• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Senin, 25 Januari 2010

Home » » Packing Light!

Packing Light!

Gambar dipinjam dari sxc.hu

Desember 2009 lalu adalah perjalanan backpacking pertama saya ke luar negeri, ke 4 negara SE Asia bersama 2 orang teman selama 10 hari, dengan hanya berbekal backpack alias ransel di punggung. (Iyalah, namanya juga backpacking, hehehe...)

Pas ransel saya ditimbang, awalnya sih cuma 7 kilogram, ealahhh pas pulang-pulang sudah berevolusi jadi 13 kilogram! Ck. Nambah 6 kilo! (Berkat belanja oleh-oleh nih, hehehe...) Untung aja batasan bagasinya 15 kilo, jadi ga kena overcharged. Berarti laen kali musti lebih jago lagi deh, kalo bisa ya cuma 5 kilo aja yang dibawa dari rumah. Hoho...

Lagi-lagi banyak teman yang bertanya kepada saya, apa saja sih yang penting dibawa selama jalan-jalan ala backpacker?

Saya sendiri sih karena memang masih amatiran, kemaren-kemaren juga sempet googling cari info. Namanya juga backpacking pertama kali, pengen semuanya lancar dan terkendali dong yaa... :)

Pertama soal aturan bawa cairan ke kabin & bagasi.
Saya sendiri masih ketuker-tuker, beda kabin sama bagasi. Hwahahaha! Kabin itu maksudnya, dibawa masuk ke pesawat. Sedangkan bagasi sebaliknya, pokoknya ngga dibawa masuk ke dalam pesawat deh. Ransel kami sih kami masukkan ke bagasi (dengan batasan 15 kilo tadi), jadi sebenarnya kami belum expert-expert amat dalam soal packing light.

Buat para backpacker yang udah expert, mereka bener-bener cuma bawa satu ransel dan dibawa ke kabin, jadi ngga perlu ngabisin waktu untuk check-in bagasi.

Bawa cairan ke kabin masih diperbolehkan selama kapasitas botol yang dibawa tidak lebih dari 60 ml. Dan cuma boleh dibawa sebanyak 5 botol (tapi lebih baik coba cari info lagi soal aturan ini). Botol air minum sudah pasti akan disita atau disuruh dihabiskan di tempat saat itu juga. Sedangkan untuk aturan cairan dibawa ke dalam bagasi, tampaknya masih diperbolehkan.
-- Setidaknya masih diperbolehkan di 4 negara yang kami datangi itu (Singapore, Malaysia, Vietnam, & Thailand).

Laluuu...

Mari kita mulai packing:
(1) Paspor, kartu NPWP, tiket pesawat, uang (+fotokopi2 dokumen tersebut) - Karena kami bepergian ke 4 negara, maka demi alasan kepraktisan, kami hanya membawa USD untuk ditukarkan sesampainya di negara yang dituju. Jangan lupa untuk fotokopi dokumen-dokumen yang dibawa, jaga-jaga kalo ada kehilangan atau semacamnya (amit-amit).
(2) Tas kecil/daypack - Ini penting untuk dibawa jalan-jalan, ngga mungkin kan kita bawa-bawa ransel kita kemana-mana.
(3) Toiletries - Sabun, shampoo, sunblock, deterjen (cuci baju sendiri buat menghemat), dsb.
(4) Baju - Saya sendiri membawa sekitar 5 kaos, 2 blus, 2 jaket, 2 celana pendek, 1 rok panjang, 1 topi, 1 scarf, 1 jeans, 2 handuk ringan, 2 pasang kaos kaki, sepasang sandal, dan sepasang sepatu. Pas berangkat, saya mengenakan kaos+jaket+jeans+sepatu, jadi barang bawaan di ransel juga berkurang. Tapi tentu saja lebih sedikit bawa barang ya lebih baik, tergantung kebutuhan dan taraf kemodisan, hehehe... FYI, waktu itu kami sempat bertemu dengan seorang backpacker yang cuma bawa 2 kaos & 2 celana untuk jalan-jalan selama 2 bulan! Hooo, EXPERT! :D
(5) Botol minum! - Ini sangat PENTING, dengan adanya ini, kita bakal amat sangat menghemat! Hehehe...
(6) Cadangan makanan - Abon sapi, energen, dsb. Lagi-lagi, karena alasan budget, hehehe...
(7) Peta & guidebook - Guidebook ngga perlu beli, googling aja info-info yang kira-kira perlu trus di-print! GRATIS. Soal peta, biasanya banyak disediakan gratis di bandara international, jadi tenang saja.
(8) Charger & international travel plug adapter - Jangan lupa perangkat yang satu ini, pentingggg. International travel plug adapter diperlukan apabila di negara yang kita datangi, colokannya beda. Jadi mending kita beli satu aja jenis yang ini, karena plug adapter ini bisa kita ubah-ubah bentuknya sesuai dengan colokan yang dibutuhkan.
(9) Kamera digital point-and-shoot- Praktis dan relatif aman dari incaran mata-mata yang nakal *halah*
(10) Notebook kecil & bolpen - Berguna untuk tukeran facebook & ngisi kartu imigrasi, hehehe...

Oia, kalau-kalau ada yang penasaran: backpack saya dan teman-teman saya berkapasitas sekitar 45-55 liter.

Okeh, sepertinya itu dulu. Semoga membantu! :)

Untuk info yang lebih lengkap, mungkin bisa lihat di sini:
http://www.onebag.com
http://www.startbackpacking.com/travel/backpacking-packing-list
http://www.women-on-the-road.com/travel-packing-list.html
http://offtrackplanet.com/backpacking-101/backpackers-guide-101-backpacks-packing
http://www.independenttraveler.com/packing

*gambar travel plug adapter dipinjam dari ebay.co.uk
Share the Travel Spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan