• "BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula" | REVIEW BUKU

    Jalan-jalan tidak selalu identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak.

    BACKPACKING 101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
  • "Rekomendasi Penginapan di Kuala Lumpur" | REVIEW AKOMODASI

    Kuala Lumpur boleh dibilang spot travel terdekat dari Jakarta setelah Singapore. Kalau Anda berpikir bahwa mencari penginapan di KL lebih mahal dibanding Jakarta, ternyata tidak juga, karena ternyata kita bisa mendapatkan penginapan dalam kitaran Rp 100 ribuan semalam per orang. Simak rekomendasi penginapan di Kuala Lumpur di artikel ini.

    REVIEW AKOMODASI: Kuala Lumpur, Malaysia
  • "36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan" | TIPS BACKPACKING

    Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di artikel ini terdapat 36 tips praktis untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda, dari memantau harga tiket promo hingga menginap di bandara. PS: Backpacker memang tidak boleh banyak mengeluh! :)

    36 Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan
  • "10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat" | REFERENSI

    Seringkali traveler yang berdomisili di sekitaran Jakarta & Jawa Barat kebingungan untuk menentukan destinasi wisata yang relatif dekat & tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan, apalagi untuk pekerja sibuk 9-5 yang hanya memiliki waktu kosong di akhir pekan saja. 10 pilihan destinasi wisata unik di artikel ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan destinasi Anda berikutnya.

    10 Destinasi Wisata Favorit Sekitaran Jakarta & Jawa Barat
  • "Free Download: 15 Travel eBook GRATIS" | REFERENSI & LITERATUR

    Sebagai seorang pecinta buku, saya senang sekali apabila menemukan eBook gratis yang berkualitas di internet, terutama apabila menyangkut traveling. Untuk itu saya ingin berbagi limabelas sumber Travel eBook yang berkualitas, informatif, dan tentunya GRATIS. Semoga bermanfaat! :)

    Free Download: 15 Travel eBook GRATIS
  • "I'm Indonesian" Project - Announced! | TRAVEL PROJECT

    Tag your favourite destinations to show Indonesian was there! Any tag with "I'm Indonesian" text are welcome. You can create your own tag using cardboard, teared paper, etc. Be creative and have fun! You can send it to us and share the joy with all Indonesian travelers. Don't forget to mention the location. We will publish the chosen photos in our website with your name as credit. Feel free to contribute! :)

    I'm Indonesian Project - Announced!
  • "7 Website Pengganti Guidebook" | REFERENSI & LITERATUR

    Anda pernah menyadari tidak? Terkadang info yang terdapat di buku panduan wisata/guidebook kurang up-to-date, maka sebagai pembanding kita memerlukan informasi yang lebih aktual mengenai tempat yang kita tuju. Website-website di artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan info lebih mendalam mengenai tempat wisata yang Anda tuju (secara GRATIS!).

    7 Website Pengganti Guidebook
  • "Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI" | REFERENSI & LITERATUR

    Salah satu hal yang saya dan teman-teman perhatikan saat merencanakan backpacking ke luar negeri adalah: Mencaritahu mana saja negara-negara BEBAS VISA bagi pemegang paspor Indonesia. Tujuannya? Supaya tidak ada biaya pengurusan visa, tentunya. Temukan daftar negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia dalam artikel ini.

    Daftar Negara Bebas Visa Bagi WNI
  • "10 Majalah Travel Online Terbaik" | REFERENSI & LITERATUR

    Di Barat sudah banyak sekali majalah online khusus traveler yang informatif, berkualitas, dan well-designed. GRATIS pula! Simak sepuluh di antaranya pada artikel ini.

    10 Majalah Travel Online Terbaik
  • "Enak Ngga Enaknya Traveling" | TIPS BACKPACKING

    Dalam traveling seringkali tidak semua hal berlangsung lancar dan menyenangkan, namun justru inilah serunya traveling. Apakah Anda mampu mengubah perjalanan Anda menjadi tantangan? FYI, artikel ini telah menjadi salah satu artikel awal website The Backpacker's Notes.

    Enak Ngga Enaknya Traveling

Minggu, 07 April 2013

Home » , , , , , » #Backpacking101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula

#Backpacking101: Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula


Hello travelers!

Setelah beberapa bulan vakum menulis blog *oke, tepatnya: satu tahun*, jalan-jalan ke beberapa tempat dan *agak* melupakan pentingnya berbagi pengalaman traveling, saya ingin berbagi sedikit mengenai resolusi awal tahun saya. Apa? Oh sekarang sudah bulan ke-empat ya? Ah tidak apa-apa, kan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Ya kan? Ya dong.

Resolusi The Backpacker's Notes tahun 2013:
Menulis 1 artikel blog setiap bulan.

Yeay! Berarti saya masih ngutang 4 artikel untuk tahun ini.

Mohon dukungannya ya teman-teman, kalau saya sudah terlihat mulai malas menulis dan tidak menepati target, tolong diingatkan via twitter. Terimakasih sebelumnya.

Nah, sekarang saya mau apdet kabar terbaru dari The Backpacker's Notes.

Wuhuu, buku pertama The Backpacker's Notes telah terbit!
Beberapa bulan yang lalu, tepatnya tanggal 7 November 2012, Alhamdulillah buku pertama saya telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Judulnya "Backpacking 101: Kiat Praktis untuk Backpacker Pemula", yang beberapa isinya juga terinspirasi dari isi blog perjalanan The Backpacker's Notes ini.


Penjelasan singkat isi buku di sampul belakang:
"BACKPACKING 101 ditulis berdasarkan ide bahwa jalan-jalan itu tidak identik dengan biaya mahal. Jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya minimal namun dapat tetap dinikmati secara maksimal, salah satunya adalah dengan “backpacking”. Buku yang berawal dari blog ini secara khusus membahas bagaimana cara memulai untuk menjadi backpacker, apa yang mendasari seseorang untuk menjadi backpacker, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan backpacking.
BACKPACKING 101 adalah tulisan seorang backpacker pemula untuk sesama backpacker pemula. Apabila kamu masih ragu-ragu untuk melakukan perjalanan secara backpacking, mungkin buku ini tepat untukmu. Karena backpacking itu mudah, asyik, dan manfaatnya banyak."
Saya menulis buku ini untuk mendorong teman-teman yang ingin mencoba serunya backpacking, tapi belum berani memulai. Sebenarnya inti dari istilah backpacking atau independent traveling itu ya merencanakan perjalanan sendiri tanpa bantuan agen wisata.

Catatan: Bagi yang sudah punya bukunya, silahkan langsung ke SINI (atau langsung scroll ke paragraf akhir artikel ini). Ada souvenir seru yang bisa kamu dapatkan! -- Bagi yang belum punya bukunya, silahkan lanjutkan membaca. :D

Serunya dan Manfaat Backpacking
Kenapa backpacking atau independent traveling itu seru? Karena kamu terlibat semua proses perjalanan dari awal hingga akhir. Kamulah yang bertanggung jawab atas seru atau tidaknya perjalananmu sendiri. Jadi saat perjalanan berakhir, kamu akan merasa puas karena berhasil melewati semua proses tersebut. Meskipun misalnya perjalanan kamu tidak berlangsung selancar yang kamu rencanakan, tapi pasti ada rasa bangga yang muncul terhadap diri sendiri sepulang dari perjalanan.

Independent traveling secara tidak langsung melatih kepekaan, keahlian kepemimpinan, manajemen, keluwesan individu, dan banyak lagi manfaatnya. Saya sendiri dulu orangnya penakut, cengeng, dan agak introvert alias pemalu. Namun setelah beberapa lama melakukan perjalanan, sepertinya karakter saya agak berubah menjadi lebih spontan dan whatever will be will be. Feel the fear and do it anyway. Hahaha!

Catatan Praktis untuk Backpacker Pemula
Buku Backpacking 101 memuat banyak bahasan mengenai independent traveling yang selama ini saya pelajari sebagai backpacker pemula, baik dari pengalaman sendiri maupun pengalaman teman-teman traveler lainnya. Mulai dari istilah-istilah populer dalam dunia traveling, tips-tips merencanakan perjalanantips-tips menghemat biaya perjalanan, bagaimana mengatasi kendala selama traveling, hingga bagaimana menentukan destinasi wisata, dan sekilas cerita mengenai pengalaman backpacking pertama saya ke beberapa negara Asia Tenggara, semua saya rangkum di dalam satu buku kecil 200 halaman ini.

Backpacking 101 memang masih jauh dari kata sempurna, walaupun penulisannya berlangsung selama lebih dari satu tahun. Saya baru tahu, ternyata menulis buku itu mirip kayak nulis skripsi cuy! Suka mentok bingung mau tulis apalagi, apalagi bagi penulis awal pasti pengen bukunya jadi buku super sempurna. Jadi nggak kelar-kelar deh. Tapi untung selesai juga ya, berkat editor yang super sabar meladeni keinginan saya. Terimakasih untuk Mas Whindy, Mbak Wiwin, Wika, Bang Doel, dan Vira, para kru Elex Media yang telah membantu proses penulisan Backpacking 101 hingga launching buku. Oh! Tentunya terimakasih juga untuk Nita Darsono, orang yang bertanggungjawab atas kerennya semua ilustrasi di buku ini. :)

Harapan sederhana saya sih semoga dengan adanya buku ini, ada setidaknya satu pembaca yang tertular semangat untuk melakukan perjalanan backpacking pertamanya. Kamu, atau temanmu, mungkin?

Ulasan Buku Backpacking 101
Ingin tahu lebih lanjut tentang buku Backpacking 101 dari teman-teman yang sudah membaca sendiri? Berikut beberapa ulasan dari teman-teman traveler dan tweeps tentang Backpacking 101:

Baca ulasan lengkapnya di SINI.

RT @Indiscoveria:
@BackpackerNotes sdh baca bukunya! seru & aplikatif, detail smpe ngmgin ijin sm orang rumah #Backpacking101

RT @rahma_sofia:
Abis beli buku #Backpacking101 ka @BackpackerNotes --panduan u/ backpacking pemula yg enak dibaca ! :)

RT @ini_dani:
aku suka #Backpacking101 nya, menerangkan tanpa menggurui .. *enelaninibukantwittberbayar :)))

RT @okhass:
br buka bukunya lgsung disuguhi"istilah2". Informatif cocok u/ newbie backpacker

RT @warnapastel:
Wow #Backpacking101 is really well written. Keren pisanlah si @BackpackerNotes ini! :)

RT @nadyakembang:
Selesai baca buku nya k'herajeng @BackpackerNotes. Inspiring !! #Backpacking101

RT @iamventa:
Bukunya bagus lho, mbuat saya trtarik mjd backpacker :)

RT @purwoshop:
Buat #travelersejati wajib beli Backpacking 101nya @BackpackerNotes filosofis & praktisnya ok punya

RT @DewiAchfa:
@BackpackerNotes sy sudah membc buku backpaker untk pemula isinya bgus dan sy suka meskipn masih ada beberapa penulisan yg sama dan berulang

RT @riariuh:
bukunya seru banget kak, sgt brmnfaat utk backpackeran low budget sprti saya, hehe #Backpacking101

-----

Terimakasih juga untuk @UTHYYO @lukkiluki @bady_qb @tamagraph @TravelingID @Rifki_Bawazier @FahmiFauziA @falahuddinriza @Ervina70 @madalkatiri @PergiDulu @dita_forza @kusumorini @vindhyasabnani @viraindohoy @kenarrox @dwiputrirats @nidnod @Lrk11 @matalixia @indatuing @chytari @ratn_a @beby_be @NovietaTourisia @munindohoy @yunaidijoepoet @wana23 @ferzyaya @travelistmagz @handyputranto @ekakancil @ria_handi @gracefra @_elryantisyah @jelitaraisa @beemeta @sukmadede @lucianancy @elsara @WardahAmeliyah @DailyIdha @FitriaNahla @bytila @pengenbuku @seagatesoft @ineznatasha @savitriwinda @fer_dinant @riesiteng @mayranee @lafatah @kakaktiri @ayunoviern @dibja @LiburanLokal @Backpackin_magz @VLDoo @r_djangkaru @mayasasha @Asri_Purnomo @Lostpacker @KiluanDolphin @AnggerN @yuli_us @mep0117 @susandjoko @hiyrasoygeboy @pottapotta @barrykusuma @_GreenTraveler @Hifatlobrain @adisn84 @AriesyarezaDhea @MiaOktaz @rafifzulfikar @sasijiprabu @geriechan @wego @WegoID atas support-nya melalui tweet dan mention untuk Backpacking 101. *semoga gak ada yang kelewat* *diniatin nge-scroll TL buat nge-list nama-nama ini* :))

Terimakasih teman-teman yang sudah meluangkan waktu untuk menulis resensi Backpacking 101! Baik di blog masing-masing, di Twitter, ataupun berkomentar ke saya langsung. Dan juga untuk support-nya selain melalui Twitter juga melalui Facebook dan lain-lain. Kalian baik hati sekali. :")

Beli di Mana? Berapa Harganya?
1) Toko Buku Gramedia seluruh Indonesia dan turunannya
Buku "Backpacking 101: Kiat Praktis untuk Backpacker Pemula" dapat ditemukan di seluruh Toko Buku Gramedia se-Indonesia dan turunannya, seharga Rp 34,800,-

2) Gramedia.com
Dapatkan diskon 10% apabila kamu memesan via online di Gramedia.com,  harga buku hanya Rp 31,320,- Cek di sini:
http://www.gramedia.com/book/detail/9786020034713/backpacking-101-kiat-praktis-untuk-backpacker-pemula

3) Kutukutubuku.com
Beli online di KutuKutuBuku malah lebih diskon lagi, jadi Rp 29,580,-
Coba cek: http://kutukutubuku.com/2008/open/34240/kkb


Sudah punya bukunya?
Segera tulis resensi buku "Backpacking 101: Kiat Praktis untuk Backpacker Pemula" versi kamu. Post di blog kamu, dan kirimkan link-nya ke:
- Email: backpacker.notes(at)gmail.com dengan subject: "Backpacking 101 Review!", ATAU
- Mention saya di twitter @BackpackerNotes dengan hashtag #Backpacking101,
contoh: "Baru nulis ulasan buku #Backpacking101 dari @BackpackerNotes, yuk baca di [link ke posting blog]"

Tunggu posting minggu depan untuk mendapatkan informasi detail travel souvenir* keren dari The Backpacker's Notes untuk 4 orang pemenang yang tulisannya paling okeh. Wuhuu! :D

*Hint: Travel souvenir disponsori oleh Inlander Inc

-----

Share the Travel Spirit!

2 komentar:

bunavita mengatakan...

aaah, jadi pengen traveling *lho*
haha

Nyaridiskon mengatakan...

Masi ada ga ya bukunya?
Jadi pengen nyoba se-asyik apa sih menjadi backpacker?
soalnya dalam pikiran saya,masi aza jadis eorang abckpacker itu repot karna jalan2 selalu bawa tas yg berat, trus soal tinggal juga ga jelas karna kita mencari hotel hanya ketika sudah malam, jadi tergantung kita berhenti dimana. trus katanya itu kan 1 kamar tidur rame2, ga ada privacy donk?

Jujur selama ini sih terlalu takud mencoba walopun banyak yang bilang asyik..

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2010 - now The Backpacker's Notes. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | developed by jenqidoodle studio | WP by Masterplan