 26.2 x 17.8 x 2.07-3.44 cm) dan ringan (hanya 1,25 kg termasuk 6-cell battery). Praktis dan ringan, pas banget dengan kebutuhan traveling saya.

INSTANT ON, NYALA DALAM 2 DETIK
Setelah mempelajari lebih lanjut, Netbook Asus Flare ini ternyata memiliki fitur canggih “Instant On”. Fitur “Instant On” ini memungkinkan penggunanya untuk menyalakan netbook dalam waktu 2 detik dari kondisi sleep. Bayangkan! Ini sangat praktis bagi saya yang sangat mobile ketika melakukan perjalanan. Saat buru-buru, tinggal klik sleep mode, dan setelah diperlukan lagi saya dapat menyalakan netbook dan kembali bekerja hanya dengan menunggu 2 detik! *Biasanya netbook lain membutuhkan sekitar 6 detik atau lebih*

MENGGUNAKAN PROSESOR INTEL® ATOM™ CEDAR TRAIL
Salah satu kelebihan utama netbook ini lainnya adalah penggunaan platform Intel Cedar Trail dengan Prosesor Atom N2800 terbaru. Diklaim bahwa Eee PC Flare Series ini memiliki kemampuan grafis hingga 3x lebih tinggi, kinerja komputasi hingga 15% lebih baik, dan efisiensi listrik hingga 10% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Berhubung saya masih baru banget memiliki netbook ini, jujur saya belum mencoba menggunakan software grafis berat semacam Adobe Photoshop, tapi kalau sudah saya coba, hasilnya pasti akan saya laporkan segera. Sementara ini masih dipakai untuk nulis-nulis, ngeliat gambar contoh (dalam proyek terbaru), transfer file, menonton video, dan internetan ajah. Masih nguliiik, hehe gaptek sih..

BATERAI TAHAN 12 JAM
Canggihnya lagi, dengan adanya teknologi ASUS Super Hybrid Engine II, netbook ini memiliki waktu stand-by yang amat lama. Artinya, dalam mode stand-by, baterai akan tetap bertahan tanpa mengalami pengurangan yang berarti hingga 21 hari. Penggunaan baterai-nya lebih rendah sehingga baterai tahan 10% lebih lama. Beneran deh, baterai-nya tahan lama banget! Dalam keadaan baterai full dan penggunaan biasa, netbook bisa menyala hingga 10 jam! Huaa, senangnyoo.. Cukup sekali nge-charge, bisa dipakai seharian. Ngga perlu bawa-bawa colokan lagi kalau dibawa pergi sebentar (walaupun colokannya sendiri sebenarnya juga cukup kecil dan ringan sih). Tambah ringan deh bawaan saya.

USB 3.0, TRANSFER FILE LEBIH CEPAT
Oh iya, ngomong-ngomong tentang transfer file, saya jadi ingat. Kemarin waktu selesai acara pembukaan pameran "Surabaya Illustrated Travel" di IFI Surabaya, saya kan minta file video-nya dari Deri Elfiyan yah, tapi ternyata file-nya belum dikompres sehingga ukurannya masih cukup besar. Sekitar 2 GB. Saat itu, si Putri ternyata sudah kelaparan dan meminta Deri untuk segera melakukan proses transfer, hahaha.. Nah, berkat fitur USB 3.0 (kecepatan transfer data hingga 4.8 Gb/detik) pada netbook ini, file sebesar 2 GB dapat ditransfer hanya dengan beberapa detik. Putri senang, Deri senang, saya pun senang. Hoho! :D

Kayanya bakal banyak nih fitur-fitur keren lainnya dari netbook ini, mau saya kulik dulu, nanti saya bakal share lagi di sini yak.. :)

Kalau kamu sendiri, travel gadget apa saja yang harus dibawa selama traveling?

* * * * *
Share the Travel Spirit!

20 komentar:

iwan mengatakan...

pengen banget ganti laptop jadi notebook, soalnya berat bawa dari rumah ke kampuz

Fatah mengatakan...

Kalau saya ASUS Eee PC 1015BX. Sengaja beli ini setelah laptop lama yang 14 inchi, tewas mengenaskan. Untuk investasi traveling, tentu saja. Selain mendukung untuk kerjaan juga :)
Selamaaat ya atas gadget barunya $3A) Menarik!

Vari mengatakan...

Ipad lebih oke, selain byk apps travel yg super useful sperti peta2 kota/MRT/subway juga byk free city guide-nya, belum lagi apps buat booking2 hotel/flight dan memonitor jdwl flight sekaligus itinerary kita. Lebih praktis secara ukuran juga beratnya, dan gak perlu di on/off, chargernya jg lebih ringkes/ringan.
Bedanya emang di harga sih, hihihi.

Pengobatan Tradisional Gondok mengatakan...

udah pengen banget beli laptop atau netbook buat kerja,,,lagi nyari nih,,yang itu harganya berapaan?

Iman Llusion mengatakan...

klo ane, lebih ska acer gan...

check it out : http://www.imanllusion.hostzi.com/artikel/ultrabook-notebook-tipis-harga-murah-terbaik

elbirtus mengatakan...

jadi pingin beli :)

ayu mengatakan...

Mantab jeng, untuk med, gw pilih netbook, ipad βεLu♍ sampeee heehhe

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@iwan: Iyoh, netbook emang relatif lebih ringan & praktis ya.

@Fatah: Ahay! Kamu pake ASUS juga toh? *toss* :D

@Vari: Hehehe.. Saya sendiri lbh milih notebook krn lebih enak dipake ngetik, hehe kerjaan lebih banyak nulis sih. Tp tablet emg OK jg sbg travel gadget, disesuaikan dgn kebutuhan aja. :)

@Pengobatan Tradisional Glodok: *eh ini nama beneran nih? hehe* ASUS Flare ini rangenya sekitar $299

@Iman: Hehe, merek apa aja yg penting fungsional. :)

@elbirtus: Beli donk, hehe..

@ayu: Hahaha, netbook rules! *opo toh* x))

Gadget Terbaru mengatakan...

Gadget yang mesti dibawa saat traveling: smartphone yahud, beli SIM card lokal dengan paket Internet secukupnya, dan pastikan selalu bawa portable battery pack supaya tetap on di mana pun.

Herajeng Gustiayu mengatakan...

@Pengobatan Tradisional Glodok: Ups salah harga. Yg 1025C ini $319, kalo yang 1015CX $299. :)

@Gadget Terbaru: Wah thanks buat sharing-nya ya!

Ratna mengatakan...

Gadget andalan saat travel pastinya kamera dan handphone basis android :)
Belum tergerak bawa laptop...maybe later :D

Cintya mengatakan...

Klo sy..selama traveling di dlm negeri aja, paling yang dibawa hp android, kamera ma netbook yahuuu...

nah ..klo booking akomodasinya, biasa di Bali Trip On, ni blognya http://balitripon.blogspot.com

Artikel Teknologi mengatakan...

batrenya kuat gak nih laptop??? kalo travelling, apalagi kehidupan sekarang susah banget lepas sama yg namanya gadget. hal2 kayak kamera (wajib klo lagi travelling), laptop, dan gadget lain kayak hape musti tahan lama. Kalo ane sendiri lagi cari2 tas yg bisa ngisi ulang batre gitu. kira2 belinya dimana ya???

trye mengatakan...

hp android sama kamera gak bleh ketinggalan :)

http://bangkabelitungisland.com

rinto mengatakan...

informasi apa promosi ya?
Soalnya jadi pengin punya nich notebook.

Anonim mengatakan...

slamat y buat netbook barux.. ini bru co2k ditandemkn dgn ponsel android gue. selain co2k utk jd modem n jg skalian ngecharge.. kira2 hrgx brapa mas?

gina mengatakan...

pake blackberry aja biasanya ane cukup hehe...tapi harus on

baju muslimah bandung mengatakan...

Salam kenal...artikelnya bagus

Outbound mengatakan...

Paling tidak sebelum bobo malam dlm traveling sempet2inlah update status atau tlp si ayank :-)

Salam,

pulsa mengatakan...

wuihh kerenn netbooknya, warna putih bgs :)

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan