• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Selasa, 17 April 2012

Home » , » 7 Tips Menulis Travel Blog: Traveler, Nge-Blog Yuk!

7 Tips Menulis Travel Blog: Traveler, Nge-Blog Yuk!

Kenapa? Mengutip bebas perbincangan dua orang teman traveler, “Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan, oleh karena itu setiap traveler harus berbagi foto atau cerita untuk dibagikan kepada mereka yang tidak memiliki kesempatan itu.”

Selain itu, travel blog juga berguna untuk mendokumentasikan pengalaman perjalananmu untuk dibaca-baca lagi sendiri, atau bahkan akan menginspirasi orang lain untuk memulai petualangan mereka sendiri! Bagi yang sedang belajar travel writing, membuat travel blog juga merupakan salah satu cara untuk mengasah keterampilan menulis catatan perjalanan dan dapat digunakan sebagai portfolio atau contoh gaya tulisan kalian.

Blogging. | Photo Credit: Corbis

7 TIPS MENULIS TRAVEL BLOG
Pertama kali saya membuat blog The Backpacker’s Notes (TBN), tujuan saya memang cuma satu: berbagi. Begitu saya merasakan manfaat dan serunya traveling, saya ingin berbagi pengalaman dan menularkan semangat traveling ke para pembaca yang kebetulan mampir di blog ini. Karena saat itu banyak teman saya yang ragu-ragu untuk memulai backpacking pertama mereka atau bahkan tidak terpikir sama sekali untuk melakukan perjalanan secara backpacking.

Backpacking memang merupakan salah satu jenis traveling yang membutuhkan sedikit spontanitas dan memiliki unsur petualangan.  Dengan membuat blog ini saya juga ingin mendorong mereka untuk berani mencoba aktivitas backpacking. *Oh, ada satu disclaimer: Saya sendiri masih termasuk pemula dalam backpacking dibandingkan teman-teman backpacker saya lainnya, tapi justru karena amatir itulah saya malah ingin berbagi pengalaman, hahaha..

A great journey always starts with a single step, right?

Bagi yang ingin membuat travel blog, di bawah ini adalah tips-tips singkat bagaimana membuat travel blog yang informatif dan *diharapkan* berguna bagi yang baca:

1) Buat tulisan yang informatif dan secukupnya.
Di sini kamu harus mengira-ngira informasi apa saja yang akan dibutuhkan oleh para pembaca. Buatlah tulisan secukupnya, jangan terlalu panjang. Tulisan yang terlalu panjang akan membuat pengunjung malas membaca sampai selesai. Saya sendiri selalu mencoba untuk membatasi maksimal kata dalam tulisan sekitar 800-1000 kata.

2) Buatlah daftar (list).
Seperti judul artikel ini, daftarlah sesuatu yang kamu anggap menarik dan kira-kira berguna untuk para pembaca. Biasanya artikel dengan judul seperti ini akan menarik banyak calon pembaca. Contoh: 5 Travel Blog Favorit Saya, 12 Tips Traveling Ke China, 30 Tips Singkat Jalan-Jalan Murah di Jepang36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan, dan sebagainya.

3) Tulislah minimal 1 posting setiap bulan.
Semakin banyak posting yang kamu tulis, semakin banyak pembaca yang datang mencari informasi. Dulu saya menunggu sampai ada minimal 30 posting blog, baru saya merasa cukup PD untuk mengumbar-umbar link/tautan-nya. PS. Emm, sebenarnya poin yang ini sudah jarang saya lakukan, hehe.. Tapi berhubung banyak artikel lama yang tampaknya masih dicari orang, maka jumlah pengunjung blog ini terlihat lumayan stabil.

4) Ceritakan pengalamanmu, tapi jaga jangan sampai tulisanmu terlalu detail seperti buku harian.
Kenapa? Karena membosankan. Waktu pertama kali menulis (para pembaca awal blog ini pasti tahu), saya ceritakan semua detail perjalanan saya beserta detail jam-jam nya, huahaha.. Eh. Pas dibaca-baca lagi kok kayanya lebay banget. Tapi gapapa, namanya juga masih belajar. :P

5) Masukkan foto atau/dan video.
Cerahkan tulisanmu dengan foto-foto (atau video) cantik dari perjalananmu, agar para pembaca merasa tertarik untuk menyusul ke sana.

6) Sangkutkan blog-mu dengan media sosial lainnya.
Saya menautkan posting blog terbaru ke akun Facebook dan Twitter saya, jadi apabila ada tulisan baru, link-nya akan muncul secara otomatis di kedua akun tersebut. Hal ini berpengaruh terhadap traffic blog.

7) Have fun!
Yep. Jangan lupakan unsur yang satu ini. Bagi saya, blog ini adalah salah satu "mainan" saya yang ternyata secara tidak langsung mengarahkan saya ke berbagai kesempatan lainnya. Pembaca bisa ngeliat kok mana yang blog yang dikelola dengan passion dan mana yang tidak.

MANFAAT LAIN DARI MENULIS TRAVEL BLOG
TBN sendiri baru berusia dua tahun lewat sedikit, namun dari satu buah blog ini saja saya mendapatkan banyak pengalaman baru. Karena blog ini, saya sempat menjadi kolumnis di Kompas Travel, beberapa kali menulis di media cetak karena referensi dari blog ini, kemudian ditawarkan bekerja di sebuah majalah travel terkemuka *walopun nggak lolos juga sih akhirnya, hahaha*, serta mendapatkan tawaran untuk menulis buku pertama saya, belum lagi kesempatan untuk berkenalan dan bertemu dengan banyak teman traveler lainnya. Dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Jadi tunggu apalagi? Ayo mulai buat travel blog kalian sendiri! :)

Yang sudah punya, jangan segan-segan untuk promosiin travel blog kalian di bagian komentar post ini yaa.. Mari berbagi pengalaman!

* * * * *

Sobat saya Tari lagi ngulik netbook. x)
Ngomong-ngomong, saat menulis draft artikel ini saya lupa bawa charger netbook! Padahal gak kerasa udah nongkrong cukup lama di sebuah kafe di Bandung. Ngobrol bersama teman lama, apalagi ditambah sambil mengerjakan deadline, memang tak terasa menghabiskan waktu. Tapi saya tidak khawatir, karena saya pakai… yak benar, ASUS Flare! Hehehe.. Mainan baru yang lagi hobi saya pake ke mana-mana. Heran, akhir-akhir ini kok jadwal traveling saya berbentrokan dengan deadline pekerjaan yaa.. *Alhamdulillah sih masih ada kerjaan, hehehe..

Nah, selain terkenal dengan fitur Instant-On yang dalam mode sleep dapat langsung menyala dalam 2 DETIK, ketahanan baterainya juga oke. ASUS Flare ini sekali di-charge bisa tahan sampai 8-12 jam dengan aktivitas normal. Bisa kerja seharian di luar tanpa khawatir kehabisan baterai, walaupun lupa bawa charger (kayak saya). Terus pilihan warnanya juga banyak, ada 14 warna unik (8 warna EeePC 1025C, 3 warna EeePC 1025CE, dan 3 warna EeePC 1225C). Nah. Silahkan dipilih mana yang paling sesuai kepribadian dan selera, hehehe..  Saya sendiri suka yang simple-simple aja, makanya saya pilih yang warna putih.

Oh, jadi ingat.. Saya ada PR untuk mendaftar travel blog Indonesia yang keren-keren nih. Bagian satu-nya ada di sini: “5 Travel Blog Indonesia Favorit The Backpacker's Notes”. Tulisan ini saya tulis dua tahun yang lalu, saat travel blog masih jarang ada yang kualitasnya oke. Sekarang udah mulai banyak travel blog bagus, jadi mau saya kurasi lagi ah yang bagian kedua. Stay tuned! :)

* * * * *
Bacaan lebih lanjut:
Share the Travel Spirit!

128 komentar:

ayojalanjalanseru mengatakan...

7 tipsnya menginspirasi! Great! Ini travel blog saya : www.ayojalanjalanseru.blogspot.com :) mohon jalan-jalannya. :D makasi..

Gildo Kaldorana mengatakan...

Ya betul, enak kalau travel kemana2.....untuk buka mata saja.
Salam kenal

tablet pc mengatakan...

nice share...kapan-kapan nulis travel blog juga nih....

Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening mengatakan...

suka banget travel,heheh...
asus saya jadi pengen beli,,lagi banyak yang ngomongin nih,,,terima kasih buat tips nya

Mei めい mengatakan...

pengen nulis post traveling tapi sayanya aja jarang traveling T_T

http://japobsganbare.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

salam kenal.
saya pembaca setia blog kamu dari malaysia.
blog kamu bagus & teruskan menulis.
tq for sharing :)

ersyah mengatakan...

tipsnya oke bgt,jadi semangat ngeblog lagi
ini travelblog saya
www.ersyah.blogspot.com

Very Barus mengatakan...

setuju dengan tips2nya....
kalo boleh nambahin dikit sbg orgyg suka nulis dan traveling:
1. Nulis pengalaman saat traveling jgn ditunda2 sampe lama, krn mood-nya suka ilang. kl sempat nulis lah saat dlm perjalanan trip. auranya masih terasa.

2. nulis sesuai jati diri. jgn ngikutin gaya org lain. bakal capek sendiri..
3. pengalaman2 unpredictable jauh lbh menarik ketimbang sok membahas soal negara yg dikunjungi dgn detil. karena sdh cukup banyak tulisan ttg negara yg kita kunjungi. googling aja. tapi kisah unpedictable jelas belom ada dan beda.
4. kalo bs hasil tulisan dan foto kamu dikirim ke majalah traveling atau sejenisnya. lumayan dapat duit atau gift.
dll..dll..dll...

thanks for sharing.... mampir ke blog saya: www.baroezyjourney.blogspot.com

obat herbal tricajus mengatakan...

sipp...
makasi banyak tipsnya :)

Espada leader mengatakan...

thanks atas infonya, sangat berguna dan bermanfaat....

http://retroforce9.blogspot.com

yadi mengatakan...

nice post..........

Maximum mengatakan...

Setuju banget ni... apalagi kalo kita mau ngblog harus tersedia yang namanya camilan.. supaya lancar gitu.. hehe.. :D

Edi Ginting mengatakan...

Informasi yang sangat menarik. saya dulu juga tidak berpikir untuk berbagi kisah traveling saya lewat blog. Namun, belakangan ini mulai saya cicil untuk kembali menulis satu demi satu di blog saya.

Alhamdulillah, dengan rajin menulis ini, akhirnya membawa saya ke kesempatan yang lain. Kesempatan jalan-jalan lain, dan ajakan untuk menulis di sebuah majalah travel baru terbitan Kompas Gramedia.

Salam kenal, sebelumnya. Isi blog ini sangat menarik. Sukses selalu...

dansapar mengatakan...

4) Ceritakan pengalamanmu, tapi jaga jangan sampai tulisanmu terlalu detail seperti buku harian.

hihihi, saya dulu juga suka gitu. thx tips-nya ;)

wisata indonesia mengatakan...

nice tips, salam buat temen nya yah :p

jodhi pradana mengatakan...

thanks ya,
tipsnya sangat membantu
(maklum masih newbie)

Just Victims mengatakan...

misi pak/bu, saya mau numpang promosi ya :)

silahkan kunjungi blog saya untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. info bisnis juga ada lho !!

http://si-penulis-biasa.blogspot.com/

terima kasih :)

swebit.info mengatakan...

Nice Tips Gan, Makasih banyak

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
hilangkan rasa gengsi mu untuk maju lebih baik.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Anonim mengatakan...

rakatravel.blogspot.com

penerjemah bahasa arab mengatakan...

ketik 10 jari???? yg ada masih menggunakan 11 jari sob...he...salam.

kamal mengatakan...

terima kasih tips nya. nyasar ke sini karena sedang belajar menulis blog terutama menulis cerita perjalanan. saya sedang senang travelling dan menuliskan perjalanannya. karena saya banyak mendapatkan inspirasi akan jalan kemana dari tulisan-tulisan di blog.

di bawah ini blog saya. walau bukan blog khusus tentang jalan-jalan tapi saya akan selalu posting cerita jalan2 saya di sini.
http://akamali.blogspot.com

dustysneakers mengatakan...

still hangin there, eh? kudos! and good tips too :) salam dari jalan juga

Indra P. Nugraha mengatakan...

Cocok banget. Blog saya juga mengalami transformasi meskipun temanya tetap traveling. Postingan2 awal saya dulu juga ngebosenin. Cuman berisi A ke B ke C. Nggak ada bobotnya sama sekali. Pelan2, saya mulai masukin sedikit cerita. Tapi kok jadi panjang banget? Trus saya coba jelasin obyek2 yang saya kunjungin. Tapi kok malah jadi kayak wikipedia? Sekarang saya lebih sering nulis case2 menarik yang dilihat,dialami atau dirasakan selama traveling. Jadi nggak terlalu detail bercerita tentang How to get there atau How much. Model yang terakhir ini saya malah ngerasa enjoy nulisnya.

Juli Cang mengatakan...

Tips bagus banget...saya juga baru buat blog travel,mampir ya julitraveltime.blogspot.com

bayik mengatakan...

barusan ngaktifin blog aku, nggak murni travel blog sih, karena masih 'malas' untuk nulis panjang-panjang. jadi cuma majang koleksi foto awal dan lintasan2 pikiran.

biar aku jadi termotivasi nulis lagi, salah satunya ya jalan-jalan mampir ke blog seperti TBN ini. nice one!

artikel motivasi mengatakan...

tipsnya menarik.. kukunya lucu ada tulisannya dan warna warni... thank

Lestari News mengatakan...

terima kasih sudah mau berbagi tipsnya...smoga para traveler lain bisa menyusul

obat alami kanker kelenjar getah bening mengatakan...

tnaks gan infromasinya semoga bermanfaat

EHS mengatakan...

keren .. sangat menginspirasi ..

ehsnouta.blogspot.com

Zuhdi Travelife mengatakan...

Nice tips.. lagi belajar nulis nih. pengen jadi travel writer / travel blogger. hehehehe :D

Saya Turis mengatakan...

Setelah travelling ke beberapa negara & banyak teman tanya ini itu, baru kepikiran buat nulis travelblog....yah, better late than never.

Mudah2an bisa bermanfaat buat teman-teman yang mau jalan-jalan: http://sayaturis.blogspot.com

best backpacking tent mengatakan...

akan saya laksanakan tipsnya gan. saya jadi timbul beberapa ide. terima kasih gan.

chemistryofray mengatakan...

I used to post something descriptively when I write on mu blog, but I prefer to post some short stories and share something. travel blogging? yeah, it's quite difficult to me and it's an awkward situation when you're so familiar in writing but you never post about your journey. Phew.

Thank you so much for this post, it's very useful ;)

Keretaminiku.Com Produsen Kereta Mini Mainan di Indonesia mengatakan...

oke banget artikelnya

Tour Explora mengatakan...

Travel blog itu yang penting simple tapi penuh gambar :)

Raddien mengatakan...

Siaapp ... bisa copas ngak??? ;-))

bleetzi mengatakan...

memang indah berbagi pengalaman... silakan kunjungi blog saya : http://bleetzi.wordpress.com

bigboss mengatakan...

Sgt inspiratif...walaupun jadi TKI,pengin bisa nulis... Matur nuwun,

bigboss mengatakan...

Pengin bisa......

Sandal Bali mengatakan...

pengen nulis juga :)

BlogKiti mengatakan...

tips yang sangat menarik. tapi itu kan buat orang yang suka bepergian. gimana dengan orang yang ga banyak bepergian? paling hanya baca-baca dari yang suka bepergian yah.... :-)

ceritagajahkecil mengatakan...

thanks tipsnya!
aku suka travelling juga dan baru mulai untuk rajin ngepost hehehe..

Wisata Sambil Kerja mengatakan...

Hai mbak Herajeng, tulisannya bagus dan lugas, saya juga ngeblog mengenai wisata yang saya lakukan selama travel untuk menjalankan tugas kantor, ada lebih dari 200-an posting, silakan temen-temen kunjungi : www.wisatasambilkerja.blogspot.com

Belajar Forex mengatakan...

Ikut menyimak artikelnya gan :-)

Salam,

WALL- e mengatakan...

Sibuk nyatet...malesnya nulis panjang lebar lebih suka photo blog, a picture speak thousand words.

travelling mengatakan...

Tipsnya bermanfaat. thx

cara 21 mengatakan...

tips manis....

http://caraduasatu.blogspot.com/

belajar blogging mengatakan...

wew... ketahuan ya lagi promosiin sesuatu... :-) salam

aditya mengatakan...

suka nie tipsnya
nambah smangat nulis
thx
:D

sewa mobil di surabaya mengatakan...

hahah bguz ne tipsx.. thx dah share y.. :D

agus kaosgrosir mengatakan...

Mbak kalau cuma menulis 1 posting apakah alexa rank tidak melorot ?
Bagi tips tentang alexa mbak yang langsing dong.
Salam

hanan mengatakan...

thanks buat infonya....mau belajar ne...

rental mobil mengatakan...

Makasih informasinya, sangat berguna bagi saya sebagai internet marketer.

obat alami kista mengatakan...

ide yang sangat cemerlang,saya sangat setuju bisa nambah wawasan bagi mereka yang membacanya,siapa tahu suatu saat bisa tukar informasi perjalanan.

Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 mengatakan...

Memang seringkali kalau saya mau mulai menulis sepertinya blank dan tidak ada ide yang keluar. Trims untuk ide yang sangat lengkap ini

henry mengatakan...

inspiratif.,thanks gan

-titiss- mengatakan...

gimana kalo ternyata cerita travelingnya panjang bener dan banyak yg pengen diceritain, trus ujung2nya males mba?
hiks..

akhirnya posting foto aja.. *kelakuan*

http://this-is-tis.blogspot.com

Kuz9 mengatakan...

masukan yang bagus buat pemula. nice info

Pondok Print mengatakan...

Asus Flare memang praktis dibawa dah tipis juga...hihihi
ga kalah sama umpc klau untuk dibawa2...

rachmat fazhry mengatakan...

Bagus tipsnya, nambah wawasan lagi jadinya

http://enter07.blogspot.com/

salam

rental mobil makassar mengatakan...

makasih mas...

Gusti ajo Ramli mengatakan...

saya kebetulan baru mampir disini... ntar, triks dan tips nya tak cobain bila udah mulai traveling.. sekarang masih mendekam dalam tempurung.. hihihihih

DebbZ mengatakan...

thanks udah sharing, tips ini berguna banget buat saya yang masih belajar menulis blog :)

Mampir ke blog saya ya, di http://debbzie.com

rental mobil di surabaya mengatakan...

travelling sama blogwalking itu beda yah? hehe

Aku Papua mengatakan...

Saya Suka Travelling dan ngebolang juga....

kebetulan saya bertugas di pedalaman Papua, jadi sekalian tugas sekalian ngebolang juga.... :)

kunjungi blog saya di:

http://fuadthebolanger.blogspot.com

unikgaul.com mengatakan...

artikel nya bagus bagus sobat, senang berkunjung dan baca baca di sini :).

allD - all Design & Web Services mengatakan...

waaahhh nice artikel niiihhhh :)

rachmat fazhry mengatakan...

tipsnya bagus

cek http://enter07.blogspot.com/

makasih

banghendri mengatakan...

nice tips
terima kasih sudah mau berbagi :)

Pabx Panasonic mengatakan...

Informasi menarik :-)

Thanks sudah berbagi.

Salam,

bontanggraphic.blogspot.com mengatakan...

Tips nya cukup simple, dan masih butuh ke"konsistenan" untuk memulai,..
Terim kasih tips nya,....\
Salam kenal dari Ujung Kalimantan Sebelah Timur

Bobby Ertanto mengatakan...

Hi Mba,
Thank you tipsnya. Bermanfaat bgt buat traveler yg mulai rajin ngeblog seperti saya. Mbak ayu sudah menjadi virus bagi saya hehe..
BTW, kapan ngepost-nya lagi atuh hehe :p

rental mobil di surabaya mengatakan...

thanks atas infonya yah gan..

Anonim mengatakan...

hidup blogging :)

getready123.wordpress.com

sewa mobil jakarta mengatakan...

Makasih informasinya. Kalau saya baca travel blog yang penting ada fotonya.

winny mengatakan...

makasih gan. ini blog perjalanan saya gan silakan berkunjung. http://winnyradc.wordpress.com

Etalase China mengatakan...

Thanks sudah berbagi tips.

Andai saja ada website travel yang siap membayar tulisan-tulisan khusus tentang travel (dengan harga tinggi), mungkin saja saya akan bekerja sebagai TRAVELLER & JOURNALIST.

Overall thanks for this great info.

Anonim mengatakan...

Muantabbb bgt. .

Salam ransel. .

adaaparick.blogspot.com

cara mengobati penyakit kolesterol mengatakan...

ikut nyimak artikel nya mbak salam kenal!!!!!!!!!!!

Iklan Baris Tanpa Daftar mengatakan...

Ikut menyimak artikelnya gan :-)

Mampir2 ke web saya..

Salam,

tour and travel mengatakan...

nice banget tipsnya. :D

baju muslimah bandung mengatakan...

Thank infonya,..jadi nambah ilmu.

unikgaul.com mengatakan...

artikelnya bagus bagus sob,, senang baca baca di sini. :)

turis kece mengatakan...

Wow just what we need! Lagi mulai mau bikin travel blog nih. Thk u 4 the tips! Ijin ngelink ya..

regent Vacation mengatakan...

Nice sharing. Artikel yang sangat informatif. Jadi pengen bikin travel blog suatu saat nanti.. Thanks for sharing..

obat penyakit kanker kelenjar getah bening herbal mengatakan...

tipsnya menarik & wajib dipraktekan segera nih :)

affanul hakim mengatakan...

mantab,. salam kenal, keren blognya, lanjout.. ^^

oladoo mengatakan...

Menarik informasinya, tepat terlalu banyak mengetik artikel bikin kriting jari-jari, belum tentujuga sipembaca mencerna artike yang kita buat

pipit4jj4 mengatakan...

Artikelnya baguuuusss,,,,,
Semangat trus yach buat artikel selanjutnya

obat tradisional asam urat mengatakan...

wah hebat,,,, ane coba ni tipsnya. mudah mudahan lancar. makasih informasinya

Lukman Nulhakiem mengatakan...

Yang paling harus ditonjolkan dari setiap cerita di blog adalah foto. Karena dengan foto orang akan merasakan betul suasana selama penulis ada di perjalanan serta akan lebih kena. Karena sepertinya pembaca ikut larut dalam petualangan sang penulis.

Half a Traveller Half a College Student mengatakan...

Pas banget ini gue juga baru mulai ngeblog :D Postingan juga masih dikit ~ Tapi karna niatnya berbagi.. Jadi ya lanjutt ~ :D

feb zakri mengatakan...

Salam kenal, artikelmya bagus banget

Bay[u]bay mengatakan...

artikelnya mengingatkan saya lagi ni...jadi ingat rambu-rambunya plus jadi semangat nulis lagi. thanks Mba, yang penting hepi laah hehe..

mampi-mampiiirr... ke bybackpack.blogspot.com ya

travel hotel mengatakan...

tapi kadang sulit update blog travel dengan info baru, karena kita perlu biaya banyak untuk traveling ke obyek wisata

manfaat mengatakan...

em jadi tambah nih ilmu saya terima kasih ya atas infonya yang menarik ini

Obat Gondok Alami mengatakan...

info is very interesting and useful

thank you

Wahyu Tirta mengatakan...

wow mantaff artikelnya,, terima kasih mbak ajeng atas infonya,, saya juga lagi merintis jadi blog traveller nih,, kunjungi balik ya? thanks :)

pulsa mengatakan...

pas bgt nih, buat nambah2 ilmu, makasih tipsnya :)

Koto mengatakan...

Thanks buat postingannya...
bisa jd pedoman tuk nulis di blog neh...
oh ya... salam kenal ya....

plazaunik mengatakan...

Hi.. Blognya Bagus :)

salam Kenal...
ini ada penawaran program afiliasi..mana tau tertarik..
dapat 5% dari total pembelian dari orang yg di Referal ^^
Tinggal pasang Banner di Blog Anda saja...

kunjungi :

http://www.plazaunik.com

Thank You & G'Luck

Mugi Panji Wardhana mengatakan...

mampir dong mba' dan teman-teman yang lain ke http://mugipanji.blogspot.com/2013/01/gn-selamet-via-guci.html mohon masukan saran dan kritiknya ya, ini tulisan pertama saya

Adzani Yudhanto mengatakan...

Setujaaa...eh, setujuu... mampir ya gaaan http://doank11.blogspot.com/

salam kenall... :)

Rifel mengatakan...

Thanks buat masukannya.

Here is My Blog :
http://rifeltravellingstory.blogspot.com/

wawasafadhitya mengatakan...

enaknya jalan2 sambil ngeblog apalagi jaman skr banyak gadget yang sangat menunjang ^^

affanul mengatakan...

Wow 7 tips menulis kena bgt mba :) yup ngomong2 sy juga sk traveling, thnxInfonx y.. :)
Kl Ke Menado jgn lp mampir ke taman laut bunaken, di sana taman lautnx indah bgt..

backpacker alone mengatakan...

sering melakukan yang nomor 4 dan sedang mencoba untuk yang nomor 1.

yadi mengatakan...

kunjungan siang mba matep dah tips nya makasih mba.,.,.,

jasa pembuatan web mengatakan...

Blognya jadi inspirasi buat saya. Makasih karena sudah berbagi ilmu.

Alid Abdul mengatakan...

Hore saya suka jalan-jalan dan saya punya blog :)

Yovie Ardhi mengatakan...

wah asyiknya nulis blog..kita bisa berbagi cerita sputar pengalaman kita kepada orang lain..dan tanpa kita sadari sudah dapat menginspirasi orang yang tidak paham menjadi tahu..dan kebanyakan jadi pengen pergi jalan jalan deh...
coba kalo ada waktu baca blog saya..
http://yovieardhi.blogspot.com/
terima kasih...

julinosentosaselamanya mengatakan...

Menginspirasi sekali Mbak. Mampir juga ya di travelogue saya julinosentosaselamanya.wordpress.com

alvin mengatakan...

kaga repot gan nulis blognya??

sonny mengatakan...

agan udah mahir klihatannya

Zainul Ariffin mengatakan...

makasih kak atas masukannya
mampir ya kak di blog gue, jangan lupa komen !

here is my blog :

http://backpacker-ngelantur.blogspot.com/

room bucket mengatakan...

salam kenal para blogger... :)

Villa Seminyak mengatakan...

Kapan Seminyak - Bali di review di blog ini ? :)

armstrong mengatakan...

terima kasih atas info nya

Penawaran BAGUS mengatakan...

Tipsnya memang sangat pas.
Tapi sayang, "penaku tak setajam lidahku."

Malas nulis tingkat tinggi :-(

jasa pembuatan website mengatakan...

Thank you. Artikelnya begitu menarik dan bermanfaat. Bisa menjadi Inspirasi baru.

bibit arwana mengatakan...

nice tips.. keep update

Atri Septiani mengatakan...

Dear all..
Mampir2 ya.. ke blog aku di http://atri-septiani.blogspot.com/
Most of them are about my solo traveling stories to Aussie, New Zealand, some countries in South East Asia + Europe, and (coming soon) Japan :)

Salam blogger sejati (^_~)

aryamahendrablog mengatakan...

salam kenal mbak, makasih infonya, mau nanya dong kalau bikin travel blog itu harus lucu lucu gitu ya? kalo ga ada pengalaman konyol gimana ya hehe

iMujiono mengatakan...

Inspiring banget Mba postinya apalagi untuk saya yang masih newbie dalam travel writer....hehehhe

salam kenal

Mau cara praktis berbelanja produk-produk kado unik & fashion bag import ? mengatakan...

makasih artikel nya sangat bermanfaat dan salam sukses...

Obat penyakit jantung mengatakan...

Keren artikelnya, semoga menjadi bloger yang hebat..

Salam bloger tasikmalaya

Info Traveling mengatakan...

thanks ya mbak tipsnya. sangat membantu sekali bagi kami yan newbie. hihihihi

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan